Rekomendasi Lapangan Golf di sekitaran Jakarta Bagi Pemula

0
8745
Rekomendasi Lapangan Golf di sekitaran Jakarta Bagi Pemula- JD.ID
Source: Media Indonesia

Berbeda dengan olahraga lainnya, olahraga golf memiliki lapangan golf yang khusus. Berupa padang rumput hijau dengan desain yang unik.  Tidak heran tiap lapangan golf kerap kali memiliki lingkungan, topografi dan ukuran yang berbeda.

Di samping itu, dengan berolahraga golf juga bisa menyegarkan pikiran karena arena golf biasanya memiliki lingkungan yang sejuk, hijau dan tenang. Di dekat Jakarta sendiri ada banyak tersedia lapangan golf yang menyediakan berbagai fasilitas yang diberikan.

Bagi kamu yang pemula beberapa hal ini sebaiknya perlu diperhatikan jika ingin menyewa lapangan golf.

Apa yang Harus diperhatikan dalam Memilih Lapangan Golf?

Apa yang Harus diperhatikan dalam Memilih Lapangan Golf- JD.ID
Source: Ngopibareng.id

Sebaiknya dalam memilih lapangan golf kamu tidak boleh sembarangan, mengingat harga yang ditawarkan dalam menyewa arena olahraga golf cukup mahal. Oleh karena itu, baiknya perhatikan beberapa hal ini.

  • Pilih lapangan yang memiliki kontur cocok bagi pemula, dengan tidak terlalu banyak rintangan air, bunker atau pohon. Hal ini karena kemampuan pukulan pemula belum begitu sempurna dan akurat. Diperlukan banyak latihan supaya bisa berkembang.
  • Pilih lapangan yang tersedia kelas golf di dalamnya, supaya kamu bisa melatih lagi skill dalam bermain golf. Nantinya di kelas ini kamu akan diajarkan oleh pelatih profesional
  • Pilih yang memiliki driving range. Driving range adalah area lahan golf yang difungsikan untuk berlatih pukulan golf yang berbeda dengan membidik target atau tiang bendera yang terletak di range. Dalam area ini kamu bisa memukul golf lebih dari 50 bola tanpa perlu mengkhawatirkan pemain lain dan terhindar dari panas atau hujan.
  • Pilihlah lapangan yang memiliki harga sewa murah. Mengingat area berolahraga golf bukan tempat sembarangan. Apalagi ditambahkan dengan fasilitas di dalamnya tentu biaya sewanya tidak sedikit. Namun jika kamu pandai mencari, beberapa lapangan golf menawarkan tarif green free di bawah Rp 1 jutaan.

Fasilitas yang Tersedia di dalam Lapangan Golf

Fasilitas yang Tersedia di dalam Lapangan Golf- jd.id
Source: Tripadvisor

Berbicara tentang golf tidak hanya tentang padang rumput hijau dan tempatnya yang menyegarkan. Tetapi juga mengenai fasilitas yang disediakan. Lapangan golf yang bagus dan terkenal biasanya menyediakan berbagai akomodasi di antaranya:

  • VIP Room berupa ruang pertemuan khusus bagi beberapa orang saja dengan fasilitas ruangan dan makanan yang disediakan.
  • Locker Room difungsikan untuk tempat menyimpan atau menitipkan barang saat akan golf.
  • Restaurant dengan berbagai menu makanan yang disediakan.
  • Shelter merupakan tempat untuk menunggu giliran memukul atau berteduh dari panas atau cuaca hujan.
  • Golf car digunakan sebagai alat transportasi berkeliling lapangan selama pertandingan golf.
  • Whirpool dan sauna sebagai tempat untuk berendam menggunakan air panas. Bentuknya hampir mirip seperti jacuzzi.
  • Driving Range atau disebut juga sebagai tempat berlatih golf yang didampingi dengan pelatih.
  • Pro shop bisa disebut juga sebagai tempat berbelanja peralatan golf yang diperlukan. Seperti sarung tangan, sepatu, tas golf, tongkat golf dan sebagainya.

