Ketahui Kelebihan serta Kekurangan Pelumas Sintetik dan Mineral

0
198

Pelumas kendaraan alias oli punya dua jenis yaitu oli mineral dan oli sintetik. Perbedaan keduanya terletak dari bahan pembetuknya yaitu base oil. Lantas apa keunggulan dan kekurangan masing-masing? Sahabat JD.ID harus ketahui adalah, base oil sintetik lebih unggul ketimbang mineral.

Setidaknya ada lima keunggulan base oil sintetik, yaitu lebih tahan panas, titik tuang (pour point) lebih rendah, lebih tahan oksidasi, kekentalan lebih stabil dan viskositas indeks lebih tinggi, serta umur pakai relatif lebih lama. Sintetik lebih tahan oksidasi.

Selain tahan oksidasi juga tingkat kekentalan oli sintetik lebih stabil. Kekentalan oli yang stabil cukup penting dalam spesifikasi pelumas kendaraan. Sebab mesin pada dasarnya bekerja dalam relatif tidak stabil.

Secara spesifikasi umur oli sintektik bisa lebih lama ketimbang mineral. Kebalikannya oli mineral umurnya lebih singkat dan harganya relatif lebih murah. Itulah beberapa Informasi yang harus Sahabat JD.ID ketahui tentang kelebihan serta kekurangan pelumas sintetik dan mineral. Sahabat JD.ID bisa penuhi berbagai kebutuan oli kendaraan kesayangan kalian dengan berbelanja oli kendaraan di JD.ID. Dapatkan penawaran harga menarik dari berbagai jenis oli hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here