5 Cara Mengasah Pisau Dapur Agar Setajam Silet!

0
919
5 Cara Mengasah Pisau Dapur Agar Setajam Silet
Source: Shanzu

Keahlian dalam cara mengasah pisau sangat diperlukan, terutama oleh ibu-ibu atau chef yang terbiasa memasak di dapur. Pasalnya, cukup terganggu rasanya mengetahui benda tajam yang biasa dipakai untuk mengiris, memotong hingga mencincang makanan ini menjadi tumpul. 

Hal tersebut bisa membuat proses menjadi lebih lama, irisan bentuk makanan jadi kurang rapi, bahkan membahayakan tangan jika terus dipaksakan. Nah, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera asah pisau yang dimiliki, agar kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik yang Wajib Kamu Miliki

Cara Mengasah Pisau Agar Lebih Tajam

Cara Mengasah Pisau Agar Lebih Tajam
Source: Cloudinary.com

Saat ini ada berbagai media yang bisa kamu gunakan untuk menajamkan pisau. Dengan memanfaatkan batu asahan hingga amplas, kamu bisa mendapatkan kembali pisau dapur seperti sediakala. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, kita simak bersama-sama di bawah ini! 

1. Cara Mengasah Pisau Menggunakan Batu Asahan 

Bisa dibilang jika cara ini termasuk yang umum dilakukan untuk mengembalikan ketajaman pisau. Dibuat dari batu kali, asahan ini memiliki bentuk seperti balok persegi panjang yang berfungsi layaknya amplas, yakni untuk menghaluskan permukaan pisau seperti semula saat pertama kali beli. Namun, sebelum mengaplikasikannya perhatikan dulu beberapa hal ini berikut ini:

  • Rendam batu asahan sebelum menggunakannya dalam air, selama 5-10 menit untuk menghilangkan gelembung yang ada di sekitarnya.
  • Letakkan di alas yang tepat agar tidak licin saat dipakai mengasah. 
  • Pelan-pelan mulailah pegang pisau dengan sudut 20 derajat.
  • Tarik perlahan searah setiap sisinya beberapa kali agar mulai menajam.

Jika saat mengasah pisau batu mulai mengering, cipratkan air ke benda tersebut untuk mempermudah gosokan. Ulangi gerakan hingga beberapa kali sesuai ketajaman yang diinginkan.   

2. Menggunakan Alat Pengasah Pisau Elektrik (Swifty Sharp)

Biasanya para ibu enggan menggunakan batu asahan karena takut tangannya menjadi kasar dan terluka. Tidak masalah, karena kamu bisa mencoba menggunakan mesin pengasah pisau elektrik, salah satunya datang dari Swifty Sharp

Mesin ini bisa mengembalikan ketajaman berbagai benda tidak hanya pisau, tetapi juga gunting, pisau roti, pisau steak, pisau blender hingga obeng. Tanpa keahlian khusus, proses pengasahan bisa berjalan dengan mulus dan caranya cukup mudah, yakni:

  • Tempelkan mata pisau pada lubang Swifty Sharp yang tersedia,
  • Motor mesin akan bergerak dan mulai mengasah permukaan pisau dari sisi kanan hingga kiri.
  • Pastikan kamu sudah mengisi daya mesin tersebut menggunakan empat buah baterai A3.

Baca Juga: Hemat Tenaga Dengan Mengunakan Alat Asah Pisau Elektrik

3. Memakai Stik Baja Karbon

Alat lainnya yang bisa kamu pakai untuk menajamkan pisau adalah stik baja karbon. Namun, perlu diingat bahwa cara menggunakannya tidak sembarangan. Setidaknya pastikan jika panjang stik dan pisau memiliki ukuran yang sama, serta pisau yang diasah harus langsung di lap menggunakan handuk untuk menghilangkan serpihan logam yang tersisa. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

  • Pegang stik pengasah di tangan kiri dan pisau di tangan kanan, atau pun kebalikannya jika kamu banyak menggunakan tangan kiri dibanding tangan kanan.
  • Arahkan pisau melintang sampai menyentuh stik besi
  • Gesek pisau secara perlahan sebanyak 10 kali sampai mata pisau mulai menajam 
  • Lap menggunakan kain kering. 

4. Cara Mengasah Pisau dengan Kertas Amplas 

Bila tiga benda di atas tidak kamu miliki, solusinya bisa juga menggunakan kertas amplas. Sebagaimana kita tahu bahwa fungsi item dalam alat pertukangan adalah untuk menghaluskan permukaan benda yang kasar, seperti pada material kayu sebelum finishing.

Lewat manfaatnya tersebut, ternyata amplas bisa dimanfaatkan juga untuk menajamkan perkakas dapur. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti, tatakan amplasnya baik berupa kayu atau balok besi dengan permukaan rata, potongan amplas yang telah disesuaikan ukurannya baik grit 800 atau 1000, serta penjepit buku agar amplas bisa ditempelkan ke tatakan. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti cara ini ya.

  • Amplas yang telah di tempel di tatakan dibasahi dengan sedikit air,
  • Mulai asah pisau dengan gerakan satu arah secara pelan-pelan. 
  •  Asah dengan gerakan bolak balik (sisi kanan atau kiri) sebanyak 10 kali sampai  perkakas dapur ini menjadi  tajam. 

5. Memanfaatkan Piring Keramik 

Di antara semua step di atas, cara mengasah pisau yang satu ini bisa menjadi life hack yang menarik untuk dicoba terutama, bagi ibu-ibu yang tidak ingin ribet mencari perkakas untuk menajamkan pisau dengan memanfaatkan piring keramik, berikut beberapa kiatnya,  

  • Cukup menggunakan bagian bawah tatakan piring keramik, 
  •  Asah pisau dengan gerakan searah dan perlahan. 
  • Bila perlu, cipratkan air untuk mempermudah pengasahan. 

Itulah lima cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan ketajaman pisau. Dengan mempraktikkan cara tersebut, kegiatan memotong atau mengiris bahan makanan jadi lebih mudah dan cepat. 

Jika berminat ingin mendapatkan berbagai alat pengasahan ini, kamu juga bisa memiliki produknya di JD.ID, karena tersedia berbagai macam item yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli pisau yang beragam di JD.ID, seperti pisau iris, besar, serbaguna, fillet hingga pisau roti yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.  

Dengan membeli di sini, dapatkan penawaran harga spesial melalui berbagai promo menarik berupa diskon, voucher dan cashback untuk bisa dinikmati. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang juga produk yang kamu butuhkan hanya di sini!