Sinyal Wifi Dirumah Lemot? Perbaiki Dengan Tips Jitu Berikut

0
163
bad-signal-illustration
Image Source: Pixabay

Selama menjalani masa pandemi kita selalu melakukan berbagai macam kegiatan dirumah, seperti bekerja atau bersilaturahmi dengan kerabat, untuk memenuhi semua kita membutuhkan jaringan internet yang biasanya kita dapatkan dengan menggunakan wifi, dan agar semua kegiatan berjalan lancar kita membutuhkan sinyal wifi yang memadai.

Selama pengalaman kamu menggunakan wifi kamu pasti pernah merasakan suatu kondisi dimana sinyal wifi dirumah kamu sangat buruk yang mengakibatkan segala aktivitas kamu menjadi terganggu, gangguan sinyal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya gangguan pada provider yang kamu gunakan. Jika provider yang kamu gunakan tidak bermasalah tetapi jaringan wifi dirumah kamu masih jelek juga berarti ada beberapa hal yang harus kamu perbaiki dalam memposisikan router kamu, tapi kamu gak perlu khawatir karena dengan tips yang akan diberikan ini diharapkan bisa memperbaiki kualitas jaringan wifi dirumah kamu.

  1. Cek Posisi Router

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan mengecek posisi router wifi kamu, disini kamu harus memastikan bahwa router diletakkan ditengah ruangan, selain itu pastikan pula antenna yang terdapat pada router memiliki posisi horizontal atau berdiri, hal ini bisa mempengaruhi kualitas sinyal wifi yang ada dirumah kamu. Selain itu jangan letakkan router berdekatan dengan alat elektronik lain seperti, tv atau telepon karena hal tersebut bisa membuat sinyal saling bertabrakan dan tidak tersalurkan dengan baik.

  1. Setting Speed Wi-Fi dari Router Kamu

Jika kamu sudah memastikan bahwa posisi router sudah benar tapi sinyal wifi masih lemot juga, kamu bisa setting konfigurasi router kamu dengan cara mengaksesnya dengan memasukan IP address yang dimiliki oleh router yang kamu gunakan ke browser hp atau laptop, lalu dari situ kamu pergi ke bagian setting, lalu pilih speed yang paling cepat. Dengan melakukan setting ini diharapkan bisa membantu kinerja wifi kamu agar lebih baik lagi.

  1. Mengganti Router Baru Dengan Speed yang Lebih Tinggi
router-wifi
Image Source: Pixabay

Jika kamu sudah memastikan bahwa provider yang kamu gunakan tidak bermasalah lalu posisi dan settingan router sudah baik, mungkin masalah sinyal tersebut disebabkan oleh router bawaan dari provider yang kamu gunakan tidak memiliki keseimbangan antara speed yang kamu gunakan dengan speed yang dikeluarkan oleh router. Misalnya kamu menggunakan speed wifi 100mbps tetapi speed yang dikeluarkan oleh router memiliki batas maksimal 75mbps, nah hal tersebut akan mengakibatkan kekuatan sinyal wifi dirumah kamu akan menurun oleh karena itu lebih baik kamu mengganti router dengan speed yang bisa mengimbangi dengan layanan yang kamu gunakan.

  1. Gunakan Wi-Fi Extender

wifi-extender

Bagi kamu yang memiliki rumah dengan dua lantai atau lebih, dan sering mengalami kendala sinyal, sebaiknya kamu coba menggunakan wifi extender, fungsi dari alat ini adalah untuk membantu menyalurkan sinyal dari router utama, sehingga bisa menyebarkan sinyal dengan baik pada suatu ruangan. Dengan menggunakan extender diharapkan bisa membantu penyebaran sinyal yang lebih merata, jadi ketika kamu menggunakan wifi dilantai dua sinyal yang dihasilkan akan bagus dan tidak lemot pastinya.

Itu dia tips yang bisa kamu terapkan dirumah jika kondisi jaringan wifi dirumah kamu sedang tidak stabil atau lemot, semoga tips yang diberikan bisa membantu kamu sehingga bisa membuat kamu semakin produktif dan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.