4 Peralatan Olahraga Yoga yang Wajib dimiliki Pemula

0
1427
4-Peralatan-Olahraga-Yoga-yang-Wajib-dimiliki-Pemula-jd.id
Source: Pixabay

Olahraga yoga bagi pemula sangat baik untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ini merupakan jenis olahraga yang aktif dan intens sehingga bisa membakar kalori lebih banyak. Selain itu, dengan melakukan olahraga ini juga bisa membantu mencegah terjadinya obesitas.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, setidaknya kamu harus melakukan latihan yoga selama 1 jam dalam 3-5 kali dalam Seminggu. Sayangnya, olahraga ini tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Untuk awalan mungkin kamu perlu mengikuti kelas pelatihan yoga. Mengingat beberapa gerakannya yang sulit dilakukan.

Selain itu, bagi kamu para pemula yang ingin mencoba olahraga ini, sebaiknya memiliki peralatan olahraga yoga yang lengkap. Untuk memudahkan kamu mengikuti sesi latihan. Adapun perangkat yoga di antaranya:

1. Matras Yoga

matras -JD.ID
Source: JD.ID

Matras Yoga atau Yoga Mat adalah peralatan latihan yoga yang paling penting. Sebagaimana kita ketahui bahwa gerakan yoga sebagian besar dilakukan dengan cara duduk atau berdiri di lantai.

Oleh karena itu, diperlukan matras yoga untuk menahan tubuh supaya tidak tergelincir ketika melakukan gerakan. Di samping itu, ada juga kegunaan lainnya dari matras yoga yakni:

  • Sebagai pegangan tangan dan kaki saat latihan.
  • Mudah dibersihkan apalagi sejak pandemi setiap orang harus memiliki yoga mat sendiri.

Dalam memilih matras yoga yang bagus pilihlah matras dengan ukuran sekitar 1/8 inchi dengan ketebalan sekitar 3.175 mm. Umumnya matras yang lebih tebal bisa digunakan lebih lama dari pada matras yang tipis dengan material yang berasal dari PVC atau karet.

2. Pakaian Yoga

Pakaian - JD.ID
Source: Kompas

Hal lain yang dibutuhkan adalah pakaian yoga. Dengan menggunakan pakaian yang sesuai ini bisa memudahkan kamu dalam berlatih yoga. Memungkinkan kamu melakukan gerakan yoga tanpa dibatasi oleh pakaian yang salah kostum.

Adapun hal yang penting dalam memilih pakaian yoga adalah memperhatikan beberapa hal:

  • Aspek kenyamanan: Dengan tidak memilih pakaian yang terlalu longgar ataupun ketat.
  • Memilih pakaian yang dapat menyerap keringat yang membuatmu tetap sejuk mesti berolahraga. Beberapa ada yang menggunakan atasan tank top atau celana yoga dengan saku jala. Hindari menggunakan material kain kapas yang bisa menghambat pertukaran udara dan membuat lembab.
  • Pilihlah juga pakaian yoga yang bertekstur fleksibel. Yang memungkinkan kamu untuk meregang, membungkuk, berguling dan sebagainya. Biasanya bahan ini memiliki kadar kain spandek sebanyak 15 persen.

3. Celana Yoga

Celana- JD.ID
Source: JD.ID

Peralatan olahraga yoga lainnya yang sebaiknya dimiliki oleh pemula adalah legging atau celana yoga. Pilihlah legging yang berpinggang tinggi dan dapat menyerap kelembaban. Usahakan memilih ukuran celana yoga yang pas tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.

Umumnya celana yoga biasanya juga akan lebih lembut dan tipis serta sangat nyaman untuk digunakan.

4. Tali Yoga

Tali yoga - JD.ID
Source: JD.ID

Tali yoga merupakan peralatan yoga yang biasanya dipakai untuk merganggkan badan atau bagian tubuh secara fleksibel. Jika kamu seorang pemula yang memiliki badan sedikit kaku, sangat cocok untuk memiliki tali yoga ini untuk melatih tubuh menjadi lebih lentur.

Gunakalah bantuan tali yoga ini untuk melakukan gerakan yang cukup sederhana. Contoh gerakan duduk dengan merenggangkan kaki pada tali yoga tersebut. Di sisi lain kamu bisa meletakkan strap ini pada bagian tubuh lainnya seperti pinggul, lutut atau bokong.

Itulah beberapa peralatan olahraga yoga bagi pemula yang sebaiknya kamu miliki. Semakin meningkat keahlianmu, tentunya kamu akan semakin menambah koleksi perlengkapan lainnya. Seperti balok yoga, balon yoga, busa rol, pistol pijat, bantal meditasi dan sebagainya. Yang bisa kamu dapatkan ketika tingkat latihan yoga kamu lebih profesional.

Jika saat ini kamu sedang mencari berbagai peralatan olahraga yoga di atas. Jangan ragu, untuk menemukannya di katalog khusus Yoga yang JD.ID miliki. JD.ID menjual berbagai macam keperluan yoga yang kamu butuhkan dengan harga murah dan koleksi terlengkap.

Apalagi di bulan Februari ini JD.ID memberikan diskon sebesar 80 persen dan voucher hingga 50 ribu dalam program bertajuk Rabu Glowup untuk setiap pembelian produk beauty, fashion dan sport. Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan perlengkapan yoga yang kamu perlukan, sekarang!

Belanja di JD.ID produk #DijaminOri