Ketahui Seberapa Penting Membersihkan Gigi Kucing dan Anjing

0
405

Jika Sahabat JD.ID mengaku pecinta binatang, menyediakan makanan dan tempat tinggal saja tidak cukup. Kesehatan hewan peliharaan juga wajib diperhatikan, termasuk kebersihan gigi dan mulutnya. Sama seperti manusia, ternyata kucing atau anjing juga rentan terhadap penyakit gusi dan kehilangan gigi.

Penyakit periodontal adalah kondisi klinis paling umum yang terjadi pada anjing dan kucing dewasa. Pada usia tiga tahun, kebanyakan anjing dan kucing memiliki beberapa penyakit periodontal. Menyikat gigi kucing dan anjing secara rutin, tidak hanya bisa menyegarkan nafasnya, tetapi juga dapat menjadi langkal awal dalam pencegahan penyakit.

Ketika plak dan karang gigi berada di bawah garis gusi, “siklus kerusakan” mulai terjadi, dan dapat menyebabkan penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Gingivitis adalah ketika gusi memerah dan membengkak. Sedangkan untuk periodontitis, mengarah ke masalah yang lebih serius dimana dapat menyebabkan hilangnya tulang dan jaringan lunak. Konsekuensi dari perawatan gigi yang buruk untuk kucing dapat berupa kehilangan gigi dan kerusakan pada organ dalam hewan peliharaan kita.

Tanda-tanda bahwa kucing atau anjing mengalami sakit pada gigi atau pun gusi:

  • Kehilangan nafsu makan
  • Kesulitan mengunyah
  • Gigi lepas (atau hilang)
  • Bau mulut yang parah
  • Kemerahan atau pendarahan pada gusi
  • Mencakar atau menggaruk mulutnya.

Jika kita melihat kucing dan anjing kita seperti tanda-tanda di atas, ada baiknya kita membawa kucing ke dokter untuk melakukan pembersihan gigi. Berikan perawatan yang maksimal untuk kucing dan anjing Sahabat JD.ID.

Selain itu, Sahabat JD.ID juga harus memerhatikan asupan makanan yang di konsumsi sang kucing dan juga anjing kesayangan kalian. Berikan makanan yang kaya protein untuk menjaga kesehatannya dan yang terpenting agar bulu-bulunya tetap halus dan tidak rontok. Temukan asupan makanan untuk kucing dan anjing hanya di JD.ID dan manfaatkan promo yang ditawarkan hanya di JD.ID #DijaminOri.