Kebiasaan Buruk yang di Harus Hentikan Ketika Menggunakan Motor Matik

0
424

Bagi Sahabat JD.ID yang terbiasa membawa motor matik, harus memerhatikan hal-hal berikut agar motor kalian menjadi lebih awet ketika digunakan. Penggunaan motor matik saat ini banyak diminati masyarakat.

Salah satu alasannya karena penggunaannya yang praktis karena menggunakan Countinuously Variable Transmission (CVT) sebagai sistem penggerak motor. Sehingga tidak harus mengoper gigi atau transmisi ketika dikendarai.

Kendati demikian, masih banyak pemilik motor matik yang tidak mengendarai motornya dengan cara yang tepat. Kebiasaan yang paling sering dilakukan, misalnya menarik gas bersamaan dengan tuas rem. Terutama bagi mereka yang baru bisa atau masih belajar berkendara.

Menarik gas bersamaan dengan menarik tuas rem akan menimbulkan dampak yang sangat fatal terhadap bagian CVT. Terutama bagian kampas kopling ganda yang akan cepat habis atau terbakar karena harus bergesekan dengan mangkoknya. Selain itu, dampak lain yang ditimbulkan adalah kampas rem akan cepat habis.

Untuk pengecekan CVT biasanya dilakukan sekitar empat bulan pemakaian atau setelah 8.000 km. Namun, jika teknik berkendaranya tidak tepat seperti itu, yakni menarik gas sambil menekan rem, maka pengecekan harus dilakukan lebih awal.

Maka dari itu Sahabat JD.ID, berkendaralah sewajarnya mengendarai motor pada umumnya. Jika ingin melaju, maka tarik gas secukupnya tanpa harus menarik tuas rem, begitu juga sebaliknya Tarik tuas rem seiringan dengan menutup gas.

Itulah info singkat untuk Sahabat JD.ID yang mengendarai motor matik dan harus menjaga kendaraan kalian agar tetap awet ketika di gunakan sehari-hari.

Sahabat JD.ID bisa melengkapi berbagai kebutuhan berkendara mulai dari kelengkapan untuk mobil dan juga motor melalui Road To 12.12 Automotive di JD.ID. Temukan berbagai diskon dan juga produk menarik hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here