Pahami Fungsi Pipe Drain Pada CVT Skutik dan Wajib Dibersikan Berkala

0
176

Bagi Sahabat JD.ID yang menggunakan kendaraan skuter metik pasti sering meilhat selang kecil transparan yang terdapat pada boks penyaring udara dan bagian CVT (Continous Variable Transmission)? Sebenarnya apa dan bagaimana fungsinya sih? Dan apakah ada perawatan khususnya?

Karena transparan, kita bisa tahu seberapa kotor kondisi bagian dalam boks penyaring udara dan CVT motor melalui selang itu. Bisa juga untuk menguras air jika boks penyaring udara atau CVT kemasukan air karena dicuci atau banjir.

Pada beberapa kendaraan skutin ternyata memiiliki 2 selang di bagian boks saringan udaranya. Selang transparan merupakan penunjuk CECS (Crankcase Emission Control System), hawa kotor dari crankcase yang masuk kembali ke boks penyaring udara untuk menekan polusi udara harus dibersihkan tiap servis.

Sedangkan yang hitam pipih itu selang pembuangan air tidak perlu dibersihkan karena sudah bolong. Ternyata selang hitam pipih ini didesain agar air bisa keluar dari dalam boks penyaring udara atau CVT, namun air tidak dapat masuk dari luar ke dalam boks penyaring udara ataupun CVT.

Nah untuk membersihkan selang transparannya mudah, cukup siapkan tang dan cotton buds. Tinggal lepas klip menggunakan tang, lalu tarik selang bisa menggunakan tangan atau tang, tapi jangan sampai robek.

Lalu untuk membuang kotoran bisa diguyur menggunakan air, setelah itu bersihkan bagian dalam selang menggunakan cotton buds. Mudahkan?  Terakhir jangan sampai pipe drain ini rusak karena bisa menyebabkan air dan kotoran mudah masuk. Jadi rajin-rajin diperiksa ya!

Itulah yang Sahabat JD.ID harus perhatikan saat memeriksa keadaan skutik kesayangan kalian. Menjelang hari raya kita harus rutin mengecek kendaraan karena adanya larangan mudik bukan berarti kita menjadi lalai dalam memelihara kendaraan kesayangan. Temukan pula penawaran menarik serta diskon menjelang hari raya untuk berbagai perawatan kendaraan kalian hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here