Berencana untuk membeli laptop baru? Untuk kalian sahabat JD.id, saya akan memberikan rekomendasikan dan tips untuk kamu yang ingun membeli laptop dengan prosesor terbaru dari Intel yang kini telah hadir dalam generasi terbaru! Ketika akan membeli sebuah laptop, salah satu pertimbangannya adalah prosesor yang digunakan.

Semakin banyak kebutuhannya, dibutuhkan pula prosesor yang semakin kencang. Jika berbicara prosesor kencang, tentu yang muncul di benak kita adalah Intel. Apalagi, sekarang telah muncul prosesor generasi kesepuluh, yang dikenal dengan nama Ice Lake dan Comet Lake.

Ice Lake adalah prosesor generasi ke-10 terbaru yang dikeluarkan oleh Intel. Ini merupakan CPU pertama yang diproduksi massal dengan menggunakan arsitektur 10nm. Prosesor ini telah dibekali dengan mesin grafis yang terintegrasi sehingga mampu mengoptimalkan kinerja multimedia.

Selain Ice Lake, Intel juga memperkenalkan Comet Lake. Prosesor yang satu ini dapat memiliki core yang lebih banyak (hingga 6 core) dan mampu memproses aktivitas multitasking lebih baik. Comet Lake belum memiliki mesin grafis yang terintegrasi seperti Ice Lake, sehingga kamu membutuhkan GPU tambahan untuk bermain game ataupun editing video yang berat.

Selain itu, Comet Lake juga masih menggunakan arsitektur 14nm seperti prosesor Intel generasi sebelumnya.

Alasan Membeli Laptop Berprosesor Intel Generasi Ke-10

Secara umum, jelas Intel generasi terbaru ini (Ice Lake dan Comet Lake) memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Tidak hanya dari kecepatan performa yang meningkat, saya akan berikan informasi secara mendalam apa saja alasan-alasan yang membuatmu harus beli laptop dengan prosesor ini!

 

1. Prosesor 10nm Pertama

Ice Lake mendapatkan lebih banyak sorotan ketimbang Comet Lake. Alasannya karena, ini adalah prosesor 10nm pertama yang diproduksi oleh Intel. Semenjak prosesor generasi keenam (Sky Lake), Intel seolah terlihat macet dengan prosesor 14nm karena generasi ketujuh, kedelapan, dan kesembilan masih menggunakan arsitektur yang sama.

Memilki komponen yang lebih kecil, artinya akan lebih banyak transistor yang terpasang. Dengan kata lain, kinerja prosesor pun akan meningkat. Dengan prosesor yang lebih kecil, produsen laptop juga bisa membuat perangkat yang lebih tipis dan ringan tanpa perlu mengorbankan daya kinerja.

 

2. Mendukung Memori yang Lebih Cepat

 Perubahan yang mendapatkan banyak respon positif dari Intel Gen 10 adalah dukungan RAM LPDDR4X. Dengan RAM terbaru ini, memory bandwidth bisa lebih kencang sekitar 50% sehingga akan meningkatkan kinerja aplikasi dan game.

Keuntungan lain yang akan didapatkan adalah bertambahnya jumlah memori yang mampu digunakan. Pada LPDDR3, maksimum RAM yang bisa digunakan adalah 16GB. Dengan LPDDR4X, jumlah tersebut bisa bertambah.

 

3. Mesin Grafis yang Terintegrasi

Khusus untuk seri Ice Lake, prosesor ini telah dibekali dengan mesin grafis yang telah terintegrasi dan disebut sebagai Intel Iris Plus. Kinerja grafis dari laptop yang tidak dibekali dengan GPU khusus akan sangat tertolong dengan adanya Intel Iris Plus. Baterai pun juga menjadi lebih irit.

Mesin grafis terintegrasi akan meningkatkan kinerja gaming. Bahkan, kamu bisa memainkan game Fortnite tanpa perlu membeli GPU tambahan. Selain gaming, Intel Iris Plus juga sudah mampu dimanfaatkan untuk penyuntingan video 4K hingga pemrosesan gambar dengan resolusi tinggi.

 

4. Performa Lebih Cerdas

Intel tidak hanya meningkatkan performa laptop menjadi lebih kencang. Mereka juga menggunakan artificial intelegence yang membuat prosesor bekerja lebih cerdas dan efisien. Contohnya, Ice Lake yang telah dilengkapi dengan fitur Intel Deep Learning Boost yang akan mempercepat jaringan saraf (neural networks) pada CPU.

Dengan fitur ini, prosesor akan memaksimalkan responnya terhadap tugas-tugas intensif seperti peningkatan gambar otomatis, pengindeksan foto, hingga efek photorealistic. Intel mengklaim dengan fitur ini, prosesor mereka akan memberikan peningkatan kerja hingga 8 kali lebih kencang dibandingkan kompetitor.

Ada juga fitur Intel Gaussian & Neural Accelerator (GNA). Fitur ini merupakan mesin khusus untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang dan mampu mengurangi konsumsi baterai.

 

5. Konetivitas Terbaru

Konektivitas yang lebih luas juga menjadi daya tarik Intel Gen 10 ini. Ice Lake dan Comet Lake mampu membaca hingga empat port Thunderbolt 3. Artinya, pengguna bisa menghubungkan lebih banyak perangkat eksternal.

Apalagi, Thunderbolt 3 mampu empat kali lebih kencang dibandingkan dengan USB3.1. Intel Gen 10 juga telah mampu terintegrasi dengan Wi-Fi 6 yang menjanjikan kecepatan internet yang lebih ngebut.

 

Laptop Yang Menggunakan Intel Generasi Ke-10

 

Kalau kamu memang mengincar laptop dengan performa tinggi, prosesor terbaru dari Intel ini sudah ada beberapa laptop yang dikonfirmasi akan menggunakannya. Diantaranya,  HP Joy XGen, HP Pavilion, Acer Aspire, Lenovo Thinkbook, Lenovo Ideapad, HP Envy, DELL Inspiration, ASUS ZenBook, MSI, dan HP Probook.

Laptop-laptop tersebut merupakan laptop yang dapat kamu beli di JD.id. Kenapa harus berbelanja di JD.id? Hal ini karena JD.id, memberikan penawaran menarik untuk kamu yang ingin mengganti laptop karena kamu membutuhkan gadget yang super canggih dan cepat untuk melangsungkan aktifitas sehari-hari kamu. Belanjakan sekarang juga laptop di JD.id harga mulai dari Rp 6.749.000 dan dapatkan juga extra kupon hingga Rp 400.000. Hanya di JD.id #DijaminORI

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here