Cara Memasang Action Cam di Helm dengan Posisi Terbaik

0
1092
Action Cam Helmet
Source: Improb.com

Action cam atau yang sering disebut kamera aksi, adalah salah satu jenis kamera digital yang berfungsi untuk merekam berbagai aktivitas. Kamera ini memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah digunakan untuk beberapa kegiatan ekstrem ataupun kegiatan outdoor.

Salah satu kegiatan yang sering menggunakan tipe kamera ini adalah kegiatan berkendara dengan motor. Ketika mengendarai motor biasanya kamera ini digunakan sebagai alat keamanan, atau bisa juga digunakan untuk membuat sebuah konten motovlog.

Untuk memenuhi semua keperluan tersebut, kamu harus memasang action cam pada helm kamu yang berguna untuk merekam video ketika berkendara. Agar bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal kamu perlu mengetahui cara memasang kamera aksi dengan benar.

Cara Memasang Action Cam pada Helm

Mendapatkan posisi kamera yang sesuai menjadi hal yang bisa dibilang susah susah gampang untuk di dapatkan. Untuk mendapatkan posisi yang sesuai kamu memerlukan beberapa alat tambahan yang berfungsi untuk mengatur posisi kamera di helm.

1.      Mounting Helm

mounting action cam
Source: Sportys.com

Mounting helm ini merupakan alat yang wajib digunakan untuk mendapatkan posisi action cam yang baik. mounting helm ini memiliki beberapa komponen yaitu, J-hook mounting, dan curved/flat mounting. Alat inilah yang membuat kamera aksi yang kamu miliki bisa menempel dengan sempurna pada helm.

2.      Casing Pelindung

Source: Plazakamera

Seperti namanya barang yang satu ini berfungsi untuk melindungi action cam kamu dari goresan ataupun benturan. Selain berfungsi untuk melindung, barang ini juga berguna untuk menempelkan adaptor mounting yang akan menempel dengan helm.

Penempatan yang Ideal untuk Action Cam

Mendapatkan hasil gambar atau video yang bagus sangat mudah didapatkan jika kamu menempatkan kamera di posisi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa posisi penempatan kamera yang memiliki sudut pandang yang terbaik atau ideal untuk sebuah kamera aksi.

  1. Diatas Helm
Source: Pixabay

Posisi ini merupakan yang paling umum digunakan, dengan posisi ini kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang sempurna. Karena posisi kamera terletak pada bagian tengah dan memiliki posisi yang agak tinggi, akan membuat cakupan gambar yang ditangkap oleh kamera lebih luas.

  1. Posisi Kamera di Dagu
Source: Gridoto

Penempatan kamera pada bagian dagu sangat cocok untuk kamu yang menggunakan helm tipe full face. Dengan penempatan ini kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang mengarah pada cockpit motor.

  1. Posisi Kamera di Samping Helm
Source: Kotakhelm.com

Action cam yang ditempatkan pada posisi ini akan mendapatkan sudut pandang yang lebih mengarah ke jalan. Posisi ini merupakan posisi yang paling mudah untuk dipasangkan kamera, karena biasanya pada bagian samping memiliki permukaan yang lebih datar.

Tips Memasang Action Cam pada Helm

  1. Tips yang pertama adalah kamu harus membersihkan helm terlebih dahulu, terutama membersihkan bagian yang akan ditempelkan mounting kamera. Hal ini berfungsi untuk membuat mounting bisa menempel secara maksimal.
  2. Setelah dibersihkan, barulah kamu bisa menempelkan flat/curved mounting action cam sesuai dengan kondisi helm.
  3. Setelah mounting sudah terpasang, selanjutnya kamu tinggal memasangkan J-hook untuk menempelkan mounting helm dengan kamera.

Nah, itu dia beberapa tips dan cara memasang action cam serta posisi yang paling ideal untuk menempatkan kamera pada helm. Bagi kamu yang sedang mencari sebuah action camera, jangan khawatir karena kamu bisa menemukannya dengan mudah di JD.ID

Dengan belanja di JD.ID selain produknya yang #DijaminORI, kamu juga bisa membeli kebutuhan yang kamu perlu dengan harga terbaik dengan menggunakan promo yang ditawarkan mulai dari cashback, diskon hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Tunggu apa lagi, ayo belanja di JD.ID sekarang.