BNIB adalah Brand New In Box, Begini Penjelasannya!

0
66689
BNIB adalah Brand New In Box, Begini Penjelasannya-jd.id

Dalam pembelian barang e-commerce, kita kerap kali mengenal BNIB. Istilah BNIB adalah istilah lama yang biasanya digunakan dalam ranah perdagangan online. Umumnya istilah ini oleh seller dicatat dalam deskripsi produk. Dan pada beberapa produk juga istilah ini tertulis di dalam box.

Mungkin dari kamu juga ada yang berpikiran, apakah artinya barang BNIB merupakan barang asli atau KW? Untuk membahasnya lebih jelas, satu persatu istilah tersebut akan kita kupas. Agar kamu sebagai pembeli bisa lebih mengenal jenis produk yang dibeli.

Apa Itu BNIB?

Apa itu BNIB- Jd.id
Source: Behance.net

BNIB adalah akronim dari istilah bahasa asing yakni Brand New in Box (BNIB). Ini mengacu pada produk yang dijual dan belum pernah dibuka sama sekali serta masih memiliki kemasan asli seperti dari pabriknya langsung.

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Sneakers Branded Dengan Harga Murah

Dengan kata lain BNIB adalah produk asli produsen atau merek. Istilah ini sebenarnya mirip dengan sebutan “Brand New with Tag (BNWT)”, ya, dalam deskripsi di aplikasi e-Bay istilah ini biasanya dipakai oleh penjual. Untuk memberitahukan kepada konsumen kondisi barang yang dijual.

Sederhananya ‘Brand New with Tag’ adalah produk yang masih memiliki label atau bisa dikatakan baru serta dipastikan jika produk tersebut belum pernah digunakan.

Kebanyakan produk yang mencatumkan istilah BNIB atau BNWT mencakup produk dengan kategori pakaian, sepatu, aksesoris, perhiasan, jam tangan dan aksesori olahraga.

Istilah Lain untuk Kondisi Barang yang dijual di e-Commerce

Istilah Lain untuk Kondisi Barang yang dijual di e-Commerce- jd.id
Source: Nortbeachchert

Tidak hanya dua istilah itu saja yang bisa memberitahukan kondisi produk kepada konsumen, tapi ada juga istilah lainnya. Melansir dari sumber e-Bay dan beberapa sumber lainnya, berikut istilah lain yang sejenis dengan BNIB.

1. BNWB

Bisa dibilang kebalikan dari BNIB adalah BNWB. Ini merupakan akronim dari Brand New With Replace Box, mengacu pada istilah produk yang dipakai untuk menggambarkan kondisi barang yang baru tetapi tidak memiliki dus atau box asli.

Akan tetapi, pada umumnya box akan digantikan dengan box lain atau box dengan merek yang sama.

Istilah ini sebenarnya hampir mirip dengan sebutan ‘Brand New Open Box’ yakni barang dengan kondisi sangat bagus tanpa cacat fungsional. Namun, tidak memiliki kemasan asli karena mungkin telah digunakan untuk pengujian atau demo produk.

3. BNWOT

Istilah kondisi barang selanjutnya yang harus diketahui, yakni sebutan BNWOT (Brand New Without Tag). Apa maksudnya? Ini adalah produk dengan kualitas yang masih baru sebab belum pernah digunakan sama sekali, tapi kekurangannya tidak ada tag atau merek yang tercantum pada produk tersebut.

Kondisi ini bisa terjadi kepada siapa saja. Mungkin setelah membeli dan mencopot mereknya, kamu merasa pakaian atau produk itu tidak cocok untukmu. Sehingga tidak pernah digunakan.

3. BNWOB

Ada juga BNWOB (Brand New without Box) adalah produk yang termasuk baru tapi sayangnya tidak dilengkapi dengan box. Ini biasanya terjadi karena barang tersebut merupakan sisa pabrik.

Walaupun begitu, keuntungannya adalah kamu bisa membeli dengan harga yang lebih murah.

4. BONB

Brand Open New Box atau BONB adalah menunjukkan bila produk sudah pernah dibuka dari kemasan. Adapun tujuan toko membuka produk ini karena untuk mengecek atau memastikan produk tersebut berfungsi dengan baik.

Pemeriksaan ini sifatnya cukup mendasar, contohnya mencolokkan produk tersebut untuk melihat apakah menyala dengan baik atau tidak. Adapun produk yang dilabeli seperti ini lazimnya merupakan produk elektronik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik yang Nyaman digunakan

5. Refurbished

Tidak semua barang online yang dijual itu baru. Ada juga istilah yang mengacu pada barang rekondisi (refurbish). Yang mana awalnya barang ini telah rusak kemudian diperbaiki kembali lantas dijual seperti barang utuh pada umumnya.

6. BLNI

Brand like new inbox mengacu pada item yang sudah dibuka di mana segel dan tag nya mengalami kerusakan tetapi untuk produknya sendiri hampir seperti barang baru.

Mana yang Lebih Baik BNIB atau BNWB?

Mana yang Lebih Baik BNIB atau BNWB? - JD.ID
Source: Karousell.com

Fungsi pemberian segel seperti ini sebenarnya untuk mendidik penjual supaya memasarkan produk lebih jujur. Kendati, kita tidak bisa memastikan secara pasti.

Tapi setidaknya jika memang ada yang menggunakan istilah ini, kamu sebagai konsumen bisa lebih selektif dalam membeli produk.

Adapun jenis kondisi barang yang umum di platform marketplace yang sering dipakai adalah BNIB dan BNWB. Lantas mana yang terbaik?

  • Dari segi kualitas, BNIB memang lebih terjamin dari pada BNWB. Mengingat produk BNIB belum pernah dibuka dan dipakai sama sekali. Sementara BNWB produknya pernah dibuka namun tidak ada jaminan bila produk tersebut belum dipakai dan masih bagus.
  • Dari segi harga, produk BNWB tentunya lebih murah ketimbang BNIB yang merupakan produk asli dan tersegel.

Jadi, dengan perbandingan di atas diharapkan kini kamu bisa mengerti kategori barang yang dijual oleh e-commerce. Dan lebih berhati-hati lagi jangan sampai kamu ingin mendapatkan produk asli malah amsyong. Seperti yang kerap terjadi sulit membedakan sneaker yang asli dan KW karena deskripsi tersebut.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan produk original dari seller yang resmi, JD.ID jawabannya. JD.ID menjual produk resmi dan original dengan kualitas terbaik.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai barang mulai dari fashion, sepatu lari asli, tas, jaket hingga produk elektronik dan rumah tangga yang asli dari produsen.

Dengan membeli di JD.ID kamu juga berkesempatan mendapatkan diskon yang besar. Jadi, bisa membeli produk lebih murah. Tunggu apalagi? Segera beli produk original yang kamu butuhkan di JD.ID sekarang.