Samsung resmi memperkenalkan ponsel pintar terbaru mereka yang memiliki strata teratas yaitu, Samsung Galaxy S20, S20 plus, dan S20 Ultra. Dalam peluncurannya, Samsung telah membenamkan teknologi 5G pada ponsel tersebut. Namun, untuk seri Samsung S20 yang beredar di Indonesia akan menggunakan chipset Exynos 990 besutan Samsung. Di Indonesia, seri Samsung Galaxy S20 mendukung teknologi 4G, belum 5G. Chipset yang digunakan ini juga akan digunakan di pasar Eropa dan belahan dunia lain.

Samsung menandai Galaxy S20 sebagai seri Galaxy S dengan sejumlah debut dan perbedaan yang cukup mencolok ketimbang Galaxy S10. Diantaranya dari sisi kamera, layar, baterai, dan kemampuan teknologi seluler generasi kelima. Berikut ini beberapa perbedaan dari Samsung Galaxy S20, S20 plus, dan S20 Ultra yang harus kamu ketahui sebelum membeli ponsel ini!

Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 series, merupakan varian terendah dari tiga perangkat baru ini. Ukuran layarnya mungkin hampir sama dengan pendahulunya, namun kali ini sedikit lebih sempit dan sedikit lebih tinggi, karena rasio aspek 20:9. Satu hal yang menarik, layar pada Galaxy S20 memiliki kecepatan refresh 120Hz dan resolusi 1440p+. Ini seri smartphone pertama dari vendor asal Korea Selatan  yang menonjolkan teknologi layar.

Di bagian panel depan, ada ‘rumah’ kamera selfie 10MP yang kualitasnya tidak banyak berubah sejak generasi S10, tetapi punch hole di S20 tampil lebih kecil dan berada di tengah. Sementara itu, kamera belakang Galaxy S20 menggunakan modul utama 12MP yang sama, kamera telefoto 64MP berkemampuan 8K, dan sensor ultrawide 12MP. Satu-satunya perbedaan adalah kurangnya sensor DepthVision.

Samsung membenamkan teknologi pembaca sidik jari dalam-layar pada Galaxy S20. Fitur in-display fingerprint pada S20 disebut Samsung menggunakan teknologi ultrasonik yang diklaim lebih aman dan cepat dengan bekerja mendeteksi denyut nadi pengguna. Kapasitas baterai pada Galaxy S20 adalah 4.000 mAh dan mendukung kabel 15W. Perangkatnya dirancang kedap air dan sudah mengantungi sertikasi IP68. Tidak masalah direndam dalam air selama kurun waktu tertentu. Ponsel ini akan tersedia dalam varian warna Cosmic Gray, Cloud Blue dan Cloud Pink.

Samsung Galaxy S20+

Galaxy S20+ memiliki bentang layar 6,7 inchi Dynamic AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan fitur peningkatan respons sentuh (touch sensing 240Hz). Seperti versi reguler, Galaxy S20+ memiliki resolusi 1440p+ dengan rasio aspek yang lebih tinggi dari sebelumnya, 20:9. Artinya, ponsel ini memiliki lebar yang sama dengan S10+, tetapi sedikit lebih tinggi. Kamera utama di bagian belakang memiliki sensor 12MP dengan piksel 1,8μm besar (dibandingkan dengan 1,4μm pada S10). Kamera ini memiliki aperture f/1.8 dan fitur optical image stabilization (OIS).

Kamera telefoto membanggakan sensor resolusi tertinggi pada kamera zoom – 64MP. Samsung mengklaim kemampuan 3x hybrid zoom dan hingga 30x “Super Resolution Zoom”. Modul ini juga memiliki aperture OIS dan bukaan lensa (untuk kamera zoom) f/2.0.

Selanjutnya, ada modul 64MP yang bertanggung jawab untuk merekam video 8K. Sebagai informasi, trio Galaxy S20 merupakan smartphone pertama yang menawarkan rekaman 8K. Perhatikan bahwa satu frame video 8K adalah 33MP, maka lebih tinggi daripada resolusi kamera jepret dari banyak flagship saat ini.

Kamera sudut ultrawide (120°) memiliki sensor 12MP. Model Plus juga memiliki kamera DepthVision untuk pemotretan potret dan efek bokeh. Selain itu, ada dua opsi RAM yang bisa dipilih yaitu RAM 8GB dan 12GB. Lalu untuk media penyimpanan terdapat 128GB dan 512GB. Bila masih kurang, bisa ditambahkan melalui slot microSD hingga 1TB.

Ponsel ini memiliki baterai 4.500mAh dan mendukung pengisian kabel 25W. Yang menarik, Galaxy S20+ mempunyai kemampuan reverse wireless charging, alias dicas dan mengecas daya secara nirkabel. Ini berarti Galaxy S20+ bisa digunakan untuk mengecas perangkat lain, seperti earphone bluetooth atau ponsel lain. Samsung menyebutkan kemampuan dengan julukan Wireless Power Share. Galaxy S20+ akan tersedia dalam warna Cloud Blue, Cosmic Grey dan Cosmic Black.

Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan seri tertinggi dari keluarga Galaxy S20 Series. Untuk spesifikasinya sendiri, Samsung S20 Ultra memiliki layar berukuran 6.9 Inch. Itu artinya layar smartphone ini lebih besar dibandingkan Galaxy Note 10 Plus yang berukurang 6.8 Inch. Galaxy S20 Ultra akan menjadi smartphone dengan layar terbesar yang pernah dibuat Samsung untuk Galaxy S Series. Dimana layarnya berukuran 6.9 inci dan mengusung panel Dynamic Amoled beresolusi 2K serta memiliki refresh rate 120 Hz. Namun refresh rate 120 hz tersebut hanya bisa berjalan pada mode layar Full HD sedangkan untuk mode 2K hanya sebatas 60 Hz

Kualitas layar Galaxy S20 Ultra akan sangat mengagumkan. Dengan bentang layar sangat luas, tentu smartphone ini sangat mengasyikan saat dipakai menonton film ataupun bermain game. Layarnya juga dilindungi kaca Cornin Gorilla Glass generasi terbaru dan telah mendukung konten HDR10+ yang menjanjikan kualitas gambar lebih detail dan tajam. Kemampuan tahan air dengan sertifikat IP68 tidak akan mengoptimalkan durablitas Galaxy S20 Ultra. Kemudian untuk segi desain, Samsung S20 Ultra memiliki layar Punch Hole dengan lubang kamera dibagian tengah. Desain layarnya sangat mirip dengan Samsung Galaxy Note 10 Series atau bahkan Samsung Galaxy A51 yang belum lama ini dipasarkan di Indonesia.

Desain belakang Galaxy S20 Ultra juga tidak kalah keren. Smartphone ini memiliki banyak sekali kamera belakang yang dibuat satu tempat pada pojok kiri atas. Setiap lensa yang dimiliki Galaxy S20 Ultra memiliki fungsi berbeda-beda. Selain itu, bodi belakangnya dibalut kaca Corning Gorilla Glass yang menambah kesan premium pada setiap sisi Galaxy S20 Ultra.

Selain mengandalkan performa sebagai kelebihan utama, Samsung Galaxy S20 Ultra juga menawarkan kamera superior yang siap menghasilkan video dan foto berkualitas tinggi. Hasil fotonya akan menjadi standar baru di tahun 2020. Hal ini tak lepas dari konfigurasi kamera yang diberikan Samsung untuk mempersenjata kamera belakang Galaxy S20 Ultra.

Total ada 4 kamera pada smartphone ini. Semua kamera tersebut memiliki fungsi berbeda-beda, namun sama-sama bisa diandalkan untuk menghasilkan foto berkualitas. Dengan hadirnya kamera 108 Megapixel, tentu Galaxy S20 Ultra bisa menghasilkan foto dengan kualitas gambar lebih detail. Lebih hebatnya lagi, smartphone ini dibekali lensa Periscope beresolusi 48 Megapixel yang memiliki kemampuan 10x Hybrid Zoom dan 100x Super Resolution Zoom yang notabennya tidak dimiliki oleh smartphone flagship sekelasnya.

Tak hanya kemampuan mengambil foto saja yang ditingkatkan, Samsung Galaxy S20 Ultra juga membawa pembaharuan pada peremana video sehingga bisa menghasilkan video lebih stabil dan memiliki kualitas audio lebih baik. Resolusi video yang bisa diambil S20 Ultra sangat luar biasa. Pasalnya Samsung S20 Ultra menjadi hp Android pertama di dunia yang mampu merekam video beresolusi 8k 30fps dan 4K HDR 120 fps.

Untuk mengimbangi komponen hardware dan software diatas, Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Fitur Fast Charging 45W dan Wireless Charging 15W juga tak lupa disematkan Samsung agar pengisian baterai semakin mudah dan cepat. Lalu ada pula fitur Ultrasonic Fingerprint Sensor yang memiliki respon lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan untuk mengupdate gadget terbaru kamu, kini di JD.ID kamu bisa melakukan pre-order untuk pembelian Samsung Galaxy S20, S20 plus, dan S20 Ultra. Untuk program pre-order JD.ID pun bekerjasa dengan 8 partner diantaranya, Bank Bukopin, Citi, digibank, Bank Mayapada, Maybank, MNC Bank, Standard Chartered, dan Kredivo. Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat syarat dan ketentuannya berikut ini.

Tidak hanya itu, JD.ID pun memberikan kamu kesempatan untuk melakukan trade-in ponsel lama kamu dengan varian Samsung Galaxy S20, S20 plus, dan S20 Ultra. Dengan cara seperti dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here