Cara Membuat Buket Bunga, Uang, dan Snack yang Mudah Dipraktikkan!

0
1112
Cara Membuat Buket Bunga, Uang, dan Snack yang Mudah Dibikin Sendiri
Source: iStock

Alih-alih membeli, lebih baik mencari cara membuat buket sendiri, terutama untuk orang spesial seperti pacar atau teman dekat. Salah satunya yang sedang hits adalah buket bunga korean style. 

Dengan bentuknya yang cantik dan indah, buket ini cocok diberikan saat momen istimewa seperti natal dan tahun baru. Tentunya, agar lebih berkesan kamu bisa membuatnya sendiri. Namun, bila kamu awam, tak usah bingung bisa mengikuti tutorial yang mudah dipraktekan.

Di samping itu, pemberian buket juga tidak hanya sebatas bunga, agar lebih menarik kamu bisa saja memberi buket coklat, buket snack hingga uang untuk momen layaknya pernikah. Agar lebih mengetahui jenisnya simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Ide Hadiah untuk Ibu di Hari Valentine, Dijamin Berkesan!

Jenis- jenis Buket yang Kerap Diberikan Pada Orang Spesial

Seperti dijelaskan di atas ragam buket tidak hanya sebatas bunga, di luar itu kamu bisa mencari inspirasi lain buket yang bisa dipertimbangkan untuk berikan pada orang terkasih. 

1. Buket Uang

Ini salah satu buket yang pastinya diterima dengan senang hati oleh orang yang kamu beri. Buket uang ini bisa kamu sesuaikan jumlahnya dengan kemampuanmu ya! Kamu bisa membentuknya menjadi bunga atau disusun per lembar aja.

2. Buket Boneka

Salah satu hadiah menarik yang bisa diberikan untuk pacar yaitu buket boneka. Kamu bisa menyusun beberapa boneka kecil seperti beruang atau doraemon serta bisa dikombinasikan dengan bunga atau snack ringan.

3. Buket Coklat

Siapa sih ya nggak suka sama coklat? Selain rasanya yang enak, coklat bisa dijadikan hadiah dalam bentuk buket lho. Tampilannya akan makin mewah dan romantis deh untuk kamu berikan kepada pasangan atau teman.

4. Buket Snack

Buket ini berisi cemilan ringan khas Indonesia yang bisa kamu jumpai di supermarket atau minimarket. Hadiah satu ini cukup populer bagi kalangan siswa atau mahasiswa karena sering dijadikan sebagai hadiah dari suatu perlombaan atau permainan.

Cara Membuat Buket Bunga Natal untuk Pasangan

Cara Membuat Buket Bunga Natal untuk Pasangan
Source: Diadona

Ada banyak cara membuat buket bunga natal untuk pasangan. Dari pada membelinya, bikin sendiri jauh lebih berkesan, menghemat uang, dan tentu saja sesuai keinginan. Yuk simak apa aja sih bahan-bahannya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama yang perlu kamu siapkan yaitu mengumpulkan bahan-bahan yang digunakan. Memilih bunga untuk buket menjadi penting dalam menentukan warnanya. Selain itu, ada beberapa alat yang juga diperlukan yuk simak di bawah ini.

  • Bunga Utama

Bunga utama ini terletak di bagian tengah, biasanya memiliki jumlah lebih banyak dan paling menonjol. Kamu bisa memilih berbagai jenis bunga yang terdiri dari satu atau dua tangkai dengan warna berbeda, seperti hijau, kuning atau merah yang berkaitan dengan natal.

  • Bunga dan Daun Pemanis

Bunga ini ada bertujuan untuk menghias tampilan buket agar lebih cantik. Biasanya ukurannya lebih kecil. Tips dalam memilih tumbuhan ini adalah lewat warna-warna yang netral, contohnya. Tambahkan pula daun sebagai pemanis.

  • Hiasan serta Pita

Hiasan dan pita ini tergantung selera yang dipakai untuk mempercantik tampilan buket. Sebagai alas dari daun tersebut, dapat pula menggunakan wrapping paper atau kain spunbond. 

  • Tali Rami dan Gunting

Tali rami diperlukan agar bunga tidak berantakan. Caranya dengan mengikat bunga disertai hiasan pita sebagai pemanis. Kamu juga bisa menggantinya dengan selotip. Sementara, gunting berguna untuk memotong dan merapikan buket.

Baca Juga: Pusing Cari Kado Hari Valentine? Ini Dia 5 Ide yang Tak Biasa!

Cara Membuat Buket Bunga Sederhana

Setelah menyiapkan beberapa bahan di atas, kini saatnya kamu merangkai bahan-bahan tersebut menjadi sebuah kreasi buket yang ciamik. Mulai dari awal hingga selesai.

1. Siapkan Bahan dan Alat

Bahan utamanya tentu bunga. Pilihlah bunga dengan perpaduan warna yang berbeda seperti merah dan putih atau merah dan kuning. Lainnya ada bunga dan daun, hiasan atau pita, tali rami atau selotip dan gunting.

2. Rapikan Setiap Tangkai Bunga

Guntinglah setiap daun yang ada pada tangkai bunga. Bila kamu menggunakan bunga mawar, gunting duri-durinya. Potonglah juga setiap ujung tangkai agar panjangnya sama serta sesuaikan ukurannya.

