Gerakan Yoga ini Ampuh Mengecilkan Perut, Pemula Bisa Coba!

0
946
gerakan yoga
Foto: Instagram.com/@andreadianbimo

Terdapat banyak gerakan yoga yang terbukti ampuh untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Caranya juga terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu rutin melakukan olahraga ini tiga sampai lima kali seminggu selama minimal satu jam. 

Tak hanya dapat menurunkan percaya diri, perut buncit ternyata juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan, seperti gangguan pencernaan, menumpuknya lemak dalam jangka panjang, hingga adanya kandungan gas di dalam perut yang membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Selain mengatur pola makan, berolahraga seperti melakukan gerakan yoga sederhana bisa menjadi pilihan tepat untuk membakar kalori dan mencegah bertambahnya berat badan.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Ini Gerakannya!

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut

gerakan yoga untuk mengecilkan perut
Foto: Freepik

Meski bukan menjadi olahraga yang umum dilakukan orang untuk membakar kalori, tapi yoga diyakini sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme dan mengurangi gas yang dapat mengecilkan perut buncit.

Dengan menggabungkan gerakan yoga, mulai dari teknik pernapasan dan meditasi, tidak hanya dapat mampu membakar lemak di perut tapi juga bisa membuat saluran pencernaan berfungsi dengan baik. Lalu, apa saja gerakannya? Yuk, intip di bawah ini.

1. Phalakasana

Phalakasana
Foto: Freepik

Posisi plank merupakan gerakan yoga bernama phalakasana yang terbukti ampuh membantu melatih dan mengencangkan otot perut serta dapat menurunkan berat badan. Bagaimana cara melakukannya?

  • Posisikan tubuh seperti merangkak
  • Meluruskan kedua kaki ke arah belakang secara perlahan
  • Gunakan tangan untuk menopang
  • Pastikan badan dalam posisi lurus
  • Tahan setidaknya selama satu menit.

2. Gerakan Yoga Dhanurasana

Gerakan Yoga Dhanurasana
Foto: Freepik

Dhanurasana atau pose busur disebut juga dengan gerakan perahu karena posisi tubuh saat melakukannya menyerupai perahu. Dengan menarik kedua kaki ke belakang menggunakan tangan, gerakan ini diyakini bisa menarik otot perut sehingga lemak akan terbakar dengan sempurna.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan gerakan yoga dhanurasana:

  • Baringkan tubuh dalam posisi tengkurap
  • Angkat lutut ke atas dan ulurkan tangan ke belakang sampai memegang pergelangan kaki
  • Pastikan seluruh tubuh bertumpu di bagian perut
  • Angkat kepala hingga terdongak
  • Tahan selama satu menit dan ulangi gerakan tersebut.

Baca Juga: 4 Peralatan Olahraga Yoga yang Wajib Dimiliki Pemula

3. Bhujangasana

Bhujangasana
Foto: Freepik

Posisi yoga pose kobra yang dikenal dengan nama bhujangasana bukan hanya efektif membuat perut lebih ramping, tapi juga dapat melatih otot leher belakang dan punggung. Tak hanya itu, gerakan yoga ini juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Untuk melakukannya kamu hanya perlu mengikuti beberapa gerakan berikut ini:

  • Posisi tubuh tengkurap
  • Letakkan kedua tangan dengan menekan ke bawah
  • Angkat tubuh bagian atas hingga lengan sampai lurus sempurna sembari menarik nafas
  • Dorong kepala ke belakang dengan punggung melengkung ke bagian dalam
  • Tahan sekitar 30 detik sampai satu menit
  • Ulangi sebanyak lima hingga sepuluh kali.

Nah, itu dia tiga gerakan yoga sederhana yang terbukti ampuh memangkas lemak perut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan langkah-langkah di atas sebanyak tiga sampai lima kali dalam seminggu.

Agar aktivitas olahraga semakin nyaman dan tentu saja aman, pastikan kamu mengenakan berbagai aksesori yoga seperti matras, pakaian hingga sepatu olahraga berkualitas terbaik. Semua kebutuhan tersebut dapat dengan mudah kamu temukan secara online di JD.ID.

Tak hanya lengkap, produk olahraga yang tersedia juga #DijaminORI. Jadi, kamu tak perlu takut mendapatkan barang palsu. Kamu juga bisa menikmati promo diskon potongan harga, cashback, gratis ongkir hingga cicilan 0%. Tunggu apalagi? Yuk, belanja di JD.ID sekarang!