Kucing Muntah Jangan Disepelekan, Kenali Penyebabnya!

0
2278
Kucing Muntah Jangan Disepelekan, Kenali Penyebabnya! - JD.ID
Source: Thesprucepets

Untukmu yang memiliki kucing di rumah, tentunya sedikit khawatir bila binatang lucu tersebut muntah. Sesekali atau dua kali dalam sebulan mungkin masih dianggap biasa, tapi bagaimana jika kucing muntah beberapa kali dalam sehari? Pastinya kamu mulai cemas.

Apalagi jika kondisi tersebut disertai dengan keluhan kucing yang tidak membaik seperti mulai tidak aktif, enggan makan, sampai disertai darah. Bila begini, maka sebaiknya pemilik kucing segera memeriksakannya ke dokter hewan.

Kenapa Kucing Muntah?

Kenapa Kucing Muntah - JD.ID
Source: Yourvetonline.com

Berbicara tentang kondisi tersebut kenapa ini bisa terjadi? Dilansir dari berbagai sumber, penyebab kucing mengalami muntah memang cukup beragam. Yang mana untuk menemukan pemicunya, membutuhkan perhatian khusus untuk terus memerhatikan perilaku kucing di rumah.

Walaupun begitu, secara garis besar penyebab kucing mengalami muntah di antaranya bisa ditimbulkan karena beberapa hal, di antaranya:

  • Tertelannya bola rambut (hairball) saat kucing menjilati dirinya, di mana bulu-bulu ini akan tersangkut di dalam kerongkongan kucing yang membuatnya gatal dan muntah.
  • Kucing terlalu cepat menelan makanan dan tidak bisa mencernanya dengan baik.
  • Kandungan makanan kucing yang tidak sesuai dengan pencernaannya.
  • Infeksi saluran pencernaan yang bisa disebabkan oleh bakteri atau virus.
  • Menelan benda asing di rumah seperti rumput, gulungan tisu, gulungan benang yang bisa membuatnya muntah bila tertelan.
  • Tanda penyakit yang cukup serius seperti tumor lambung, usus atau organ lainnya.

Baca Juga: Cara Merawat Kucing Kitten yang Baik dan Benar untuk Pemula

Jenis Muntah Kucing yang Perlu Diperhatikan

Jenis Muntah Kucing yang Perlu Diperhatikan - JD.ID
Source: Excitedcats.com

Bila dilihat dari intensitas dan gejalanya, kondisi ini dibagi dua yakni, akut dan kronis. Keadaan akut dilihat jika hewan berbulu tersebut muntah secara tiba-tiba hingga dua hari setelahnya dengan gejala yang sama.

Sementara itu untuk kronis, biasanya gejala muntah ini disertai dengan keluhan lainnya seperti kucing bertambah stress, berat badan berkurang serta muntah yang terus menerus. Jika kucing kamu dalam kondisi tersebut, maka akan lebih bijak jika mulai diperiksakan ke dokter hewan.

Di samping itu, dari segi warna muntahan yang dikeluarkan juga mungkin perlu diperhatikan. Pasalnya beberapa kondisi muntah pada kucing bisa menandakan sesuatu yang terjadi padanya.

  • Muntah makanan utuh, menandakan jika kucing terlalu cepat makan dan tidak bisa mencerna makanan tersebut dengan baik.
  • Kuncing muntah berwarna bening, akibat terlalu banyak minum dan pertanda kucing mungkin mengalami diabetes atau penyakit ginjal.
  • Muntah kucing berwarna kuning, salah satu pertanda kucing dalam kondisi lapar sehingga yang keluar adalah cairan empedunya.
  • Muntah berwarna darah, bisa diakibatkan oleh infeksi atau iritasi yang terjadi pada lambung kucing akibat masuknya benda asing.

Cara Mengatasinya Lewat Beberapa Langkah Ini

Cara Mengatasinya Lewat Beberapa Langkah Ini- JD.ID
Source: Freepik

Dalam beberapa kondisi yang cukup parah, mungkin kamu tidak bisa sepenuhnya menghandle kondisi ini dan akan lebih baik menyerahkannya pada dokter hewan.

Akan tetapi pada situasi yang kamu rasa masih bisa ditangani, kamu bisa membantu memulihkan kondisi kucing dengan beberapa langkah yakni:

  • Jika penyebabnya karena adanya benda asing, maka biarkan kucing memuntahkan benda tersebut dari pencernaannya. Dimulai dengan memijat bagian perutnya agar kucing merasa lebih baik.
  • Tidak memberi makan kucing secara langsung sesaat setelah dirinya muntah dan membiarkannya beradaptasi untuk mencerna gejala yang dirasakan.
  • Jika dirasa sudah cukup pulih, kamu baru mulai bisa memberikan kucing makanan dan minuman dalam porsi sedikit demi sedikit, mengingat pencernaannya masih sensitif.

Baca Juga: Ketahui Seberapa Penting Membersihkan Gigi Kucing dan Anjing

Di samping itu, untuk mengatasi kondisi hairball yang mungkin tertelan oleh kucing, kamu bisa mengantisipasinya dengan rutin memandikannya dan mengangkat semua bulu-bulu yang rontok dengan disisir. Dengan begitu, kucing tidak akan menelan bulu-bulunya yang rontok saat menjilat badan.

Tidak lupa juga untuk memberikan makanan yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Kamu bisa melakukannya dengan memeriksa nutrisi yang tersedia dalam kolom makanan yang biasanya terdapat di belakang kemasan.

Langkah preventif lainnya yang sederhana adalah dengan memberikan makanan sedikit-demi sedikit agar pencernaannya dapat mudah menyerap makanan tersebut.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui terkait keadaan muntah pada kucing dan cara mengatasinya. Adapun untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, tidak ada salahnya memeriksakan ke dokter hewan.

Bagi kamu juga yang tengah mencari suplemen setelah kondisi ini membaik, bisa mendapatkan berbagai produknya di JD.ID, mulai dari makanan, vitamin, hingga aksesoris kebutuhan kucing yang diperlukan.

Dengan membeli di sini dapatkan penawaran harga yang lebih baik, gratis ongkir dan metode pembayaran yang aman baik offline maupun online. Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan berbagai kebutuhan yang kamu perlukan untuk kucing hanya di JD.ID!