3. Susun Bunga dengan Tali

Pastikan kamu memilih kombinasi warna yang tepat dengan menyusun bunga utama di tengah dan dikelilingi bunga pemanis serta beberapa tambahan daun atau filler di sisi-sisinya. Jika sudah, ikat dengan selotip atau tali rami.

4. Berilah hiasan

Supaya buket semakin cantik, tambahkan pula hiasan wrapping paper. Posisikan dalam bentuk belah ketupat, letakkan bunga di bagian tengah, lipatlah bagian kanan dan kiri agar tangkai tertutupi. Terakhir, ikat dengan selotip atau tali rami dan tutupi dengan pita. Jadi deh!

Buket Uang Sebagai Hadiah  

Cara Membuat Buket Uang yang Mudah
Insagram: Via Valen

Selanjutnya ada buket uang yang biasanya menjadi hadiah untuk orang terkasih. Cara membuat sebenarnya tidak jauh beda dengan lainnya. Ayo simak dan perhatikan dulu bahan-bahan yang perlu kamu siapkan!

Bahan- bahan yang Diperlukan

Dalam membuat buket uang, ada bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, kamu jangan sampai lupa ya menyiapkan beberapa alat. Yuk intip apa aja sih yang diperlukan dan disiapkan!

  • Uang kertas baru, jumlah dan nominalnya bisa disesuaikan kebutuhan
  • Kawat/tusuk sate
  • Plastik kaca
  • Pita
  • Styrofoam
  • Selotip dan gunting
  • Kertas pembungkus, bisa kertas craft atau wrapping paper
  • Daun dan bunga plastik atau tiruan sebagai hiasan

Cara Membuat Buket Uang yang Mudah

Setelah membeli dan menyiapkan bahan dan alat-alat untuk membuat buket uang tersebut, berikutnya marilah membuatnya bersama-sama.

  1. Bungkuslah uang kertas dengan plastik kaca satu per satu.
  2. Lalu, lipat ujung kertas menjadi setengah panjang (bentuk lipatan horizontal ke bagian tengah).
  3. Gulung tepi luar uang kertas sehingga menjadi kerucut atau corong.
  4. Ambilah kawat/tusuk sate dan masukkan ke dalam corong uang kertas. Lakukanlah satu per satu pada uang kertas.
  5. Susunlah uang tersebut misalnya dengan menyerupai bentuk piramida dengan menusukkan kawat/tusuk sate ke styrofoam.
  6. Kamu bisa menambahkan aksesoris seperti daun dan bunga plastik pada bagian depan uang kertas atau sisi kanan kirinya.
  7. Selimuti uang dengan kertas pembungkus, kamu bisa menyesuaikan modelnya dengan keinginanmu. Gunting dan bentuk dengan rapi ya!
  8. Terakhir, hias buket uang dengan mengikatnya dengan pita pada bagian tangkai.

Buket Snack atau Kue Gampang Dibuat

Buket Snack atau Kue Gampang Dibuat
Source: JD.ID

Terakhir, ada rekomendasi buket snack atau kue yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hadiah kepada pacar, sahabat, atau saudara. Berikut ini bahan-bahan, alat, dan cara membuatnya yang bisa kamu ikuti!

Bahan-Bahan yang Digunakan

Langkah pertama, ada beberapa bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat buket snack ini. Kamu jangan sampai lupa juga menyiapkan alat. Secara rinci, simaklah sesuai petunjuk berikut!

  • Aneka ragam snack
  • Kertas kado berwarna
  • Pita serut
  • Gunting
  • Lem perekat, selotip, dan lem tembak
  • Kardus bekas atau kertas karton tebal
  • Tusuk sate

Cara membuat Buket Snack

Apabila semua bahan dan alat sudah terkumpul, langkah selanjutnya kamu bisa memulai untuk membuat buket snack. Simak tahapan dan cara-caranya yang begitu mudah dan sederhana.

  1. Pastikan snack yang kamu beli nggak kadaluarsa ya, cek tanggal expirednya! Bersihkanlah menggunakan tisu atau lap basah agar nggak ada debu menempel.
  2. Buatlah bentuk dasarnya menggunakan kardus. Potong polanya dengan gunting.
  3. Tempelkan tusuk sate secara sejajar ke kardus. Gunakan lem perekat agar kuat.
  4. Selanjutnya, tempelkan snack ke bagian tusuk sate tersebut. Atur dengan rapi dan sesuai keinginanmu.
  5. Kamu bisa menempelkan snack dengan lem perekat atau lem tembak.
  6. Kamu juga bisa lho menambahkan bunga atau daun plastik untuk mempercantik di sela-sela snack.
  7. Tahapan berikutnya, ambil kertas kado sebagai pembungkus kardus dan snack yang sudah ditempelkan.
  8. Letakkan kertas kado tersebut di bagian luar kardus dan snack.
  9. Lipatlah bagian luar kertas kado mengikuti bentuk kardus. Serta bagian bawah diikat dengan selotip.
  10. Tempelkan pita serut pada bagian selotip untuk menutupinya. Buket snack jadi deh!

Nah, itulah jenis-jenis dan cara membuat buket bunga, uang serta snack yang tentunya mudah kan? Kamu bisa membuatnya sendiri dan berikan hadiah spesial ini kepada pacar, sahabat atau saudara.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menemukan berbagai macam bahan yang diperlukan dengan membeli di platform belanja online JD.ID. Di sini beragam pilihan produk bisa dengan mudah kamu temukan dengan harga terbaik dan pengiriman yang cepat. 

Jadi, jangan ragu berbelanja di JD.ID produk #DijaminORI!