Rekomendasi Lapangan Golf di sekitaran Jakarta

Rekomendasi Lapangan Golf di sekitaran Jakarta - JD.ID
Source: Indepedensi.com

Ada beberapa lapangan golf yang bisa kamu tandai untuk dikunjungi jika ingin mencoba berlatih langsung di area golf. Berikut beberapa rekomendasi tempatnya.

1. Pondok Indah Golf Course

Ini merupakan lapangan golf yang terletak di Jl. Metro Pondok Indah No.16, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan. Di bangun pada sekitar tahun 1976 arena ini memiliki standarisasi kelas dunia. Dengan perpaduan konsep arsitektur modern dan tradisional yang dibuat elegan.

Di dalamnya kamu bisa menikmati berbagai akomodasi seperti locker room, driving range, ball room, VIP room, swing café, whirlpool, mainhall dan sebagainya.

Adapun biaya untuk member dengan tipe sharing cart 9 hole dikenai tarif Rp 300.000. Sementara sharing cart 18 hole Rp 350.000.

2. Jakarta Golf Club

Jakarta Golf Club merupakan salah satu lapangan golf yang cukup tua namun terawat. Dibangun pada tahun 1932 lapangan ini berada di daerah Rawamangun Jakarta Timur. Kendati sudah lama berdiri, tetapi akomodasinya cukup lengkap.

Kamu bisa menemukan fasilitas seperti restoran, pro shop, meeting room dan driving range. Untuk tarifnya sendiri, kamu bisa menanyakan langsung melalui kontak reservasi yang tersedia di website resmi. Dikarenakan biayanya belum tertera secara jelas.

3. Sentul Highland Golf Club

Keistimewaan bermain di Sentul adalah dikelilingi dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, salah satunya pegunungan yang ada di sekitar bogor mengelilingi area bermain golf. Adapun alamat dari lapangan ini terletak di  Cijayanti Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Sayangnya kalau dilihat dari segi fasilitas, akomodasi yang disediakan di sini cukup sedikit hanya berupa ruang VIP, restoran Batu Jimbar dan Aula fungsi Batu Gede.

Untuk biaya green free tarifnya cukup berbeda-beda setiap harinya. Kamu bisa mengeceknya di situs resminya. Namun, untuk weekday public holiday AM dengan tipe regular dikenai tarif Rp 1.588.000 dan weekday public holiday PM tipe regular juga dikenai tarif Rp 1.188.000.

4. Damai Indah Golf

Damai Indah Golf terletak di dua lokasi yang berbeda yakni di kawasan BSD dan PIK (Pantai Indah Kapuk). Keduanya dirancang oleh arsitektur yang berbeda pula. Jika di BSD dirancang oleh Jack Nicklaus, sementara di PIK oleh Robert Trent Jones Jr.

Sehingga dari segi lapangan dan fasilitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Baik oleh pemula maupun profesional pemain golf.

Jika ingin mengunjungi, sebaiknya ketahui dulu tarifnya. Untuk weekday tipe member di BSD Course dikenai tarif Rp804.000. Kemudian untuk weekday tipe member PIK Course dimulai dengan harga Rp 974.000. Dan jika akhir pekan harganya bisa mengalami kenaikan hingga Rp 2.6 jutaan.

Itulah beberapa hal yang harusnya Sahabat JD ketahui tentang lapangan golf. Adapun jika mencari tariff yang murah dan mencukupi untuk belajar golf, kami merekomendasikan untuk belajar dahulu di driving golf untuk melatih keterampilan memegang stik golf hingga memukul bola dengan tepat.

Sahabat JD bisa memanfaatkan Kartu Keanggotan Golf dan Voucher yang disediakan oleh JD.ID yang dijual murah. Selain itu, jika membutuhkan perlengkapan golf lainnya juga tersedia dengan lengkap dan kualitas yang terbaik. Mulai dari tas golf, golf club, sarung tangan, bola golf dan sebagainya.

Semua barang tersebut #DijaminOri. Jadi, yuk belanja di JD.ID sekarang.