Mercedes Sempat di Protes Dua Kali, Max Verstappen Tetap Jadi Juara F1 2021

0
568

Max Verstappen dinyatakan sah menjadi juara dunia Formula 1 2021, setelah FIA Steward resmi menolak protes kedua Mercedes soal restart di Grand Prix Abu Dhabi. Mercedes mengajukan dua protes kepada FIA menyusul hasil akhir balapan kontroversial di Sirkuit Yas Marina, termasuk satu protes atas restart dengan satu lap tersisa.

Max Verstappen menyalip Lewis Hamilton pada lap terakhir untuk keluar sebagai pemenang lomba dan kejuaraan, setelah Race Director, Michael Masi, mengerahkan Safety Car.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh FIA, menjelaskan bahwa Mercedes berdalih terjadi pelanggaran Pasal 48.12 yang menyatakan: “Setiap mobil yang telah disalip pimpinan (balapan) akan diharuskan melewati mobil pada lead lap dan Safety Car” dan “setelah mobil terakhir yang disalip pimpinan (balapan), Safety Car akan kembali ke pit di akhir lap berikutnya.”

Mengacu pada pasal tersebut, Mercedes pun beragumen bahwa Hamilton yang akan memenangi balapan serta kejuaraan. The Silver Arrows juga meminta perubahan hasil balapan di bawah Kode Olahraga Internasional FIA.

Steward mengatakan, pasal itu mungkin tidak diterapkan sepenuhnya lantaran Safety Car masuk di akhir lap yang sama.

Pasal 48.13 juga mengesampingkan hal tersebut dan setelah pesan ‘Safety Car pada lap ini’ ditampilkan, wajib untuk menarik Safety Car di akhir lap itu.

Max Verstappen -Red Bull Honda akhiri rentetan lima gelar Juara Dunia F1  Hamilton - tmcblog.com

“Meskipun demikian, permintaan Mercedes agar Steward memperbaiki masalah ini dengan mengubah klasifikasi untuk mencerminkan posisi pada dua lap tersisa, ini adalah langkah yang diyakini Steward secara efektif memperpendek balapan secara retrospektif, dan karenanya tidak sesuai,” bunyi pernyataan.

“Dengan demikian, protes yang dilakukan oleh pihak Mercedes resmi ditolak.”

Sebelumnya, tim Mercedes melayangkan protes atas Verstappen yang diduga menyalip Hamilton di belakang Safety Car sebelum restart. Namun, protes yang pertama ini pun juga ditolak FIA Steward.

Hal ini membuat Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen mencatatkan sejarah usai menjadi juara dunia F1 2021. Verstappen jadi orang Belanda pertama yang berhasil memenangkan trophy juara dunia 2021.

Ini jadi pesta besar untuk Verstappen dan juga rakyat Belanda yang akhirnya bisa meihat pebalapnya menjadi juara dunia. Sebab ini jadi kali pertama pebalap Negeri Kincir Angin itu berjaya di F1.

Tak cuma itu, Max Verstappen juga sukses mengakhiri puasa gelar juara dunia F1 Red Bull Racing yang sudah berlangsung sejak 2013. Saat itu Red Bull berjaya bersama Sebastian Vettel yang menjuarai F1 periode 2010 hingga 2013.

Hal ini tentu saja harus dirayakan bersama teman-teman ya, kamu bisa merayakannya dengan berbagai cara mulai dari berpesta hingga mengoleksi marchendise dan die-cast F1 yang bisa kamu dapatkan di JD.ID.

Selain harganya terjangkau berbagai pilihan die-cast yang dijual pastinya #DijaminOri, jadi kamu tak perlu khawatir akan barang-barang fake. Kamu juga bisa nikmati promo menarik dan potongan harga spesial serta gratis ongkir ke seluruh Indonesia loh dari JD.ID! Jadi sudahkan kamu tentukan ingin rayakan dengan cara apa?