5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Ini Gerakannya!

0
12683
5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Ini Gerakannya!
Foto: newsmedia.co.id

Mengetahui beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit ternyata penting, lho! Pasalnya, gerakan tersebut akan membantumu membakar lemak berlebih yang tertimbun, akibat banyak mengonsumsi makanan berlemak, terutama saat hari raya Idul Fitri.

Perut buncit sendiri tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Contohnya seperti darah tinggi, diabetes, fatty liver, jantung, stroke, dan kanker tertentu.

Baca Juga: Olahraga Renang Saat Puasa Apakah Diperbolehkan? Berikut Ulasannya!

Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu perlu melakukan olahraga dengan beberapa gerakan yang dikhususkan untuk mengecilkan perut buncit. Lantas, apa saja gerakan tersebut? Daripada penasaran, yuk langsung simak bersama-sama ulasan berikut ini.

5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Buat kamu yang bermasalah dengan perut buncit dan ingin mengecilkannya, saat ini ada banyak jenis olahraga dan gerakannya yang efektif untuk dilakukan. Misalnya, kamu bisa jogging, berenang, senam aerobik, zumba, yoga, dan pilates.

Dari semua jenis olahraga itu, kamu bisa memilih satu di antaranya sesuai keinginan dan kemampuan. Namun, selain itu kamu juga bisa melakukan olahraga kardio, dengan beberapa gerakan yang ditujukan untuk mengecilkan perut, seperti berikut ini.

1. Crunches

Crunches
Foto: cnet.com

Gerakan olahraga pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu crunches. Jika dilihat sekilas, gerakan ini sangat mirip dengan sit-up, namun kamu hanya perlu mengangkat tubuh bagian atas, yaitu kepala dan bahu.

Untuk bisa mengecilkan perut, biasanya gerakan ini dilakukan sebanyak 10 – 20 kali. Caranya, yaitu dengan berbaring layaknya posisi sit-up, lalu tangan diletakkan di atas paha.

Apabila posisi tersebut sudah benar, kamu bisa langsung mengangkat kepala dan bahu hingga setinggi kurang lebih 8 cm dari lantai. Tahan beberapa detik sembari mengatur napas dengan baik, agar tidak cepat lelah.

2. Sit-up

Sit-up
Foto: womenshealthmag.com

Gerakan olahraga selanjutnya, yaitu sit-up. Ini adalah salah satu jenis gerakan yang tak hanya mampu mengecilkan perut buncit, namun juga mampu menguatkan dan mengencangkan otot perut.

Umumnya, kamu melakukan gerakan ini sebanyak satu set, yaitu 10 kali dan mengulanginya hingga dua sampai tiga set per hari untuk mendapatkan hasil optimal. Namun, itu juga dipengaruhi oleh benar atau tidaknya gerakan yang dilakukan.

Karena pertama, kamu harus berbaring di lantai dalam posisi telentang, lalu lutut ditekuk, dan angkat badan secara perlahan ke arah lutut sambil mengembuskan nafas.

Setelah itu, kamu bisa langsung menurunkan kembali lutut ke lantai sambil menarik napas. Semua itu mungkin terbayang mudah untuk dilakukan, namun yang pasti akan sangat memakan tenaga.

3. Side Plank

Side Plank
Foto: westend61.de

Gerakan ketiga, yaitu side plank. Meski namanya sama-sama plank, namun salah satu gerakan yoga ini dilakukan dengan cara menggunakan dua titik, yaitu kaki dan siku untuk menopang bobot tubuh.

Dengan melakukan gerakan ini, nantinya otot inti tubuh akan bekerja lebih keras. Sehingga, otot perut dan punggung akan semakin kuat, untuk menjaga kekuatan tulang belakang saat kamu mulai mengangkat pinggul.

Baca Juga: 7 Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan, Apa Saja?

4. Plank Sebagai Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Plank Sebagai Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Foto: medium.com

Menjadi salah satu gerakan olahraga untuk mengecilkan perut, plank dilakukan dengan cara memposisikan tubuh menelungkup, lalu meletakkan lengan di samping badan dan siku tertekuk. Setelah itu, kencangkan otot perut dan angkat badan dengan bertumpu pada lengan bawah dan jari kaki.

Jika posisi tersebut sudah benar, pastikan juga bagian kepala, punggung, dan tumit berada pada satu garis lurus. Nah, untuk mendapatkan hasil optimal, kamu bisa melakukannya secara rutin dengan durasi minimal 20 – 30 detik.

5. Flutter Kick

Flutter Kicks
Foto: openfit.com

Terakhir ada flutter kick. Gerakan ini biasanya dilakukan untuk mengencangkan otot, sekaligus mengecilkan perut bagian bawah, dengan cara memposisikan tubuh terlentang di atas alas atau matras.

Setelah itu, posisikan telapak tangan menghadap bawah dan ganjal di bawah bokong. Jika sudah, tarik bagian tengah tubuh, lalu angkat kedua kaki dalam posisi lurus sampai melayang di atas lantai.

Pertahankan posisi perut agar tetap tegak, dan kaki lurus untuk beberapa waktu sejenak. Kemudian, tendang dengan cepat kaki kiri dan kanan secara bergantian, serta naik turun untuk beberapa kali.

Dalam melakukan gerakan tersebut, pastikan punggung tetap menempel di lantai, agar otot-otot perut terlatih dengan baik. Bagaimana, kini sudah terbayang kan betapa mudahnya melakukan gerakan ini?

Jadi, buat kamu yang ingin mengecilkan perut, bisa melakukan beberapa gerakan tersebut agar nantinya hasil yang didapatkan optimal. Sebab, kelima gerakan itu diketahui sangat efektif  untuk dilakukan, dibandingkan gerakan olahraga lainnya.

Hanya saja, sebelum melakukan gerakan itu, kamu perlu memiliki sejumlah peralatan olahraga, untuk menunjang aktivitas berlangsung lancar. Adapun peralatan tersebut, di antaranya yaitu kaus olahraga, matras olahraga, sepatu, dan lain sebagainya.

Semua peralatan itu, saat ini bisa kamu temukan dengan mudah dan cepat secara online, salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Karena di sini, pilihan produk yang tersedia lengkap dan beragam.

Dengan begitu, kamu bisa memilihnya sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada. Lalu agar lebih hemat, kamu bisa membelinya menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan nol persen.

Dengan semua promo itu, kegiatan belanja jadi semakin menyenangkan, terlebih produk-produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel, dengan memilih satu metode yang ingin digunakan, baik itu transfer bank, e-money, atau COD.

Bagaimana, sangat mudah kan berbelanja di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!