[SURVEY] Merk HP Terbaik, Menang Android Atau iPhone?

0
822
Merk HP Terbaik
Foto: Dokumentasi Pribadi

Terdapat beragam merk HP terbaik yang bisa jadi pilihan tepat untuk memenuhi segala aktivitas, mulai dari smartphone Android hingga iPhone tentu sudah sangat familiar di masyarakat. Tapi, di antara kedua brand tersebut kira-kira manakan yang paling banyak diminati?

Dari segi performa, desain, dan fitur yang diberikan, Samsung dan iPhone memang menjadi ponsel yang sangat populer karena memiliki kualitas juara. Bahkan, 80 persen orang yang ada di sekitar lingkungan penulis sudah menggunakan kedua gawai tersebut.

Menariknya, tak sedikit dari mereka yang memilih untuk memakai smartphone canggih keluaran brand ternama yang harganya terbilang fantastis, yakni sekitar Rp 20 jutaan. Namun, apakah dengan mengeluarkan uang sangat besar, ponsel tersebut memang worth it?

Baca Juga: Rekomendasi HP 5G dengan Harga Murah

Merk HP Terbaik, iPhone Atau Samsung?

Merk HP Terbaik iPhone Atau Samsung
Foto: Dokumentasi Pribadi

Menjadi merek yang paling banyak digunakan, baik iPhone atau Samsung siapakah yang lebih unggul? Untuk memvalidasi kebenarannya, penulis akan melakukan wawancara langsung dengan pengguna kedua perangkat tersebut.

Gracia Nieken merupakan user Apple garis keras yang sudah memakai berbagai produk keluaran produsen gadget, mulai dari iPhone, Macbook hingga AirPods. Sedangkan James mengaku sangat jatuh cinta dengan seluruh perangkat buatan Samsung, seperti HP, smartwatch, dan home appliance.

Berikut hasil tanya jawab yang dilakukan oleh penulis kepada narasumber terkait pengalaman mereka sebagai pengguna smartphone, khususnya merk HP terbaik iPhone dan Samsung:

  1. Sudah berapa lama menggunakan iPhone atau Samsung? 
  • Gracia: 10 tahun pakai iPhone
  • James: 
  1. Punya perangkat apa saja?
  • Gracia: iPhone 13 Pro, Macbook Pro, AirPods Pro
  • James: Samsung Galaxy S22 Ultra, Galaxy Watch 4, home appliance.
  1. Kenapa memilih menggunakan perangkat tersebut?
  • Gracia: Tampilannya user friendly, gampang digunakan, awet, kokoh, kameranya juara, fiturnya lengkap, desainnya mewah dan elegan, meningkatkan social life.
  • James: Download apapun mudah, buat main game enak, suaranya menggelegar, tampilan layarnya tajam, kualitasnya gak kaleng-kaleng.
  1. Waktu beli harganya berapa?
  • Gracia: Rp 21 juta, waktu pertama kali keluar
  • James: Rp 21 juta, dapat banyak gift.

Namun, James mengaku membelinya saat pre-order di JD.ID. Jadi, bisa mendapatkan banyak sekali hadiah, seperti wireless charging, casing ori, hingga voucher belanja sampai Rp 4 juta. “Worth it banget keluar uang besar untuk memiliki ponsel secanggih itu,” ungkap James.

Survey Smartphone Paling Laris

Survey HP Terbaik
Foto: Counter Point

Merujuk survey yang dilakukan oleh perusahaan Counterpoint terkait penelitian mengenai “Global Monthly Handset Sales Tracker” mendapatkan 10 jenis smartphone yang paling laris secara global. 

