Ketahui Perbedaan Apple Watch Seri 5 Dengan Generasi Sebelumnya

0
7357

Bersamaan dengan peluncuran iPhone 11, Apple juga mengambil kesempatan untuk menghadirkan Apple Watch Series 5 sebagai wearable device terbaru mereka untuk menggantikan Watch Series 4. Fitur terbaru yang disorot pada saat Apple Watch Series 5 diperkenalkan adalah layarnya yang memiliki mode “always on.” Pada dua seri sebelumnya, pengguna harus mengangkan atau menggerakan tangan mereka ke arah mata agar tampilan layar menyala secara otomatis. Lalu apa lagi perbedaan di antara ketiga seri smartwatch besutan Apple ini? Mari kita simak bersama-sama penjelasannya berikut ini.

 

Perbandingan Antara Apple Watch Series 5, Watch Series 4, dan Watch Series 3

 

1. Model dan Material Baru

Saat pertama kali diperkenalkan, Apple Watch menggunakan tiga material berbeda seperti alumunium, stainless steel, dan material khusus seperti emas yang hadir dalam dua pilihan ukuran (38mm dan 42mm). Pada Series 3 mereka bereksperimen dengan mengeluarkan model berbahan keramik, tapi penggunaan material ini dihentikan pada Series 4. Model keramik ini kembali digunakan pada Series 5 bersamaan dengan pilihan material titanium.

Untuk dimensi ukuran, Series 5 ini identik dengan Series 4 karena itu pula Apple memutuskan untuk memberhentikan model Series 4. Series 3 sendiri hanya memiliki dua variasi ukuran, 38mm dan 42mm, sedangkan Series 5 memiliki lebih banyak varian dengan hadirnya ukuran 40mm dan 44mm. Variasi case dan strap juga hadir pada Series 5. Sebelumnya, Series 3 memiliki varian case Space Grey alumunium Nike+ dengan strap Anthracite dan Black Nike Sport Band. Pada Series 5, selain model standarnya, Apple juga menghadirkan tiga pilihan warna alumunium dan sembilan Sport Band. Ada juga pilihan case berbahan stainless steel (tiga pilihan warna) dan pilihan strap mulai dari Sport Loop, Milanese Loop, dan Leather Loop.

Series 5 juga masih berkolaborasi dengan Nike+ dengan case alumunium. Selain dengan Nike+, Watch Series juga berkolaborasi dengan Hermes pada model stainless steel dalam dua varian warna.

2. Disain dan Layar Baru

Apple Watch Series 3 memiliki ketebalan sekitar 11.4mm dengan bodi berbentuk kotak solid. Tombol fisiknya berupa Digital Crown dan tombol lainnya di sisi kanan serta speaker dan mikrofon di sisi kiri. Perbedaan antara model GPS dan Cellular terdapat pada aksen merah di Digital Crown-nya. Monitor detak jantung terdapat pada bagian bawah bodi bersamaan dengan tombol untuk melepas strap. Layarnya menggunakan OLED Retina generasi kedua yang lebih cerah dibandingkan Series 1. Sementara itu, Watch Series 4 dan 5 memiliki konfigurasi yang mirip.

Layarnya menggunakan LTPO OLED dengan sudut bodi yang lebih rounded. Rasio layar yang lebih besar membuat Series 4 dan 5 terlihat berbeda dengan Series 3 meskipun secara desain kurang lebih sama. Digital Crown pada Series 4 dan 5 memiliki sensor elektrik detak jantung di dalamnya yang merupakan tambahan dari sensor optikal detak jantung pada bagian bawah bodi. Tambahan lainnya pada Watch Series 5 yang tak dimiliki oleh Series 3 dan 4 adalah fitur Always-On Retina. Pengguna tidak perlu mengangkat lengan untuk menyalakan layarnya karena layarnya tetap bisa dilihat. Sensor gerak hanya akan berpengaruh terhadap tingkat kecerahan layarnya saja.

3. Spesifikasi Lebih Modern

Ketiga seri ini menggunakan chip prosesor yang berbeda. Series 3 menggunakan prosesor dual core yang disebut dengan W2, sedangkan pada Series 4 dan 5 menggunakan prosesor W3. Apple menyebutkan prosesor W3 ini lebih cepat dua kali dibandingkan dengan W2. Selain itu, ketiga seri ini rata-rata menggunakan perangkat keras yang sama, mulai dari barometric altimeter, GPS terintegerasi, dan sensor optik detak jantung. Namun, Series 4 dan 5 hadir dengan pembaruan yang lebih terdepan. Fitur ECG (electrocardiogram) memungkinkan penggunanya untuk melakukan tes medis ECG berupa perekaman detak dan ritme jantung dengan menggunakan sensor elektrik detak jantung. Lalu apa bedanya Series 4 dan 5? Apple Watch Series 5 hadir dengan fitur kompas yang terintegerasi dan panggilan darurat internasional.

4. Software Tebaru

Selain meluncurkan produk fisik, Apple juga akan memperkenalkan sistem operasi terbaru pada 19 September nanti, salah satunya adalah WatchOS 6. Sistem operasi yang dikhususkan untuk wearable device dari Apple akan diterapkan pada Watch Series 3, Series 4, dan Series 5, sedangkan untuk Series 1 dan Series 2 akan menyusul belakangan. Apple Watch Series semua generasi, kecuali Apple Watch pertama, akan menawarkan pengalaman yang sama pada sistem operasi baru ini.

Pada Watch Series 4 dan Series 5 akan ada tambahan fitur seperti ECG yang telah disebutkan di atas dan fitur fall detection. Apple Watch Series 5 hadir dengan teknologi terbaru yang cukup signifikan dari sisi pengalaman atau pun fiturnya. Selain itu, produk ini juga memiliki lebih banyak model, mulai dari material yang digunakan sampai kolaborasi dengan merek-merek ternama lainnya.

Tertarik untuk memilikinya? sekarang di JD.ID kamu dapat melakukan pre-order dengan beragam promo menarik yang telah JD.ID siapkan untuk kamu pelanggan setia JD.ID. Tidak hanya Apple Watch Series 5 biasa, JD.ID pun menyediakan versi lain yaitu Nike Series dengan estimasi kedatangan pada tanggal 6 December 2019. Lakukan pemesanan sekarang hanya di JD.ID #DijaminOri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here