Mitos Atau Fakta, Benarkah Oli Mesin Kendaraan Bisa Kedaluwarsa ?

0
62

Pelumas atau oli mesin merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Kualitas oli mesin pada kendaraan menjadi hal yang perlu diperhatikan, untuk menjaga komponen agar tetap awet selama digunakan.

Selain itu, dengan menggunakan pelumas mesin yang memiliki kualitas bagus tentunya juga akan membuat performa kendaraan akan tetap terjaga dan nyaman saat digunakan.

Sebagaimana diketahui, tak jarang ada pemilik kendaraan yang beranggapan bahwa cairan pelumas ini bisa kedaluwarsa atau habis masa optimalnya.

Faktanya, oli mesin tidak akan pernah basi maupun kedaluwarsa, meski mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama. Akan tetapi, jika mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan terjadinya penumpukkan di bak oli.

Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan slush, sehingga mengakibatkan terganggunya operasional mesin ketika ingin dikendarai. Oli mesin punya lifetime hanya kalau dipakai, karena dia akan kontaminasi dengan karbon pembakaran.

Tapi kalau basi karena mobil tidak dipakai, itu tidak ada dan hanya mitos. Guna mencegah hal ini, pemilik mobil diimbau untuk runtin memanaskan mobilnya setiap tiga hari sekali agar melancarkan sirkulasi pada komponen-komponen terkait.

Jika memungkinkan, jalankan juga mobil hingga 10 menit. Jadi informasi yang didapatkan terkait mobil mulai dari tekanan angin hingga altenator bisa diketahui.

Pentingnya selalu merawat kendaraan, agar Sahabat JD.ID tidak repot saat berkendara dan menghadapi masalah tiba-tiba pada kendaraan kamu. Selalu lakukan pengecekan berkala sebelum pergi dengan melihat air radiator, dan juga memastikan oli dalam keadan terbaik di ruang mesin.

Tamukan beragam perawatan kendaraan dengan harga terjangkau dan promosi yang beragam hanya di JD.ID #DijaminOri.