Ketahui Kegunaan Fitur Safe Mode Untuk Atasi Smartphone Lemot

0
114

Apakah Sahabat JD.ID menyadadari kalau semakin lama, semakin banyak aplikasi yang kamu install di smartphone, menjadikan gawai kamu ini menjadi semakin lemot? Kalau sudah banyak aplikasi yang terpasang, biasanya smartphone menjadi sering lemot, apalagi jika smartphone yang digunakan memiliki spesifikasi minim.

Hal ini memang wajar karena kapasitas smartphone yang penuh tapi kinerjanya dituntut lebih sehingga tidak jarang sistem menjadi error.

Untuk mengatasi smartphone yang lemot biasanya kita dianjurkan salah satu cari ini yaitu masuk ke Factory Reset. Namun, kalau kamu masuk ke Factory Reset semua data yang tersimpan bisa hilang karena perangkat dikembalikan seperti semula ketika kamu baru membelinya.

Tapi tenang aja, kamu bisa mengatasi smartphone yang lemot dengan cara lain yaitu masuk ke Safe Mode!

Apa Itu Safe Mode

Cara Mematikan Safe Mode Android Semua Merk - OKEGUYS

Safe Mode adalah sebuah fitur ketika perangkat hanya menjalankan sistem yang penting saja sedangkan sistem pihak ketiga dinonaktifkan. Safe Mode akan membantu kamu untuk menemukan masalah pada smartphone, seperti apakah ada aplikasi ketiga yang memunculkan iklan sehingga smartphone menjadi lemot atau apakah ada aplikasi yang menggunakan data seluler dengan boros.

 

Cara Menggunakan Safe Mode

Sebelum kamu mencoba langkah yang direkomendasikan ini, pastikan smartphone kamu telah diperbarui softwarenya ke versi paling baru. Untuk memperbaruinya, kamu dapat mengikut langkah-langkah ini,

1. Buka Settings, pilih Software update.

2. Ketuk Download dan Install.

3. Lalu, ikuti petunjuk yang tertera di layar.

 

Berikut cara masuk ke Safe Mode!

How to Boot Galaxy S7 in Safe Mode - How to Enable Safe Mode on Android S7 - YouTube

1. Matikan smartphone. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan tombol Power dan ketuk Power off.

2. Saat logo smartphone ditampilkan, tekan dan tahan tombol Volume Down hingga layar kunci ditampilkan.

3. Setelah layar kunci ditampilkan, Safe Mode akan ditampilkan di sudut kiri bawah layar.

 

Cara Keluar dari Safe Mode

Kalau kamu sudah menemukan masalahnya, kamu bisa keluar dari Safe Mode dengan cara restart. Ada 3 cara restart yang bisa kamu ikuti,

1. Tahan Volume Down dan Power selama kurang lebih 5 detik untuk restart perangkat.

2. Tahan tombol Power di sisi kanan, lalu klik Restart

3. Geser layar dari atas ke bawah untuk mengakses Notification Panel. Kemudian, pilih notifikasi Safe Mode aktif dan ketuk Turn Off pada prompt untuk memulai ulang perangkat.

Meluncurkan Safe Mode di smartphone kamu berarti hanya aplikasi inti saja yang berjalan, misalnya panggilan telepon atau pesan.

Jika selama Safe Mode smartphone kamu berfungsi sebagaimana mestinya atau lancar, berarti kesalahan mungkin terdapat pada aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa meng-uninstall aplikasi pihak ketiga yang bermasalah tersebut agar smartphone kamu tidak lemot lagi.

Temukan beragam gadget dan juga smartphone terbaru di JD.ID, dengan beragam merek yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari dan juga manfaatkan beragam promosi menarik dari JD.ID #DijaminOri.