Pahami  Tips Memilih Printer Agar Lebih Awet dan Hemat Biaya Perawatan

0
1138

Di era digital seperti saat ini, pencetak dokumen atau printer masih dibutuhkan kehadirannya, baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan. Banyak orang memang sudah memanfaatkan dokumen digital, tetapi dokumen berbentuk fisik juga masih diperlukan, terutama dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.

Selain itu, firma arsitek sebagai perusahaan yang berhubungan dengan rancangan sebuah bangunan juga masih membutuhkan printer untuk mencetak blueprint dan file rancang bangun berformat besar. Dengan masih tingginya kebutuhan industri akan printer, banyak produsen berlomba-lomba menghadirkan printer dengan teknologi mutakhir.

Namun, pemilihan printer tak hanya sebatas kecanggihannya saja. Ada beberapa faktor lain yang mesti diperhatikan, misalnya apakah printer tersebut hemat biaya dan mudah dalam hal perawatan atau tidak. Untuk mengetahui faktor lain yang perlu dipahami sebelum membeli printer, simak ulasannya berikut ini.

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sebelum memutuskan membeli printer, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kebutuhan Sahabat JD.ID seperti apa. Pasalnya, spesifikasi setiap printer berbeda-beda. Misalnya, jika kebutuhan kamu hanya untuk mencetak dokumen biasa dengan jumlah yang tak terlalu banyak, printer tipe laser bisa jadi pilihan.

Namun, bila membutuhkan printer yang lebih multifungsi, kamu bisa memilih all-in-one inkjet printer yang bisa digunakan untuk mencetak segala dokumen, memindai (scan), dan menyalin (copy).

2. Beli Printer Kondisi Baru dan Resmi

Membeli printer sama saja dengan berinvestasi. Jadi, lebih baik membeli printer dalam kondisi baru dibandingkan printer bekas pakai (second). Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam, membeli printer baru akan memberikan kamu jaminan produk yang lebih berkualitas.

Selain itu, belilah printer di e-commerce tepercaya yang memberikan garansi barang #DijaminOri agar kamu mendapatkan garansi resmi serta agar tidak was-was printer yang di beli memiliki kualitas yang buruk. Dengan begitu, bila printer bermasalah, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk melakukan perbaikan.

3. Ketahui Biaya Pembelian dan Perawatan Printer

Saat membeli printer, sebaiknya kamu tak hanya terfokus pada harga beli saja. Namun, kamu juga harus memperhitungkan pengeluaran pemakaian dan perawatan. Pasalnya, percuma saja jika membeli printer dengan harga terjangkau apabila biaya perawatannya selangit. Adapun keperluan pemakaian dan perawatan printer meliputi biaya konsumsi tinta, penggantian tangki tinta, pembersihan saluran tinta, serta perawatan printhead secara berkala.

Itulah 3 tips penting yang harus Sahabat JD.ID perhatikan saat hendak membeli printer. Jangan lupa untuk sesuaikan kebutuhan kamu dengan printer yang ingin digunakan. Di JD.ID, kamu bisa mendapatkan penawaran harga yang menarik ketika ingin membeli printer dan yang pasti #DijaminOri.