Pahami Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengisi Daya Baterai Gawai

0
2785

Apakah Sahabat JD.ID kerap mengisi daya baterai gawai semalaman? Bagi sebagian orang, kebiasaan ini mungkin tergolong praktis. Karena dengan mengecas baterai gawai sebelum tidur, maka mereka dapat bangun di pagi hari dengan kondisi baterai gawai yang terisi penuh. Namun, tahukah Sahabat JD.ID bahwa kebiasaan ini dapat mengurangi umur baterai gawai? Meski sepele, namun aktivitas mengisi daya baterai pada gawai ternyata ada panduannya juga lho.

Saat ini, beragam merk gawai telah membekali gawai buatan mereka dengan baterai berbahan lithium ion. Nah, ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi umur baterai jenis ini, termasuk pola pengecasan. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengisi gawai Sahabat JD.ID ?

Waktu terbaik yang dianjurkan untuk mengisi daya pada gawai adalah ketika baterai sudah berada di kisaran angka 30-90 persen. Usahakan untuk tidak mengisi daya hingga mencapai angka 100 persen. Apabila daya sudah terisi penuh, namun gawai masih sedang dalam keadaan di-charge, maka gawai akan berusaha untuk tetap mengisi daya baterai.

Sebab ketika daya baterai sudah mencapai 100 persen, gawai akan menghentikan proses charging. Hal ini mengakibatkan daya gawai naik-turun dari angka 99 ke 100 persen dan sebaliknya. Jika dibiarkan secara terus-menerus, maka proses ini dapat mengurangi umur (life-cycle) dari baterai gawai yang Sahabat JD.ID miliki.

Pada umumnya, baterai pada gawai memiliki umur penggunaan yang optimal tiga hingga lima tahun, atau antara 500 hingga 1.000 kali siklus (cycle) pengisian daya. Perlu diketahui bahwa siklus pengisian daya dihitung saat baterai gawai diisi dari keadaan kosong hingga penuh.

Ketika baterai sudah digunakan lebih dari tiga tahun, maka baterai tersebut tidak akan dapat bertahan lama seperti layaknya baterai pada gawai baru. Dalam beberapa kasus, pengisian daya yang terlalu lama juga dapat membuat gawai menjadi panas. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak mengisi daya gawai yang Sahabat JD.ID miliki semalaman.

Jangan biarkan kapasitas baterai di bawah 20 persen. Performa baterai berbahan lithium-ion dapat turun ketika diisi dalam keadaan terlalu rendah/kosong. Dapat dikatakan bahwa baterai lithium ion dapat bekerja dengan optimal dalam keadaan di tengah-tengah. Artinya, jangan tunggu hingga daya baterai terlalu sedikit atau isi baterai gawai hingga daya sudah penuh.

Selain menge-cas baterai pada waktu yang tepat, pengguna juga disarankan untuk mengecasnya dengan aksesori charger asli/orisinal yang diberikan oleh pabrik. Hampir setiap ponsel dilengkapi dengan kepala dan kabel charger orisinal yang terdapat pada kotak pembelian.

Pada setiap charger memiliki keluaran arus daya yang berbeda-beda. Jika besaran daya yang dikeluarkan charger terlalu kecil atau besar, maka hal tersebut dapat memengaruhi umur baterai. Maka, sangat disarankan untuk selalu menggunakan charger original saat mengisi daya gawai. Usahakan juga untuk menghindari penggunaan powerbank. Terlalu sering menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai gawai berkurang. Berbeda dengan charger yang dicolokkan via listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone atau gawai yang Sahabat JD.ID miliki.

Temukan beragam kebutuhan gawai yang Sahabat JD.ID butuhkan di JD.ID. Beragam gawai bisa kamu miliki untuk memenuhi kebutuhan aktifitas sehari-hari selama beraktifitas di rumah saja. Sahabat JD.ID bisa penuhi kegiatan daring seperti sekolah online dan juga bekerja di rumah dengan beragam gawai yang ada di JD.ID dan pastinya #DijaminOri.