Pahami Kendala Mobil Matic Tidak Bisa Starter, Mungkin  Ini Penyebabnya

0
621

Jika dibandingkan dengan mobil manual, kebanyakan orang yang tinggal di kota besar lebih memilih menggunakan mobil matic. Alasannya hanyalah satu, mobil matic lebih mudah dikendarai. Mengingat Sahabat JD.ID nggak perlu lagi kebingungan harus mengganti gigi dan kopling selama berkendara.

Kemudahan yang ditawarkan oleh mobil matic ini membuat banyak orang, lebih nyaman berkendara dengan mobil matic. Jika Sahabat JD.ID memiliki mobil matic dan tidak bisa starter, jangan panik ya!

Cara untuk menghidupkan mobil matic terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol starter dan mesin mobil sudah bisa berjalan. Meski mudah dioperasikan, bukan berarti pengendara mobil matic jarang mengalami permasalahan.

Salah satu permasalahan mobil matic yang terbilang umum, yakni mesin yang tidak bisa distarter. Jika hal ini terjadi, tentu kamu nggak bisa mengendarai mobil matic milikmu. Lantas, apa sih penyebab dari mobil matic yang tidak bisa distarter? Biar nggak penasaran, simak ulasan berikut.

1. Kondisi Aki yang Sudah Lemah

Seperti yang sudah kamu ketahui, aki merupakan komponen mobil yang sangatlah penting. Sehingga Sahabat JD.ID perlu menjaga kondisi aki dengan baik. Jarang mengecek kondisi aki hanya akan membuat performa mesin mobil kamu nggak bekerja dengan baik.

Bahkan, aki yang sudah lemah juga bisa menjadi penyebab mengapa mobil matic tidak bisa distarter, lho. Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu secara rutin mengecek kondisi aki mobil. Aki yang kotor perlu kamu bersihkan agar kembali bersih. Pasalnya, aki kotor bisa mempengaruhi performa dari mesin kendaraan kamu.

Di sisi lain, saat aki sudah soak, kamu pun harus sesegera mungkin mengganti aki dengan yang baru. Jika nggak, bersiaplah untuk mengalami berbagai macam permasalahan mobil lainnya.

2. Ignition Switch

Kunci kontak atau ignition switch juga menjadi salah satu penyebab mengapa mobil kamu nggak bisa distarter. Untuk mencari tahu apakah ini yang dialami oleh mobil kamu, Sahabat JD.ID hanya perlu melakukan pengujian sederhana dengan menyalakan lampu depan mobil.

Jika lampu tersebut menyala, bisa dipastikan bahwa mesin mobil yang tidak bisa distarter disebabkan oleh ignition switch pada sistem pengapian.

3. Pengecekan Bahan Bakar

Penyebab yang satu ini terbilang sangat sepele, namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa tangki bahan bakar mereka dalam kondisi yang kosong. Penyebab satu ini sering dialami oleh pemilik mobil yang begitu sibuk hingga lupa kapan terakhir kali mengisi bahan bakar.

Jika kamu juga termasuk orang yang seringkali melupakan hal itu, segera cek tangki bahan bakar kamu setiap kali mesin mobil tidak bisa distarter. Jika memang kosong, kamu bisa segera membeli bahan bakar terlebih dahulu sebelum menggunakan mobil.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, catat kapan terakhir kali kamu melakukan pengisian bensin. Kamu juga bisa secara rutin mengecek layar indikator yang menunjukkan kapasitas bahan bakar. Segera beli bahan bakar, setiap kali indikator semakin dekat dengan huruf E.

4. Dinamo Stater Bermasalah

Rusaknya dinamo starter juga menjadi penyebab mengapa mesin mobil kamu nggak bisa dinyalakan. Selain membuat kamu nggak bisa melakukan starter, rusaknya dinamo ini juga membuat mobil mengeluarkan suara yang terkesan kasar.

Apabila kamu mendengarkan suara kasar dari mesin mobil, segera cek kondisi dinamo starter kamu. Jika tidak bisa mengatasinya sendiri, segera bawa mobil kamu ke bengkel.

Itu tadi keempat penyebab mengapa mobil matic nggak bisa kamu starter. Setelah mengetahui penyebab tersebut, kamu nggak perlu lagi khawatir berlebihan setiap kali mobil mendadak tidak bisa dinyalakan.

Sahabat JD.ID bisa melengkapi berbagai kebutuhan berkendara mulai dari kelengkapan untuk mobil dan juga motor melalui Road To 12.12 Automotive di JD.ID. Temukan berbagai diskon dan juga produk menarik hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here