Wearable device atau perangkat wearable merupakan sebuah benda berupa aksesori yang memiliki teknologi layaknya sebuah komputer berukuran mini. Ia dapat berwujud sebagai kacamata, gelang, jam tangan, bahkan pakaian. Tentunya dengan label pintar di belakangnya.

Cikal bakal dari perangkat wearable sendiri telah mulai pada era 80-an. Saat itu, terdapat sebuah jam yang dilengkapi dengan kalkulator. Namun, istilah wearable sendiri baru populer setelah 2010, saat beberapa perusahaan teknologi seperti Google, Apple, dan Samsung turut mengeluarkan produk tersebut. Bahkan seiring perkembangan zaman, beberapa brand kenamaan pun turut mengeluaran device yang serupa dengan harga yang lebih kompetitif.

Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Proses komputerisasi jam tangan menjadi smartwatch ini dimulai pada 2013, di mana saat itu Samsung memperkenalkan perangkat bernama Samsung Gear. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, perangkat ini merupakan pelengkap dari smartphone untuk memeriksa beragam notifikasi seperti e-mail, cuaca, atau agenda.

Semua kemampuan yang dimiliki oleh perangkat ini tak lepas dari penerapan sistem operasi yang ada di dalamnya. Selain itu, ia juga turut didukung oleh komponen lain seperti memori internal, chip prosesor, dan lain-lain.

Smart Band

Sebagaimana namanya, smart band ini bisa digunakan untuk memonitor kesehatan pemiliknya. Dengan menanamkan sebuah sensor, gelang kesehatan mampu menghitung langkah kaki seseorang dan denyut jantung selama beraktivitas. Selain itu, ia juga telah dilengkapi oleh sistem yang dapat terintegrasi dengan smartphone untuk memonitor hal tersebut. Bahkan beberapa brand kenamaan pun meletakan fungsi jam pada device ini.

Agar selalu up-to date, kamu dapat memiliki perangkat pintar tersebut dengan harga yang terjangkau hanya di JD.id. JD.id memiliki program promo bertajuk “Wearables Premium Brand Deals”, kamu dapat menikmati potongan diskon mulai dari 30% dan juga kamu berkesempatan mendapatkan free gift.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here