Sebagian orang para karyawan sudah hampir satu bulan menjalani work from home (bekerja dari rumah) karena dampak pandemi COVID-19 dan entah sampa kapan kondisi ini akan berakhir. Meski hanya di rumah, namun banyak orang justru merasa lebih mudah merasai lelah ketika bekerja dari rumah (WFH).

Selain itu, banyak yang juga merasakan jam kerjanya lebih panjang daripada hari-hari biasanya bahkan telebih di kala akhir pekan merka harus tetap stand by dan tetap bekerja seperti hari biasanya. Jika kamu salah satunya, berikut ini alasan yang mungkin menjadi penyebabnya:

1. Rutinitas Berubah Drastis

Segala hal di sekeliling kita berubah selama pandemi ini berlangsung, termasuk kehidupan sehari-hari. Sementara waktu tidur kita diatur oleh ritme sirkadian atau jam tubuh dalam 24 jam. Ritme ini berfungsi ketika tubuh bekerja dalam rutinitas, seperti terpapar sinar matahari, makan dan bekerja.

Ketika kita terus berada di dalam ruangan dalam waktu lama, jam biologis tersebut pun menjadi kacau. Bekerja dari rumah membuat batasan waktu kerja dan kehidupan pribadi menjadi lebih kabur, itulah sebabnya sebagian orang merasa waktu kerjanya menjadi lebih panjang. Kondisi ini membawa dampak besar pada tingkat energi kita.

2. Menghabiskan Banyak Waktu di Tempat Tidur

Work From Home mungkin membuat banyak dari kita bekerja dari tempat tidur. Meski terdengar nyaman, namun kondisi ini akan membuat tempat tidur diasosiasikan sebagai tempat untuk tetap terjaga dan akan mengganggu rutinitas tidur malam kita.

Selain itu, semakin lama waktu dihabiskan di tempat tidur, akan semakin tinggi pula keinginan kita untuk menambah waktu tidur. Maka, demi kuantitas dan kualitas tidur yang tepat, usahakan bekerja di luar tempat tidur, terutama pada pagi dan siang hari.

3. Banyak Menggunakan Gawai

Pembatasan sosial membuat kita semua lebih banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan gawai, menggunakan internet dan mengakses media sosial. Terhubung dengan orang lain memang penting, namun ketika kita melakukannya terlalu banyak maka energi yang dihabiskan juga lebih banyak.

Selain itu, sinar biru pada layar juga bisa mengganggu ritme sirkadian serta membuat tubuh bingung membedakan antara siang dan malam hari. Tidak hanya itu, penggunaan gawai teramat sering selama bekerja dari rumah juga membuat mata kamu lebih cepat lelah. Oleh karena itu usahakan atur pencahayan gawaimu dengan bijak serta atur pencahayaan ruang kerja.

4. Kecemasan

Berada di situasi penuh ketidakpastian seperti sekarang ini membuat sebagian orang merasa stres dan cemas. Stres berkepanjangan bisa berdampak besar terhadap tubuh dan pikiran kita.

Rasa cemas tidak bisa bertemu lagi dengan orang-orang tercinta, kehilangan pekerjaan, dan lainnya. Semua kekhawatiran ini bisa membuat kita lelah secara emosional dan memicu rasa kurang berenergi.

Untuk mengantisipasi itu semua hal yang kamu dapat lakukan adalah, banyak beraktifitas agar tubuh terasa lebih ringan serta rutin melakukan olahraga. Hal itu semua pun harus diseimbangin dengan asupan pola makan yang sehat, seperti mengkonsumsi makanan berserat dan juga buah-buahan. Asupan multivitamin pun penting agar kamu dapat tetap bugar selama bekerja dari rumah.

Seluruh kebutuhan tersebut dapat kamu konsumsi sehari-hari, dan jangan bingung, JD.ID mengerti semua kebutuhan kamu. Kamu cukup memesan multivitamin, bahan pangan dan segala kebutuhan lainnya cukup #DariRumahJugaBisa. Hal tersebut sekaligus mendukung program pemerintah saat ini untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Belanja sekarang juga di JD.ID dan dapatkan berbagai promo menarik menjelang Ramadhan hanya di JD.ID