Ketahui, Pentingnya Baca Label Kemasan Untuk Cegah Obesitas di Saat Pandemi

0
264

Sahabat JD.ID, obesitas menjadi salah satu permasalahan gizi di Tanah Air yang perlu mendapat perhatian khusus. Berdasarkan data Riskesdas 2018, tingkat obesitas pada orang dewasa mencapai 21,8 persen. Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 14,8 persen. Selain obesitas, prevalensi orang dewasa yang mengalami berat badan berlebih juga mengalami peningkatan menjadi 13,6 persen.

Padahal obesitas merupakan faktor risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti serangan jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Di sisi lain, kondisi pandemi saat ini menjadi tantangan tersendiri. Bukan tidak mungkin angka obesitas mengalami peningkatan karena adanya kebiasaan baru.

Misalnya kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang membuat beberapa orang menjadi lebih sering berada di depan gadget dibanding bergerak. Belum lagi kebiasan memesan makanan secara online. Hal ini membuat konsumsi makanan, terutama makanan siap saji dan pangan olahan mengalami peningkatan.

Kendati demikian, tetap ada cara untuk mencegah terjadinya obesitas di tengah pandemi yakni kesadaran masyarakat untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Pola hidup sehat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ini tentunya berpengaruh terhadap perlindungan diri agar terhindar dari Covid-19.

Lalu, sebelum membeli atau mengonsumsi pangan olahan, ada baiknya memerhatikan label kemasan. Label kemasan berisi informasi nilai gizi dalam kemasan. Informasi menyangkut jumlah sajian per kemasan, total energi per sajian, zat gizi (lemak, lemak jenuh, protein, karbohidrat termasuk gula), dan proporsi AKG (angka kecukupan gizi). Jumlah sajian yang dikonsumsi dari makanan kemasan memengaruhi jumlah kalori dan dan asupan zat gizi harian.

Hal ini serupa ketika Sahabat JD.ID berbelanja online, kamu harus memastikan secara detil seperti apa deskripsi produk yang ingin kamu beli. Jangan sampe deskripsi tidak dibaca, karena akan berdampak pada kekeliruan saat kamu ingin berbelanja. Belanja dengan mudah tanpa antri dan tak harus resah hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here