Cara Mudah Mendapatkan Kualitas Audio Mobil yang Maksimal

0
132
car-audio-detail

Ketika sedang mengendarai mobil salah satu hiburan yang bisa dinikmati adalah dengan mendengarkan musik atau mendengarkan radio, yang dimana untuk mendapatkan kualitas suara yang enak didengar itu kita harus memiliki sebuah audio mobil yang memadai. Kualitas suara yang diberikan oleh audio bawaan mobil sering terasa kurang enak di dengar atau terasa kurang powerful sehingga mengurangi kenikmatan ketika mendengarkan musik, oleh karena itu kamu harus memasang beberapa alat berikut ini, sehingga kualitas suara yang dihasilkan nantinya bisa semakin memuaskan dan pengalaman mendengarkan musik dimobil jadi lebih maksimal.

  1. Gunakan Subwoofer
subwoofer-car-audio
Image Source: Pixabay

Subwoofer merupakan salah satu perangkat audio mobil yang harus kamu tambahkan, yang memiliki fungsi untuk menghasilkan bunyi dengan frekuensi suara yang lebih rendah seperti suara bass, sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas dan detail selain itu juga dapat mengurangi distorsi dan kamu bisa mendengar lebih jelas suara bass yang dihasilkan dari musik yang kamu dengar.

Dalam memilih perangkat subwoofer ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan yaitu yang pertama adalah kamu harus paham bagaimana selera musik yang kamu sukai agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, selain itu kamu juga harus tentukan ukuran subwoofer hal ini menjadi penting karena kamu harus menyesuaikan dengan ruang yang tersedia dimobil kamu.

  1. Pasangkan Perangkat Tweeter
car-audio-tweeter
Image Source: Pixabay

Bagi sebagian perangkat audio mobil mungkin ada yang sudah dilengkapi dengan tweeter namun ada juga beberapa mobil yang belum dilengkapi dengan perangkat ini, tweeter memiliki fungsi untuk menyebarkan suara dengan frekuensi tinggi seperti suara vocal, gitar dan suara tinggi lainnya yang membuat suara musik yang kamu dengar menjadi lebih jelas.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika memilih tweeter adalah dari segi ukuran dan wattnya, pilihlah tweeter yang memiliki ukuran yang kecil agar tidak memakan tempat dan tidak merusak estetika mobil, selain itu pilih tweeter dengan watt yang rendah akan berpengaruh terhadap output suara yang dikeluarkan oleh tweeter, sebaiknya pilih tweeter yang memiliki suara halus dan tidak kasar ketika di dengar.

  1. Gunakan Power Amplifier
car-audio-amplifier
Image Source: Pixabay

Power amplifier merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk meningkatkan suara dengan konsumsi daya yang rendah yang bisa digunakan untuk speaker atau pengeras suara/ speaker, sehingga bisa memberikan daya ke setiap speaker yang ada dimobil kamu dan memberikan hasil suara yang lebih kencang dan powerful. Untuk memilih power amplifier yang tepat untuk melengkapi audio mobil kamu hal yang harus kamu cari tau adalah kekuatan daya yang dikeluarkan pada speaker kamu, misalnya speaker kamu mengeluarkan daya minimum 50watt dan maksimum 100 watt, nah dengan itu kamu harus memilih power amplifier dengan daya minimum sebesar 50watt juga, atau jika kamu ingin hasil suara yang lebih baik kamu bisa gunakan daya yang lebih besar dari 50watt agar hasil suara yang dikeluarkan lebih maksimal.

Dengan mengganti beberapa perangkat yang sudah disebutkan diatas dijamin hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker mobil akan lebih enak didengar dan akan memaksimalkan pengalaman kamu dalam mendengarkan musik. Bagi kamu yang bingung dimana tempat untuk membeli perangkat audio mobil yang berkualitas, sekarang kamu bisa cek di JD.ID karena disini menawarkan barang yang berkualitas dan pasti dijamin original.