Tips Mudah Menjaga Kebersihan Mobil Selama Pandemi

0
86

Dimasa pandemic seperti ini tentunya kita jarang melakukan kegiatan diluar rumah karena peraturan pemerintah juga mengajurkan untuk kita tetap berada dirumah untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Walaupun jarang beraktivitas keluar ada baiknya kita tetap menjaga kebersihan mobil agar dikemudian masih tetap berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan yang parah. Cara yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat kondisi mesin mobil adalah dengan rutin memanaskan mobil minimal 3 hari sekali agar mesin tetap prima dan tidak mengalami kerusakan pada bagian mesin.

Selain kesehatan mesin, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan mobil, dimana dengan menjaga mobil tetap bersih akan mempengaruhi beberapa hal seperti menjaga kondisi cat mobil agar tidak kusam karena kotoran yang menumpuk. Ketika hendak mencuci mobil sebenarnya anda memiliki dua pilihan antara mencuci sendiri atau pergi ke salon mobil yang akan membutuhkan biaya lebih. Jika ingin mencuci mobil sendiri, ada beberapa tips yang bisa membantu anda mencuci mobil dirumah.

Tahapan Membersihkan Eksterior Mobil dengan Aman

Menjaga kebersihan mobil

  1. Siapkan Peralatan Untuk Mencuci Mobil

Langkah yang paling pertama dalam menjaga kebersihan mobil adalah mempersiapkan semua alat seperti lap microfiber, ember, sabun khusus mobil, selang, dan air mengalir, selain itu kamu harus memastikan bahwa semua barang yang kamu gunakan aman untuk body mobil.

  1. Basahi Mobil Dengan Air Bersih

Sebelum mencuci mobil dengan sabun sebaiknya kamu membilas mobil dengan air bersih, agar kotoran yang menempel bisa ter urai sehingga nantinya mudah dibersihkan dan menjamin kebersihan mobil yang maksimal.

  1. Cuci Mobil Menggunakan Sabun

Setelah membilas mobil dengan air bersih barulah kamu bisa mencucinya menggunakan sabun, pada bagian ini kamu harus pastikan bahwa sabun yang digunakan khusus untuk mencuci mobil karena akan mempengaruhi hasil akhir kebersihan mobil.

  1. Bersihkan Bagian Ban dan Velg

Pada sektor kaki-kaki juga sangat mempengaruhi hasil akhir tampilan mobil kamu kamu oleh karena itu jangan lupa mencuci secara mendetil bagian ini agar kebersihan mobil menjadi semakin maksimal. Setelah itu kamu bisa memberikan semir pada bagian dinding ban sehingga menimbulkan efek mengkilap pada bagian ban.

  1. Bilas dan Keringkan Mobil Dengan Benar

Setelah melakukan pencucian ada baiknya kamu membilas mobil secara menyeluruh agar kebersihan mobil dapat terjamin dan tidak ada kotoran yang tersisa, lalu setelah itu kamu wajib mengeringkan mobil dengan lap microfiber. Pengeringan menjadi penting karena jika air yang menempel tidak langsung di lap dapat menyebabkan waterspot pada body mobil.

Cara Menjaga Kebersihan Interior Mobil agar Lebih Mengkilap

Perawatan Interior Mobil

Setelah melakukan perawatan dan pencucian pada bagian eksterior akan membuat mobil kamu tampak seperti baru, namun jangan lupakan kebersihan mobil pada bagian interior, karena selama menyetir kamu berada di dalam mobil sehingga kenyamanan di dalam mobil juga harus diperhatikan. Berbeda dari membersihkan eksterior, ketika membersihkan interior kamu tidak perlu membilasnya dengan air karena di dalam mobil terdapat panel alat elektronik seperti head unit dan elektronik lainnya.

Untuk menjaga kebersihan mobil pada bagian interior mobil kamu cukup menggunakan vaccum, cairan khusus interior mobil, dan kain microfiber, caranya cukup simple pertama kamu bersihkan semua debu yang ada di seluruh bagian interior hingga ke sela-sela pintu, jok, atau cup holder kemudian setelah semua debu sudah dibersihkan langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengoleskan cairan khusus interior mobil menggunakan kain microfiber untuk melembapkan bagian kulit pada panel pintu dan bagian deck interior mobil. Kegiatan tersebut akan sangat berguna untuk merawat kebersihan mobil dan mempertahankan penampilan dan umur dari interior kamu, sehingga tetap fresh dan tampak seperti baru.

Itu dia tips dan trick yang bisa sobat JD lakukan dirumah untuk merawat dan menjaga mobil agar tetap bersih dan terawat. jika kamu sedang mencari sabun khusus mobil atau bahan pembersih interior mobil bisa kamu dapatkan di JD.ID #DijaminOri.