Samsung Hadirkan Tablet Terbaru, Samsung Galaxy Tab A8

0
469

Samsung resmi menghadirkan tablet terbarunya yaitu, Samsung Galaxy Tab A8 sebagai jajaran tablet terbaru di Tanah Air. Perangkat ini ditujukan sebagai penerus Samsung Galaxy Tab A7 yang meluncur pada Oktober 2020 lalu. Dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Tab A8 tampil dengan membawa sejumlah peningkatan, baik dari segi ukuran, desain, hingga performa yang ditawarkan.

Hadirnya Samsung Galaxy Tab A8 dirancang dengan desain terbaru yang terlihat lebih segar. Logo Samsung yang sebelumnya terletak di tengah-tengah bagian punggung tablet, kini digeser ke sisi kiri bawah perangkat sehingga terlihat bersebrangan dengan modul kamera punggung.

Desain kameranya lebih baru, yaitu camera deco, sehingga menampilkan desain minimalis dan premium. Dari segi layar, Samsung Galaxy Tab A8 memiliki ukuran layar yang sedikit lebih luas 10,5 inci dengan screen-to-body-ratio yang 80,1 persen.

Layar tersebut dibingkai dengan bezel yang lebih tipis, yakni 10,2 mm. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Tab A7 mempunyai bentang layar 10,4 inci, screen-to-body-ratio 78,4 persen dan bezel 11 mm. Namun, Samsung sudah tak lagi menggunakan panel layar IPS. Alhasil, layar Samsung Galaxy Tab A8 mengandalkan panel berjenis TFT.

Dari sektor dapur pacu, Samsung tak lagi mengandalkan chip Snapdragon besutan Qualcomm untuk mengotaki seri tablet terbarunya ini. Sebagai gantinya, Samsung Galaxy Tab A8 ditenagai chip Unisoc T618 yang diklaim mampu menyajikan peningkatan performa CPU dan GPU hingga 10 persen lebih baik dibanding Samsung Galaxy Tab A7.

Peningkatan lain juga dilakukan Samsung pada kapasitas penyimpanan yang ditawarkan. Alih-alih berkapasitas 32 GB layaknya pendahulunya, Samsung Galaxy Tab A8 sudah dilengkapi storage mencapai 128 GB.

Jika dirasa kurang, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1 TB menggunakan slot microSD yang tersedia.

Peningkatan lain juga dilakukan dari segi pengisian daya. Meski masih dibekali dengan kapasitas baterai 7.040 mAh, namun keluaran daya yang ditawarkan Samsung Galaxy Tab A8 cenderung lebih besar. Dengan dukungan fitur fast charging 15 Watt, Samsung Galaxy Tab A8 diklaim mampu mengisi daya baterai dari keadaan kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 80 menit.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Tab A8 hadir dalam dua varian, yakni WiFi Only dan LTE. Keduanya dibedakan dari segi RAM dan penyimpanan yang ditawarkan. Samsung Galaxy Tab A8 versi WiFi Only dibekali RAM dan penyimpanan sebesar 3 GB/32 GB. Sementara untuk versi LTE memiliki RAM dan penyimpanan yang lebih tinggi, yakni 4 GB/128 GB.

Sahabat JD.ID yang tertarik untuk memiliki Galaxy Tab A8 dapat mengikuti sesi pemesanan awal (preorder) yang digelar JD.ID pada 24-31 Januari 2022. Perangkat yang dipesan pada sesi pre-order akan dibundling secara otomatis dengan bonus berupa Book Cover atau Galaxy Fit 2 serta layanan Samsung Care Plus selama 6 bulan, serta cashback bank pilihan senilai hingga Rp 250.000.