Ketahui Kegunaan Memakai Clipless Pedal Saat Bersepeda

0
510

Ketika seorang mencoba hobi bersepeda, biasanya ada satu aksesori atau komponen yang mereka khawatirkan untuk digunakan. Memakai clipless pedal, yang di Indonesia populer dengan sebutan “pakai cleat” alias sepatunya “dikunci” menyatu dengan pedal. Mereka takut akan gampang jatuh sehingga memutuskan memakai sepatu dan pedal biasa dulu.

Ini tentu pilihan aman, apalagi kalau sudah lama tidak bersepeda. Tapi, pada suatu titik, akan tiba waktunya untuk berpindah memakai clipless pedal. Apalagi kalau ingin serius menekuni hobi ini.

Kenapa pakai cleat? Ada terlalu banyak alasan mengapa seorang cyclist harus menggunakan clipless pedal. Yaitu efisiensi optimal, kecepatan, kenyamanan, juga keselamatan! Yang paling utama adalah efisiensi. Kalau ingin mendapatkan efek latihan optimal, pilihannya harus “menyatu” dengan sepeda lewat pedal. Kalau menggunakan pedal biasa, pada dasarnya kaki kita hanya “mendorong” sepeda ke depan dengan menekan pedal ke depan. Itu saja.

Kalau menggunakan cleat, maka seluruh gerakan memutar kaki kita membantu mendorong sepeda ke depan. Karena kaki kita menyatu, saat kita “menarik” kaki ke belakang, dayanya tetap terpakai untuk mengayuh pedal. Membuat akselerasi lebih cepat, serta membantu menjaga momentum laju sepeda ke depan. Paling terasa saat menanjak, di saat kita membutuhkan seluruh daya kaki untuk melaju ke depan.

Ada riset yang menyebut gowes kita jadi 30 persen lebih efisien dengan menggunakan clipless pedal. Itu berbuntut power lebih tinggi, speed lebih cepat, dan otot-otot kaki jadi lebih terlatih secara utuh. Bicara soal keselamatan, menyatu dengan pedal juga membuat kita lebih “menguasai” sepeda. Gerakan badan kita lebih menyatu dengan sepeda untuk membelok, menghindari rintangan.

Ya, ada risiko terjatuh. Tapi biasanya karena lupa melepas cleat saat hendak berhenti. Misalnya saat di perempatan dan lampu merah. Kalau memang terjadi kecelakaan, biasanya secara natural kaki akan terlepas dari pedal.

Jangan khawatir, secara alami Sahabat JD.ID akan belajar memasang dan melepas pedal dengan cepat. Jatuhnya pun –kalau terjadi– biasanya jatuh pelan. Banyak cyclist berpengalaman menyebutnya “jatuh bodoh.”

Cara gampang memasang cleat: Pakai sepatu sepeda kamu. Lalu tekan bagian samping depan tepat di belakang ibu jari. Cari bagian samping kaki yang paling keras (tulang di belakang ibu jari). Nah, luruskan bagian center/tengah cleat dengan tulang keras itu. Ingat, kaki kanan dan kiri kita bisa beda posisinya.