Steam Deck Resmi Rilis Konsol Handheld untuk Main Game PC

0
95

Perusahaan platform distribusi game Valve baru saja merilis konsol bernama Steam Deck. Konsol ini merupakan perangkat portabel (handheld) yang sekilas terlihat mirip Nintendo Switch.

Bedanya, controller di Steam Deck tidak bisa dilepas pasang seperti Joy-Con di Nintendo Switch. Secara spesifikasi, Steam Deck tak ubahnya sebuah PC gaming kecil yang dibekali dengan layar 7 inci beresolusi 1.280 x 800 piksel.

Konfigurasi hardware perangkat ini mirip dengan yang ada di PlayStation 5 (PS5), di antaranya seperti prosesor (CPU) berarsitektur “Zen 2”, pengolah grafis (GPU) AMD RDNA 2, serta RAM 16 GB. Hanya saja, jumlah inti (core) CPU konsol ini hanya empat buah, alih-alih delapan.

Untuk menyimpan game, konsol handheld ini dibekali dengan tiga opsi media penyimpanan, yaitu 64 GB (eMMC), 256 GB (NVMe SSD), dan 512 GB (high-speed NVMe SSD). Kapasitas storage tersebut bisa diperluas lagi dengan microSD.

Steam Deck memiliki baterai 40-watt hour yang diklaim bisa bertahan selama 8 jam untuk bermain game ringan, streaming, atau browsing. Untuk menjalankan game “berat” seperti Portal 2, daya tahannya turun menjadi sekitar 4 jam.

Untuk software, Steam Deck mengusung sistem operasi (OS) SteamOS 3.0 berbasis Arch Linux, yang dipadankan dengan compatibility layer Linux bernama Proton agar bisa menjalankan aneka game Windows dengan lancar.

Konsol ini pun bisa menjalankan game komputer tanpa harus di-porting secara khusus oleh pengembangnya. Pengguna juga bisa menampilkan gameplay dari konsol ke TV melalui aksesori dock terpisah atau menggunakan kabel. Untuk harga yang di tawarkan sangat beragam sesuai kebutuhan RAM sebagai berikut, 64 GB: 399 dolar AS (sekitar Rp 5,7 juta) 256 GB: 529 dolar AS (sekitar Rp 7,6 juta), dan  512 GB: 649 dolar AS (sekitar Rp 9,4 juta)

Bagi Sahabat JD.ID yang tertarik dengan Steam Deck, harap menunggu ketersediaanya untuk pasar Indonesia. Selain itu Sahabat JD.ID bisa mendapatkan berbagai kebutuhan gaming mulai dari hardware dan juga software terbaru dengan kualitas terbaik #DijaminOri hanya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here