5 Ide Lomba Agustusan yang Membuat Tubuh Lebih Aktif Bergerak

0
357
5 Ide Lomba Agustusan yang Membuat Tubuh Lebih Aktif Bergerak- JD.ID
Source: Liputan 6

Berbicara tentang lomba Agustusan, pasti yang terbayang di benak Sahabat JD adalah jenis lomba seperti makan kerupuk, tangkap belut, memasukkan pensil ke botol dan sebagainya. Rata-rata tujuan perlombaan tersebut untuk melatih ketangkasan, kecermatan hingga ke kekompakan.

Tapi di luar itu, ada juga lho lomba 17 Agustus di beberapa daerah yang unik serta membutuhkan fisik yang prima, karena memungkinkan peserta untuk berlatih rutin setiap harinya.

Penasaran ingin tahu apa saja lomba tersebut? Berikut daftar lombanya untukmu, di mana ini tak hanya menghibur, tapi juga bisa menyehatkan tubuh karena aktivitas yang dilakukan. Yuk, langsung saja kita simak satu persatu!

Baca Juga: Inspirasi Ide Membuat Permainan Seru Bersama Keluarga

Daftar Lomba Agustusan yang Bisa Membantu Fisik Lebih Sehat 

Daftar Lomba Agustusan yang Bisa Membantu Fisik Lebih Sehat - JD.ID
Source: Bisnis.com

Sebagai negara yang besar, tiap daerah di Indonesia memiliki tradisi yang khas dalam perayaan 17-an. Yang mana para pesertanya beragam ada yang tua hingga muda.

Biasanya yang muda memiliki tubuh yang sehat dan mampu berpartisipasi dalam lomba 17-an yang memerlukan endurance yang tinggi.

1. Lomba Dayung Perahu Naga Banjarmasin

Lomba Dayung Perahu Naga Banjarmasin - JD.ID
Source: Kumparan.com

Sebagai kota seribu sungai, warga Banjarmasin sudah terbiasa menggunakan dayung untuk melakukan transportasi. Kebiasaan inilah yang kemudian menginspirasi masyarakat di sekitar sungai Martapura membuat perlombaan 17 an dengan nama lomba Dayung Perahu Naga.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 1924 yang selalu dilaksanakan di momen 17 Agustus, tujuannya adalah untuk melestarikan Jukung, bahasa lokal untuk dayung pada bahasa setempat.

Adapun untuk pesertanya kebanyakan diikuti oleh anak kecil sampai dewasa, dengan 10-11 orang mendayung dan 1 orang ditengah sebagai penabuh drum. Nantinya yang menang dalam perlombaan ini adalah mereka yang bisa mencapai garis finish dengan cepat.

Tentunya untuk mengikuti lomba ini dibutuhkan kekuatan fisik berupa otot lengan yang kuat karena kamu harus mendayung dengan cepat bersama anggota lainnya. Tidak heran lewat perlombaan ini banyak tumbuh bibit atlet dayung yang baru di tingkat nasional.

2. Lomba Agustusan Pacuan Kuda, Aceh

Lomba Agustusan Pacuan Kuda, Aceh
Source: Lintas Gayo

Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kebiasaan melakukan lomba pacuan kuda juga menjadi acara yang lazim ditemui di Gayo.

Perhelatan ini sebenarnya merupakan warisan Belanda, tapi kini sudah dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai bukti perjuangan masyarakat dalam meraih kemerdekaan.

Pesertanya pun beragam, tidak hanya berasal dari Aceh, tapi juga datang dari Sumatera Barat hingga Sumetera Selatan. Untuk menjadi juara dalam perlombaan ini, tentunya peserta harus melakukan latihan kuda secara terus menerus agar bisa memacu kuda lebih cepat.

Diperlukan setidaknya kekuatan kaki, otot hingga punggung yang kuat untuk menjadi peserta pacuan kuda. Bahkanjika rajin berlatih, kamu juga bisa mendapatkan postur tubuh yang lebih bagus.

