Sang Pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen yang Menginspirasi

0
597
Sang Pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen yang Menginspirasi- JD.ID
Source: Forbes.com

Berbicara tentang orang sukses selalu menarik untuk diulik, terutama pendiri Microsoft yang memiliki peran besar dalam membangun teknologi, khususnya sistem operasi Windows yang banyak kita temukan di perangkat laptop masing-masing. 

Siapa lagi jika bukan Bill Gates salah satu pencetus Microsoft. Namun, tidak hanya dia sendirian yang membangun perusahaan multinasional Amerika ini, melainkan bersama rekan sekolahnya yakni, Paul Allen. 

Bagaimana perjuangan keduanya hingga Microsoft menjadi perusahaan teknologi terbesar seperti sekarang? Kamu bisa mengetahuinya melalui ulasan lengkap berikut ini!

Biografi Pendiri Microsoft, Mulai Dari Bill Gates dan Paul Allen

Biografi Pendiri Microsoft, Mulai Dari Bill Gates dan Paul Allen- JD.ID
Source: Onthisday.com

Baik Bill Gates maupun Paul Allen, keduanya telah berhasil menorehkan sejarah tentang perusahaan teknologi yang sangat maju pada abad ini. Pencapaian tersebut tidaklah instan, proses jatuh bangun dirasakan oleh mereka saat berjuang untuk Microsoft. 

Agar kamu bisa lebih dekat dengan kisah pendiri perusahaan ini, tak ada salahnya untuk mengetahui info singkat tentang Gates dan Allen dari mulai keluarganya hingga pendidikannya.  

Biodata Pendiri Microsoft Bill Gates  

  • Nama Lengkap: William Henry Gates III 
  • Nama Terkenal: Bill Gates
  • Ayah : William Henry Gates Sr
  • Ibu : Mary Maxwell
  • Saudara Kandung: Kristianne dan Libby Gates.
  • Tempat tanggal lahir : Seattle, 27 Oktober 1955 (67 Tahun)
  • Pendidikan: Universitas Harvard (Drop Out)
  • Pekerjaan: Pengembang perangkat lunak, investor, pengusaha dan filantropi
  • Jabatan di Microsoft : CEO (Chief Executive Office) hingga tahun 2000 an
  • Pasangan: Melinda French Gate (Bercerai 2021)
  • Anak: Jennifer Katerinne Gates, Rory John Gates, dan Phoebe Adele Gates
  • Perusahaan: Microsoft Corporation & Gets Foundations

Baca Juga: Jadi Orang Terkaya Dunia, 5 Miliarder ini Gemar Baca Buku!

Biodata Pribadi Paul Allen 

  • Nama Lengkap: Paul Gardner Allen
  • Nama Terkenal: Paul Allen
  • Ayah: Kenneth Sam Allen seorang pustakawan
  • Ibu: Edna Faye Allen seorang guru
  • Adik: Jody Pottan
  • Tempat, Tanggal Lahir: Seattle, 21 Januari 1953
  • Pendidikan Terakhir: Universitas Washington (Drop out)
  • Pekerjaan: Pengembang perangkat lunak, pengusaha, pemusik dan filantropi
  • Jabatan di Microsoft: Dewan Direksi Penelitian dan Pengembangan 
  • Pasangan: Belum menikah dan memiliki anak 
  • Tahun Aktif: 1975 – 2018 
  • Tanggal Kematian: 15 Oktober 2018 akibat penyakit kanker
  • Julukan: Idea Man

Perjalanan Bill Gates dan Paul Allen Mendirikan Microsoft 

Perjalanan Bill Gates dan Paul Allen Mendirikan Perusahaan - JD.ID
Source: NihaoIndo.com

Bisa dibilang masa remaja menjadi titik awal kesuksesan dari dua orang pintar ini. Hal tersebut karena keduanya dipertemukan pada saat bersekolah, di Lakeside School, Seattle Amerika.

Memiliki minat yang sama terhadap komputer, mereka menjadi lebih mudah sefrekuensi dan akrab. Malahan pada tahun 1970, keduanya menciptakan proyek komputer pertama yang dinamakan Traf O Data. Program ini memungkinkan penggunanya untuk memantau kepadatan lalu lintas di sekitaran Seattle.

