Perbedaan AMD dan Intel, Mana yang Lebih Baik untuk Dipilih?

0
35375
amd dan intel
Source: Laptopnesia.com

Komputer merupakan perangkat elektronik yang memiliki banyak macam komponen didalamnya yang berfungsi untuk menjalankan sebuah perintah komputer. Processor menjadi salah satu komponen komputer yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer.

Diantara komponen komputer lainnya, pilihan untuk processor cukup terbatas dari segi merk dan produsen. Seperti yang kamu tahu bahwa processor yang terkenal berkualitas hanya berasal dari dua produsen yaitu AMD dan Intel. Karena hanya ada dua pilihan, kamu pasti sering bingung, processor mana yang lebih baik?. untuk menjawab hal tersebut simak penejelasan berikut ini.

Perbedaan antara AMD dan Intel

Source: Acerid.com

Ketika dihadapkan dengan dua pilihan processor, kamu pasti perlu mengetahui apa saja yang menjadi pembeda antara kedua produk tersebut. hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. berikut adalah perbedaan antara processor AMD dan Intel.

1. Suhu Temperature Processor

Source: Mixartigo

Suhu atau temperature menjadi hal yang harus diperhatikan dalam memilih komponen komputer, karena hal ini akan mempengaruhi performa sebuah komputer. Intel biasanya memiliki rating thermal design point yang lebih rendah dibandingkan AMD. Hal tersebut menunjukkan bahwa intel memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan AMD.

2. Kemampuan Kualitas Grafis

amd dan intel processor
Source: Extremetech.com

Dari segi kualitas grafis AMD lebih unggul dibandingkan Intel. Hal ini disebabkan karena AMD biasanya memiliki lebih banyak core yang membuat kinerja processor menjadi lebih optimal untuk menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik.

3. Kemampuan Multimedia

Source: Avadirect.com

Kegiatan multimedia seperti edit video atau foto menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh sebagian profesi. Diantara AMD dan Intel, processor yang memiliki kemampuan rendering yang cepat adalah intel. Karena kecepatan render yang diberikan oleh Intel lebih baik dibandingkan AMD

4. Overclocking Processor AMD dan Intel

Source: Arstechnica.com

Overclocking adalah kegiatan yang sering dilakukan untuk meningkatkan clock rate atau kecepatan processor agar bisa melampaui batas maksimalnya. Untuk hal ini Intel lebih unggul karena intel bisa mengalami peningkatan hingga sebesar 4.5Ghz. namun perlu kamu ketahui bahwa kegiatan overclocking ini membutuhkan komponen yang memadai dan berkualitas.

5. Sensitivitas pada Virus antara Processor AMD dan Intel

Source: idntimes.com

Untuk masalah sensitivitas pada virus antara AMD dan intel, AMD memiliki keunggulan untuk hal teresebut, karena AMD menciptakan processor dengan fitur pendeteksi virus. Fitur tersebut dinamakan EVP atau enhanced virus protection, fitur ini mampu mengecek apakahah dalam sebuah file terdapat virus yang membahayakan bagi keamanan komputer. Sedangkan intel belum memiliki fitur untuk mendeteksi virus ini.

Bagi kamu yang membutuhkan processor yang bisa bertahan lama dan bisa mengolah beberapa kegiatan multimedia dengan cepat, intel menjadi pilihan yang tepat. Namun jika kamu mementingkan kecepatan processor dan kualitas grafis AMD bisa menjadi pilihan yang tepat untuk keperluan tersebut.

Dengan adanya perbedaan ini kamu bisa lebih leluasa dalam memilih processor yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. untuk menemukan berbagai macam processor yang berkualitas kamu bisa menemukannya di JD.ID

Di JD.ID kamu bisa mendapatkan berbagai macam pilihan processor dengan kualitas terbaik dan #DijaminORI. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo menarik setiap harinya, mulai dari potongan harga hingga gratis ongkir keseluruh Indonesia. Jadi tunggu apalagi, belanja di JD.ID. Sekarang!