3. Peresean, Lombok

Peresean, Lombok- JD.ID
Source: Adira.co.id

Salah satu lomba Agustusan yang unik juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), berupa lomba peresean. Event ini mempertemukan para jagoan untuk bertarung adu kekuatan dan ketangkasan.

Tidak menggunakan tangan kosong, biasanya para peserta duel menggunakan perisai dari kulit sapi dan senjata dari rotan, sambil berpakaian khas setempat.

Adapun makna dari perlombaan ini tak hanya sekedar jago menumbangkan lawan, tapi juga menumbuhkan sikap ksatria dan sportivitas yang tinggi.

4. Lari Obor Estafet, Semarang

Lari Obor Estafet, Semarang- JD.ID
Source: Pemerintah Semarang

Lari obor estafet jadi salah satu lomba lari yang rutin digelar ketika Agustusan di Semarang. Diikuti oleh para atlet daerah setempat, biasanya lomba lari estafet ini dilaksanakan pada malam hari untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bertempat di Kelurahan Papandayan Kecamatan Gajah Mungkur, acara olahraga ini telah berlangsung selama puluhan tahun. Filosofinya adalah untuk menggelorakan semangat kemerdekaan, membangun rasa nasionalisme, serta mengenang semangat pahlawan yang berkorban untuk Indonesia.

Dengan kegiatan positif ini tidak hanya sehat mental yang didapat, tapi juga sehat fisik karena aktivitas lari yang dilakukan, ibarat istilah ‘sekali mendayung dua tiga pulau terlampui’.

Baca juga: 5 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik yang Nyaman digunakan, Patut Dimiliki Salah Satunya! 

5. Lomba Bola Voli dengan Net Tertutup

Lomba Bola Voli dengan Net Tertutup- JD.ID
Source: Tribun News

Salah satu inspirasi lainnya lomba Agustusan yang mungkin bisa kamu terapkan untuk sekedar hiburan dan olahraga, yakni lomba voli net tertutup. Keseruan dari lomba ini sudah terbayangkan, di mana kamu akan sedikit sulit mengembalikan bola yang dilempar oleh lawan.

Justru kesulitan inilah yang mungkin bisa membuat suasana jadi lebih seru dan menegangkan. Apalagi kamu juga bisa berkeringat lebih banyak dengan mengikuti acara yang satu ini.

Di luar lima lomba Agustusan di atas, sebenarnya masih ada beberapa lomba yang memungkinkan kamu melakukan aktivitas fisik lebih banyak, seperti lomba panjat pinang yang memerlukan bahu dan kaki yang kuat untuk menopang tubuh kawan.

Lalu juga ada lomba balap karung yang menuntut dengkul tangguh agar bisa melompat lebih cepat. Nah kira-kira dari lima acara di atas mana yang paling kamu sukai dan memungkinkan untuk berlatih fisik dengan baik?

Dengan mengikuti acara tersebut, ini bisa sangat bagus untuk membiasakan diri banyak bergerak, berkeringat serta turut membangun rasa nasionalisme.

Adapun jika kamu butuh outfit yang sesuai untuk mengikuti lomba 17-an, kamu bisa memilih berbagai pakaian olahraga yang tersedia di JD.ID. Dengan memakai pakaian ini, kamu akan lebih nyaman, tidak gerah dan leluasa bergerak.

Di samping itu, jika membutuhkan sepatu olahraga kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di JD.ID. Pasalnya sepatu olahraga sangat layak untuk dipakai lomba Agustusan karena butuh sol yang solid agar kaki tidak mudah sakit.

Dengan berbelanja di JD.ID dapatkan beragam keuntungan belanja online karena di sini sudah mendukung pembayaran di tempat, proses pengiriman cepat hingga GRATIS Ongkir. Yuk, di check out sekarang juga beragam keperluan yang kamu butuhkan!