3 Cara Memasak Beras Shirataki yang Mudah untuk Diet

0
3787
Beras Shirataki - JD.ID

Pembahasan terkait beras shirataki belakangan ini mulai populer dikalangan pegiat diet. Karena beras shirataki dipercaya ampuh menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi beras ini tetapi bingung mencoba, beberapa cara memasak beras shirataki berikut bisa kamu aplikasikan. Tapi sebelumnya, kita cari tahu dulu yuk seputar beras shirataki.

Apa itu beras shirataki?

Apa itu beras shirataki - JD.ID
Sumber: Freepik

Beras shirataki adalah beras rendah kalori yang berasal dari umbi konjak yang mengandung serat alami glukomanan. Ini sejenis serat makanan yang mudah larut dalam air. Kalori beras shirataki tergolong rendah. Berdasarkan informasi dari Carb Manager diketahui bahwa 1 porsi beras shirataki atau konjak hanya mengandung 10 kalori saja dan dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Engga heran ya, beras ini banyak dikonsumsi untuk diet. Di samping itu, ternyata beras shirataki juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk meningkatkan serat dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Cara memasak beras shirataki yang mudah

Cara memasak beras shirataki - JD.ID
Sumber: Flickr

Sebelum memulai memasak beras shirataki Kamu juga perlu tahu terkait tekstur dari beras ini. Pada dasarnya beras shirataki merupakan mie yang dipotong-potong menyerupai nasi. Akan tetapi, teksturnya tidak bertahan sama seperti nasi biasa. agak sedikit kenyal dan rasanya hambar. demikian, beras ini bisa dengan mudah menyatu dengan rasa makanan. Sehingga kamu akan terbiasa mengonsumsinya layaknya nasi biasa.

Ada beberapa metode memasak beras konjak. Baik itu di rebus di dalam panci , di masak di wajan atau menggunakan rice cooker . Kamu bebas memilih metode mana yang paling mudah dilakukan.

Cara memasak beras shirataki di panci

  • Bersihkan dulu beras shirataki di bawah air yang mengalir.
  • Setelah itu rebus di dalam air yang mendidih selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan mulai terlihat perubahan warna.
  • Angkat dan sajikan. Beras shirataki akan mengembang 4-5 kali lipatnya.

Cara memasak beras shirataki di wajan

  • Bersihkan beras shirataki di bawah air yang mengalir dan tiriskan selama beberapa menit.
  • Pindahkan beras tadi ke dalam wajan lalu di aduk merata menggunakan sodet di bawah api yang rendah. Perhatikan agar jangan sampai beras shirataki gosong.
  • Setelah dirasa cukup kering dan menguapkan semua udara di dalamnya, kemudian tambahkan minyak zaitun, lada hitam dan garam.
  • aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Untuk hasil yang lebih lezat kamu bisa menambahkan kecap atau saus sesuai selera.

Cara memasak beras shirataki di rice cooker dengan perbandingan 1:3

  • Bersihkan 1 gelas beras shirataki di bawah air mengalir
  • Beras Penanak nasi Ke hati Panci tersebut
  • Tambahkan air 3 gelas dan tunggu hingga kurang lebih 30 menit
  • Nasi shirataki siap dihidangkan

Itulah beberapa cara mudah dalam memasak beras shirataki yang bisa kamu coba. Untuk mendapatkan beras ini kamu bisa melalui platform e-commerce atau di swalayan. Meskipun memang untuk harga beras shirataki sendiri tergolong cukup mahal ada dikisaran seratus ribu lebih untuk 1 kg. Bagaimana tertarik untuk mencoba?