Jangan Sembarangan Memilih Ban, Pilih Ban Sesuai Dengan Tipe Kendaraan

0
592

Sahabat JD.ID, ban sering kali diibaratkan sebagai alas kaki pada kendaraan bermotor, termasuk mobil. Tak hanya sekadar pemanis tampilan, ban memiliki berbagai fungsi yang sangat vital dalam berkendara. Alasannya jelas. Sebagai satu-satunya komponen pada mobil yang berinteraksi langsung dengan aspal, ban berfungsi sebagai penyangga beban yang berperan penting dalam kontrol kendaraan. Seperti diketahui, kehilangan kontrol saat berkendara dapat menyebabkan kecelakaan.

Kemudian, ban juga berfungsi untuk memberikan gaya dorong, membantu pengereman, dan meredam getaran kendaraan dari permukaan jalan. Menilik berbagai fungsi vital yang dimiliki, tak heran berbagai aspek berkendara, seperti performa, handling, dan kenyamanan, sangat berkaitan dengan ban. Maka dari itu, urusan memilih ban mobil tidak bisa dipandang sebelah mata.

Memilih ban dengan kualitas mumpuni menjadi harga mati untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan performa mobil saat berkendara sehari-hari. Selain kualitas, aspek lain yang perlu diperhatikan adalah tipe ban. Dengan memilih tipe ban yang sesuai dengan jenis kendaraan, Sahabat JD.ID bisa memaksimalkan pengalaman berkendara.

Tipe ban untuk mobil penumpang secara umum terbagi atas dua jenis, yakni sport dan touring. Mobil sport dituntut untuk bisa dipacu sampai kecepatan tinggi dan memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Oleh karena itu, mobil sport memerlukan ban dengan karakteristik yang sama.

Ban mobil sport harus mampu memberikan initial steering response yang baik atau kecepatan ban untuk menyesuaikan arah kemudi kendaraan. Selain itu, jenis ban yang dipilih harus tetap stabil di jalan menikung. Jarak pengereman ban pun harus pendek, baik di permukaan basah maupun kering

Sementara itu, kendaraan multi-purpose vehicle (MPV) atau hatchback sebaiknya menggunakan ban touring. Ban touring mampu menawarkan pengalaman berkendara yang tenang dan tidak berisik. Nyaman tapi tetap aman. Mobil tipe MPV atau hatchback dirancang untuk membawa lebih banyak penumpang dibandingkan jenis mobil sport. Oleh karena itu, kenyamanan menjadi salah satu aspek penting dalam pemilihan ban mobil.

Itulah beberapa tips singkat untuk Sahabat JD.ID supaya selalu tetap memerhatikan ban pada kendaraan pada kendaraan mobil maupun motor. Dapatkan berbagai parts dan juga perlengkapan lainnya untuk merawat kendaraan kamu di JD.ID. Berbagai macam oli dan produk perawatan kendaraan lainnya dapat kamu cari dengan mudah di aplikasi JD.ID dan juga website resmi JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here