Gemar Membeli Buku Online ? Kenali Ciri Buku Bajakan, Jangan Sampai Tertipu

0
214

Sahabat JD.ID yang gemar membaca bahkan memiliki koleksi buku beragam harus hati-hati saat ingin membeli buku secara online. Buku bajakan kerap tersedia di e-commerce dan sering sekali mengecoh pembeli yang tak teliti.

Akibat tergoda harga yang murah, kita harus kecewa mendapatkan buku berkualitas buruk. Buku bajakan tentu merugikan penulis yang sudah bersusah payah menghasilkan karya bermutu. Selain itu, pembelinya juga sebenarnya merugi karena mendapatkan produk tiruan dengan kualitas rendah.

Meki tak bermaksud buruk, banyak pembeli yang gegabah membeli buku bajakan karena tidak paham. Bahkan tak sedikit pula yang membelinya langsung di penjual, namun tetap terkecoh. Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui beda buku bajakan dan original agar pengalaman membaca kita tidak terganggu.

Jangan Terkecoh Dengan Harga Terlalu Murah

Banyak buku tiruan dijual dengan harga yang sangat dari aslinya. Hal ini adalah ciri khas utamanya yang bisa kita kenali. Untuk memastikannya, Sahabat JD.ID bisa melihat dan mengecek secara online ISBN yang merupakan sederetan angka unik pada buku yang Sahabat JD.ID inginkan.

Kualitas Buku yang Terjamin

Buku asli dibuat dengan kerja keras tim untuk menghasilkan produk terbaik termasuk sampul dan fisiknya. Jadi jika ilustrasi, tulisan atau kertas sampul yang dipakai terlihat terpotong dan meragukan maka kemungkinan itu adalah produk bajakan.

Sahabat JD.ID pasti bisa mengetahui bedanya dengan jelas. Karena itu, jangan ragu untuk minta detail sampul buku tersebut sebelum membelinya secara daring. Selain itu, Jika buku menggunakan kertas buram, kasar dan keterbacaan rendah, maka bisa dipastikan itu produk tiruan. Penerbit tentunya ingin memudahkan pembeli dengan memberikan kertas yang halus dan nyaman untuk dibaca.

Tinta yang pudar tentu juga menyulitkan pembaca karena keterbacaan yang rendah. Tak ada penerbit buku resmi yang mau melakukannya dengan sengaja. Karena itu, ini adalah satu lagi ciri buku bajakan yang wajib kita waspadai. Dan yang terakhir adalah, Sahabat JD.ID harus memperhatikan hasil penjilidan buku yang tidak kuat dan tidak rapi adalah salah satu ciri fisik yang mudah kita kenali.

Sahabat JD.ID bisa membeli berbagai jenis buku baik import maupun buku lokal di JD.ID, temukan berbagai kebutuhan buku yang Sahabat JD.ID inginkan di laman resmi JD.ID dan pastinya buku yang ada di JD.ID terjamin kualitasnya #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here