Duet ini terus berlanjut hingga mereka keluar dari SMA dan merintis perusahaan teknologi dunia, yang dinamakan Microsoft. 

Adapun inspirasi awal terbentuknya Microsoft dimulai pada 1974. Ketika itu Allen menunjukkan salah satu artikel di majalah Popular Electro kepada Gates, tentang kecanggihan kit komputer mini Altair 8800 yang dibuat oleh perusahaan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS), keduanya berpikir tentang kemungkinan yang bisa diciptakan dalam komputer pribadi ini.

Mereka pun memberanikan diri menghubungi perusahaan MITS dan mengatakan sedang membuat software komputer BASIC yang bisa dijalankan dalam Altair 8800. Padahal kenyataannya program tersebut belum ada. 

Dua tahun berkuliah, Gates yang sedang menjadi mahasiswa hukum di Universitas Harvard, memutuskan untuk keluar dari perkuliahannya agar bisa fokus membangun Microsoft. Begitupun dengan Allen yang juga drop out dari Washington State University. 

April 1975, menjadi tonggak bersejarah pendirian perusahaan ini, dengan dua nama awal yaitu Micro-Soft. Memiliki makna perangkat lunak komputer mini. Baru pada 1976, direvisi kembali dengan hanya memakai kata Microsoft.

Dengan berbagai lobi yang dilakukan, akhirnya Microsoft memiliki proyek pertama, melalui software BASIC yang disematkan dalam komputer Altair 8800. 

Sayangnya kerja sama ini tidak berjalan mulus akibat hubungan sengit antara Gates dan Presiden MITS, Ed Robert. Dirinya juga menaruh kecewa pada banyaknya pengguna komputer yang mendapatkan program ini secara gratis alias bajakan. 

Kendati begitu, pendiri Microsoft tidak menyerah dengan kondisi ini. Mereka kemudian mencoba mencari relasi bisnis lain yang mulai membangun komponen komputer, seperti Apple, Intel, dan IBM. 

Melalui ibunya yang cukup dihormati di IBM, Gates dikenalkan pada orang yang berpengaruh di sana. Dari situlah Microsoft mengembangkan software MS-Dos untuk IBM. 

Tidak berselang lama Apple juga turut berkolaborasi dengan Microsoft untuk komputer Macintosh mereka. Namun, kerja sama ini juga menimbulkan perseteruan antara Steve Jobs dan Bill Gates hingga keduanya tidak saling mengenal.   

Meskipun begitu, pengetahuan baru hasil dari kolaborasi ini mengilhami Gates membuat Windows, program yang bisa user pakai menggunakan mouse untuk mengoperasikan antarmuka grafisnya, serta bisa menampilkan teks dan gambar.  

Seiring waktu Microsoft Windows terus berinovasi dan memperbarui tampilannya mulai dari Windows 1.0, Windows 2.0, Windows XP, Windows 7, Windows 10 hingga yang terbaru Windows 11 yang diluncurkan pada 24 Juni 2021 silam. 

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Password WiFi di Windows 10 Tanpa Aplikasi

Produk Microsoft Merajai Seluruh Dunia

Produk Microsoft Merajai Seluruh Dunia- JD.ID
Source: ed2go.com

Kini setelah 47 tahun berdiri, banyak produk Microsoft yang tersemat dalam gadget laptop atau pun MacBook, membuatnya menjadi perusahaan teknologi terbesar sampai saat ini.

Setidaknya bila dijumlahkan, hampir ada sekitar 101 produk yang berhasil dirancang oleh Microsoft, yakni meliputi berbagai program:

  • Software atau perangkat lunak seperti Bing, LinkedIn, Microsoft Azure, Microsoft Office, Microsoft One Drive, Microsoft Teams, Outlook.com, Skype, GitHub, MSN, Microsoft Windows dan masih banyak lagi. 
  • Hardware atau perangkat keras yang sempat diluncurkan juga oleh Microsoft, contohnya berbagai aksesori Microsoft seperti mouse, headset, webcam, smartphone Lumia dari Microsoft, Laptop Microsoft Surface, konsol game X-Box dan lain-lain. 
  • Aplikasi Microsoft yang bisa digunakan pada perangkat iOS, misalnya Cortana, Face Swap, Microsoft Translator, Mixer Create, MileIQ dan sebagainya. 
  • Aplikasi Android buatan Microsoft bisa kamu temukan berupa, Cortana, Kaizala, Microsoft Authenticator, Microsoft Selfie, hingga Parchi. 

