Cara Menghitung Berat Badan Ideal Agar Tidak Obesitas!

0
3719
cara menghitung berat badan ideal
Foto: Freepik

Mengetahui cara menghitung berat badan ideal menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui guna mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Pasalnya, selain dapat meningkatkan percaya diri, memiliki berat badan ideal juga baik untuk kesehatan.

Perlu diketahui kalau kelebihan bobot tubuh dapat berisiko terserang banyak penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, obesitas hingga penyakit jantung. Sedangkan berat badan yang terlalu ringan juga bisa menyebabkan osteoporosis, gangguan pertumbuhan, dan anemia.

Meski begitu, berat badan ideal tidak hanya berpatok pada bentuk tubuh yang ramping semampai karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, baik gender serta tinggi badan.

Baca Juga: 4 Camilan Sederhana untuk Diet, Cuma Modal Chopper!

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal
Foto: Freepik

Terdapat berbagai cara menghitung berat badan ideal yang bisa kamu lakukan dengan mudah, salah satunya yaitu dengan mengimplementasikan rumus Body Mass Index (BMI). 

Metode ini merupakan teknik pengukuran lemak tubuh yang didasarkan dari tinggi dan berat badan seseorang. Untuk melakukan mengetahui berat badan dengan BMI kamu perlu membagi berat badan (kilogram) dengan tinggi badan kuadrat (sentimeter).

Namun, sebelum itu pentingnya kamu mengetahui berat badan ideal yang harus kamu miliki dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Perempuan dan Laki-Laki

Wanita dan pria memiliki komposisi tubuh yang berbeda, itulah kenapa cara penghitungan berat badannya juga berbeda. Simak rumus menghitungnya di bawah ini:

Wanita: Berat badan ideal = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Laki-laki: Berat badan ideal = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]

Contohnya,

Ayu memiliki tinggi badan 165 sentimeter, sedangkan Roni 170 sentimeter. Berapa berat ideal yang harus dimiliki oleh keduanya? Berikut cara menghitungnya:

Ayu: [165-100) – [(165-100) x 15%), 65-9,75 = 55,25 kilogram

Roni: [170-100) – [(170-100) x 10%), 70-7 = 63 kilogram

Dengan menggunakan rumus di atas, berat badan ideal Ayu yaitu 55,25 kilogram dan Roni 63 kilogram.

Baca Juga: Cara Diet Cepat ala Member BLACKPINK, Dijamin Berhasil!

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI
Foto: Freepik

Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada beberapa keterangan mengenai perhitungan berat badan ideal yang perlu kamu ketahui. Yaitu:

  • Angka Body Mass Index normal umumnya berada di kisaran 18,5-25.
  • Jika berada di atas 25, maka disimpulkan kalau kamu memiliki berat badan berlebih. Sedangkan, angka BMI di bawah 18, menandakan berat badan kamu kurang.
  • Apabila sudah melebihi 40, sangat disarankan kamu melakukan penanganan secepatnya karena menunjukkan tanda bahaya.

Lalu, bagaimana cara menghitungnya? Berikut rumusnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Misalnya,

Berat badan kamu 70 kilogram dengan tinggi 160 cm (1,6 meter). Kamu dapat mengalikan tinggi badan dalam kuadrat, yaitu 1,6 x 1,6 = 2,56. Selanjutnya, bagi berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan, 70/2,56 = 27,3. BMI 27,3 termasuk ke dalam kategori gemuk.

Meski demikian, menghitung berat badan dengan rumus BMI ini tidak bisa menjadi indikator, khususnya untuk atlet yang umumnya memiliki otot besar. Selain itu, ibu hamil juga tidak bisa mengaplikasikan rumus ini.

Untuk menjaga berat badan dan terhindar dari risiko obesitas, kamu bisa mengontrolnya dengan mengonsumsi makanan sehat serta rutin olahraga setiap hari.

Agar lebih nyaman dan aman, pastikan kamu menggunakan sepatu lari dan perlengkapan lainnya, seperti pakaian olahraga, jaket, dan lain sebagainya. Seluruh aksesori tersebut, dapat dengan mudah kamu temukan di situs belanja online, yaitu JD.ID.

Tak hanya lengkap, produknya juga pasti #DijaminORI. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut mendapatkan barang berkualitas buruk. Menariknya, kamu juga bisa menikmati promo diskon, cashback, gratis ongkir hingga cicilan 0%.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, borong perlengkapan olahraga yang kamu butuhkan dengan belanja di website maupun aplikasi JD.ID sekarang!