Menjadi Pilihan Selama di Rumah Saja, Ini Tips Bercocok Tanam di Rumah

0
141

Selama masa pandemi virus corona di Indonesia, masyarakat diminta untuk di rumah saja, kecuali keluar rumah untuk hal-hal penting. Selama di rumah saja, banyak yang mencoba hobi-hobi baru. Di media sosial, berbagai cerita soal aktivitas di rumah saja pun dibagikan. Salah satunya bercocok tanam. Tak sedikit yang menjadi kreatif dalam bercocok tanam, terutama yang memiliki lahan terbatas.

Ada beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan tanpa membutuhkan lahan luas, misalnya vertical garden atau yang biasa dikenal dengan vertikultur, menanam dengan memanfaatkan ruang ke atas. Ada juga teknologi hanging garden, balcony garden, window garden, dan green roof garden.

Metode lain yang lagi populer saat ini adalah metode hidroponik, yaitu bercocok tanam menggunakan media air, bukan tanah. Metode-metode tersebut cocok untuk masyarakat perkotaan seperti di Jakarta, bahkan untuk rumah susun dan apartemen.

Kamu yang memiliki lahan sempit bisa menggunakan media seperti poly bag dan pot yang memungkinkan untuk melakukan rekayasa tanah. Tanahnya bisa direkayasa menggunakan campuran pasir, arang sekam, serabut kelapa, dan kompos.

Untuk jenis tanaman, di sarankan kamu menggunakan sayuran daun semusim seperti bayam, kangkung, selada, yang bisa dipanen dalam waktu 3-4 minggu. Selain itu, bertanam dengan metode tersebut juga dapat menghemat air karena akarnya terbatas. Untuk sahabat JD.ID yang tertarik memulai bercocok tanam, kamu bisa penuhi kebutuhan dari mulai bibit, pot, hingga media tanam lainnya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here