Apa itu Foto Bokeh dan Bagaimana Teknik Memotretnya

0
716
Foto Bokeh kamera
Source: Pixabay

Fotografi merupakan kegiatan yang banyak diminati dan mudah dipelajari di era yang serba digital ini. Sebelum mempelajarinya lebih lanjut, ada beberapa istilah yang harus kamu ketahui dalam dunia fotografi. Salah satu istilah yang perlu kamu tahu adalah foto bokeh. Kata bokeh berasal dari Bahasa jepang yaitu “boke” yang memiliki arti blur atau buram.

Foto bokeh ini sangat identik dengan hasil gambar yang fokus dan tajam terhadap objek atau subjek tetapi memiliki latar belakang yang blur atau buram. Tingkat kesulitan untuk mendapatkan bokeh yang maksimal bisa dibilang susah-susah gampang, karena ada beberapa penyesuaian yang perlu kamu lakukan. Untuk mendapatkan hasil gambar bokeh yang tajam, kamu bisa menerapkan beberapa teknik berikut ini.

Tips untuk Mendapatkan Foto Bokeh

Hasil yang bokeh bisa kamu dapatkan dengan memperhatikan beberapa hal seperti, aperture, focal length, dan jarak objek. Berikut pembahasannya.

1. Perhatikan Bukaan Lensa

Tips Foto Bokeh
Source: Wikipedia

Bukaan lensa atau aperture adalah ukuran seberapa besar bukaan iris pada lensa yang diukur dengan f number. Untuk mendapatkan hasil bokeh yang maksimal kamu bisa menggunakan ukuran f-number yang paling kecil dari lensa yang kamu gunakan. Contoh f/1.2 atau f/1.4

2. Tentukan Focal Length pada Lensa

Source: Pixabay

Secara sederhana Focal Length adalah kapasitas zoom yang dimiliki oleh lensa, yang ditentukan dalam satuan mm. untuk mendapatkan foto yang bokeh kamu harus menggunakan focal length terpanjang dari lensa yang kamu gunakan.

3.  Atur Jarak Objek untuk Mendapat Foto Bokeh

Untuk mendapatkan gambar yang bokeh, kamu harus mengatur dua hal terkait jarak objek. Yang pertama kamu harus mendekatkan lensa ke objek atau subjek yang akan kamu foto untuk mendapatkan hasil objek yang tajam. Kedua, kamu harus menjauhkan objek dari latar belakang karena semakin jauh objek dari latar belakangnya maka akan semakin kabur/bokeh latar foto yang dihasilkan.

4. Tentukan Titik Focus yang Tepat

titik focus foto bokeh
Source: Infofotografi

 

Foto bokeh yang bagus adalah foto yang memiliki fokus tajam terhadap objeknya, untuk itu kamu bisa menentukan titik fokus kepada bagian objek agar lebih terlihat jelas. Jika kamu memotret manusia, kamu bisa meletakkan titik focus pada mata model yang sedang kamu foto.

5. Gunakan Lensa Fix untuk Foto Bokeh yang Maksimal

Source: Pixabay

Penggunaan lensa fix bisa membantu kamu untuk mendapatkan hasil bokeh yang maksimal. Karena lensa fix hanya memiliki satu focal length saja, dan biasanya memiliki aperture atau bukaan lensa yang besar.

Jika kamu melakukan tips-tips diatas dengan benar, kamu pasti bisa mendapatkan foto dengan hasil yang bokeh. Namun semua hal tersebut bisa kamu lakukan jika memiliki perlengkapan kamera yang memadai.

Jika kamu belum memiliki kamera, lensa atau beberapa aksesoris kamera lainnya. kamu tidak perlu sedih karena kamu bisa membelinya dengan belanja online di JD.ID. disini kamu bisa menikmati promo diskon potongan harga, cashback hingga gratis ongkir keseluruh Indonesia. Kamu juga tidak perlu khawatir karena semua barang yang di jual disini #DijaminORI. Yuk belanja di JD.ID. Sekarang!