Hasil tersebut didapatkan dari banyaknya total penjualan produk ponsel hingga April 2022. Lalu, manakah merk HP terbaik yang paling laris? Berikut daftarnya:

List HP Terlaris 2022

  • iPhone 13 (5,5 persen)
  • iPhone 13 Pro Max (3,4 persen)
  • iPhone 13 Pro (1,8 persen)
  • iPhone 12 (1,6 persen)
  • Galaxy S22 Ultra (1,5 persen)
  • Galaxy A13 (1,4 persen)
  • iPhone SE 2022 (1,4 persen)
  • Galaxy A03 Core (1,4 persen)
  • Galaxy A53 5G (1,3 persen)
  • Redmi Note 11 (1,3 persen)

Namun, menurut global Statcounter menunjukan bahwa merk HP terbaik ditempati oleh Apple di posisi pertama, sedangkan Samsung berada pada peringkat kedua. Data tersebut diperoleh dari Mobile Vendor Market Share Worldwide Oktober 2022. Ini daftar lengkapnya:

  • Apple, 28,43 persen
  • Samsung, 28,19 persen
  • Xiaomi, 12,73 persen
  • Oppo, 5,51 persen
  • Huawei, 5,29 persen
  • Vivo, 4,29 persen.

Sementara riset yang dilakukan oleh JD Power, yakni lembaga survei ternama menunjukkan bahwa iPhone keluar sebagai juara untuk semua merek smartphone-nya dengan skor mencapai 838 dari 1.000. 

Hasil diperoleh berdasarkan lima faktor utama, yaitu kinerja (performance), fitur, mudah digunakan (ease of operation), dan tampilan fisik (physical design). Menariknya, smartphone besutan Tim Cook ini sudah mengantongi gelar tersebut sebanyak enam kali.

Baca Juga: Nostalgia! Ini Deretan HP Jadul yang Populer Pada Masanya

Benarkah iPhone dan Samsung Merk HP Terbaik?

Benarkah iPhone dan Samsung Merk HP Terbaik
Foto: Dokumentasi Pribadi

Berdasarkan hasil survei dan wawancara yang sudah dilakukan oleh penulis kepada pengguna smartphone di Indonesia, menunjukkan bahwa iPhone dan Samsung memang menjadi merk HP terbaik yang paling banyak digunakan.

Meskipun penulis tidak menggunakan kedua merek HP tersebut, namun diakui kalau iPhone dan Samsung memang memiliki kualitas dan performa yang tidak perlu diragukan lagi. Kebetulan penulis sempat mencoba iPhone 13 Pro milik Gracia untuk kebutuhan foto dan entertainment.

Hasilnya pun sungguh mengejutkan, karena iPhone mampu memberikan kualitas gambar yang sangat jernih, jelas dan estetik. Tak hanya itu, untuk keperluan editing perangkat buatan Apple ini compatible untuk berbagai macam aplikasi dengan hasil yang sangat berkualitas.

Penulis juga menilai kalau desain dari iPhone 13 Pro yang identik dengan kamera tiga boba memang terlihat sangat elegan dan mewah. Ditambah dengan aksesori pendukung lainnya seperti casing hingga Airpods membuat gawai ini patut mendapatkan predikat sebagai merk HP terbaik.

Sementara, produk buatan Samsung yang pernah dijajal oleh penulis yaitu, Galaxy S22 Ultra memang pantas menjadi pesaing iPhone. Kenapa? 

Dari user experience yang pernah dilakukan, smartphone ini menawarkan pengalaman mengesankan, terutama saat bermain game. Penulis merasakan performa juara seperti tampilan warna yang tajam, suara yang menggelegar hingga tidak adanya lag selama permainan berlangsung.

Menariknya, pada perangkat ini juga bisa mengunduh beragam aplikasi, namun keamanannya tetap terjamin. Bahkan, desainnya juga tampak “macho” dan kokoh. Jadi, gawai ini tentu sangat cocok dimiliki buat kamu yang memiliki banyak aktivitas.

Kesimpulan yang diambil oleh penulis, iPhone dan Samsung sama-sama menawarkan kelebihan yang unggul, baik dari segi dapur pacu maupun desain. Kamu bisa memilih kedua perangkat sesuai dengan kebutuhan.

Smartphone Super8 Amazing Sale

Untuk mendapatkan harga dan kualitas barang terbaik, kamu dapat membelinya secara online di JD.ID. Soalnya, selain lengkap dan produknya #DijaminORI, kamu juga bisa mendapatkan banyak sekali promo menarik seperti voucher belanja, cashback, gratis ongkir hingga cicilan 0%. 

Jadi, apapun pilihan smartphone-nya, pastikan kamu membelinya di JD.ID karena dijamin untung dan tidak mengecewakan. Yuk, order merk HP terbaik yang kamu inginkan sekarang!