Tipe Charger HP: Penyebab dan Cara Merawat Kabel iPhone

0
53
tipe charger hp iphone
Source: Pixabay

Setiap handphone memiliki tipe charger hp yang berbeda mulai dari kabel type c, micro usb, mini usb dan kabel lightning. Setiap tipe kabel tersebut tentunya memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing yang menyesuaikan dengan fitur yang dimiliki oleh sebuah handphone.

iPhone merupakan salah satu perangkat hp yang memiliki kabel data yang terbilang cukup rentan dan mudah mengalami kerusakan.

Biasanya kerusakan yang dialami pada kabel iPhone ini terletak di bagian ujung kabel dekat dengan port lightning. Kerusakan tersebut sering menyulitkan dan membaut kamu harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli sebuah kabel baru.

Baca Juga: Cara Melacak Hp yang Hilang dengan Cepat dan Mudah

Bagi kamu yang menggunakan iPhone dan sering mengalami kerusakan tersebut, kamu harus mengetahui penyebab dan cara merawat kabel iPhone agar lebih awet.

Penyebab Kerusakan Tipe Charger Hp iPhone

Source: Appbuntu

Kerusakan pada kabel hp tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik cara penyimpanan yang salah, hingga material charger yang kurang berkualitas. Selain hal tersebut ada beberapa penyebab lain yang perlu kamu ketahui agar kabel tetap terawatt dan awet.

Pertama, penyebab terjadinya kerusakan pada kabel iPhone biasanya karena cara penyimpanan yang tidak benar dan asal-asalan. Bagian ujung kabel dekat konektor akan mudah rusak jika sering ditekuk ketika disimpan menjadi salah satu hal yang membuat kabel charger cepat rusak.

Kedua, material kabel iPhone yang tidak menggunakan material PVC. Material tersebut diklaim tidak ramah terhadap lingkungan sehingga tipe charger hp iphone lebih mudah rusak karena bahan tersebut diganti dengan bahan karet.

Meskipun kabel iPhone memiliki bahan material yang kurang awet, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kabel iPhone untuk meminimalisir kerusakan.

Cara Merawat Kabel iPhone

Source: Pemmzchannel

Setelah mengetahui penyebab rusaknya tipe charger hp iPhone, kamu harus lebih memperhatikan cara menyimpan dan juga cara merawat kabel iPhone agar kabel data yang kamu miliki bisa lebih awet dan terawat.

  1. Perhatikan Cara Menggulung Kabel

Penyebab rusaknya kabel iPhone adalah karena kabel yang sering ditekuk terlalu keras, oleh karena itu sebaiknya ketika menyimpan kabel data iPhone kamu tidak menggulungnya terlalu keras atau terlalu rapat.

  1. Perhatikan Posisi Kabel Ketika Melakukan Pengisian Daya

Ketika melakukan pengisian daya hp kita sering kali mengabaikan posisi dan peletakkan kabel. Ketika menggunakan power bank untuk pengisian daya kita sering kali menyimpan hp ke dalam tas sehingga kabel sering menekuk dan menyebabkan kerusakan pada bagian ujung kabelnya.

Kondisi tersebut akan membuat tipe charger hp iPhone mudah rusak dan tidak awet, oleh karena itu sebaiknya kamu lebih memperhatikan posisi kabel ketika melakukan pengisian daya.

  1. Perhatikan Cara Mencabut Kabel

Meskipun terdengar sepele, posisi tangan ketika mencabut kabel menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Ketika hendak mencabut dan memasang kabel ketika ingin melakukan pengisian daya sebaiknya kamu memegang bagian port kabel agar bagian kabel tidak rusak.

Baca Juga: Cari Tau Spesifikasi iPhone 13 Sebelum Membelinya!

  1. Gunakan Aksesoris Tambahan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat tipe charger hp iPhone adalah dengan menggunakan aksesoris tambahan. Bagi kamu yang suka melakukan hal DIY, kamu bisa menggunakan per pulpen dan memasukannya ke bagian ujuk kabel deket port.

Selain menggunakan per pulpen, kamu juga bisa membeli kabel yang sudah braided. Kabel braided ini memiliki durabilitas yang lebih kuat dan pastinya tahan lama meskipun sering ketekuk.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat tipe charger hp iPhone agar lebih awet dan bisa tahan lama. Bagi kamu yang sedang mencari kabel iPhone ataupun perangkat hp, kamu bisa menemukannya di JD.ID

Disini, kamu bisa menemukan berbagai macam kebutuhan mulai dari handphone hingga keperluan rumah. Kegiatan berbelanja juga bisa jadi lebih murah dengan menggunakan promo seperti voucher diskon hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan sampai kelewatan dan belanja di JD.ID Sekarang!