Ragam Produk Microsoft di JD.ID 

Ragam Produk Microsoft di JD.ID - JD.ID
Source: Savethestudent.org

Kamu juga bisa menemukan produk Microsoft yang original di JD.ID. Dengan membeli lisensinya secara resmi, sehingga memudahkan kamu untuk belajar atau bekerja memakai program ini. Adapun produk tersebut di antaranya: 

1. Microsoft Office Home and Student 2021

Microsoft Office Home and Student 2021
Microsoft Office Home and Student 2021
Microsoft Office Home and Student 2021
Microsoft Office Home and Student 2021 iii
Microsoft Office Home and Student 2021
Microsoft Office Home and Student 2021
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Salah satu software yang dirancang khusus bagi kalangan pelajar dan keluarga. Dengan berlangganan program ini, kamu akan mendapatkan tampilan dekstop Office yang lebih klasik, dimana aplikasi di dalamnya mencakup Word, Excel, dan Power Point untuk jenis Windows 10 dan Windows 11. 

2. Pendiri Microsoft Merangcang Produk Microsoft Office 365 

Pendiri Microsoft Merangcang Produk Microsoft Office 365 
Pendiri Microsoft Merangcang Produk Microsoft Office 365 
Pendiri Microsoft Merangcang Produk Microsoft Office 365 
Microsoft office 365 bussiness
Microsoft Office 365
Microsoft office 365 personal
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Sedang mencari paket aplikasi yang lebih canggih dan leluasa di Microsoft Office? Kamu bisa memilih paket berlangganan Microsoft Office 365. Program ini menawarkan tampilan desktop Office yang lebih canggih

Ini adalah aplikasi Microsoft yang menyediakan akses ke banyak program seperti, Word, Excel, Power Point, Outlook, One Note dan Editor. Dengan dukungan penyimpanan cloud sebesar 1 TB dan bisa diinstal melalui iPhone, Android, PC hingga MacBook. 

3. Microsoft Surface

Microsoft surface go 2
Microsoft Surface
Microsoft Surface
Microsoft surface go 2
Microsoft surface pro 8
Microsoft surface pro 7+
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Bagi sebagian orang mungkin jarang mendengar produk ini, soalnya termasuk produk baru yang dibuat oleh Microsoft sejak 2012 silam. Microsoft Surface berupa komputer atau tablet, salah satu jenisnya yang teranyar adalah tablet Surface Go 3. Produk ini sudah mendukung Windows 11, Microsoft 365 dan uji coba X-box game pas ultimate

4. Microsoft 1850 Wireless Mobile Mouse

Microsoft mouse
Microsoft mouse
Microsoft 1850
Mouse 1850
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Tidak hanya tiga produk di atas, JD.ID juga menjual mouse nirkabel yang memiliki desain elegan, nyaman, dan responsif. Mouse ini sangat cocok digunakan sehari-hari untuk bekerja atau belajar. 

Itulah sepenggal kisah tentang pendiri Microsoft dan jenis produknya yang bisa kamu dapatkan di JD.ID! Dengan membeli di sini, kamu bisa mendapatkan produk yang resmi dan kualitas terbaik, terutama untuk software Microsoft Office yang cukup penting saat ini, membantu mempermudah kegiatan belajar dan bekerja. 

Daripada menggunakan program bajakan yang berpotensi terjadinya peretasan dan virus, lebih baik membeli produk aslinya di JD.ID. Dengan harga yang sedikit lebih mahal, tetapi lewat promo yang diberikan di JD.ID kamu bisa mendapatkan penawaran harga yang spesial. Jadi, tunggu apalagi, yuk berbelanja di JD.ID sekarang!