Apa Itu Vinyl dan Bagaimana Cara Memasangnya?

0
1212
apa itu vinyl, jenis, dan cara memasangnya

Di jaman yang modern ini, ada banyak cara yang cermat dan murah untuk mendekorasi rumah agar tampak estetik kekinian. Salah satunya yakni dengan mengganti lantai kamu dengan lantai vinyl. Tapi apa itu lantai vinyl?

Yuk Kenali Apa Itu Lantai Vinyl

Lantai vinyl merupakan material lantai sintetis yang lentur namun kuat dan terdiri dari beberapa lapisan yakni compact layer, glass fiber, dan printing layer. Lapisan paling luar adalah UV Coated Wear Layer. Lapisan ini nampak mengkilap dan terkesan licin.

Vinyl juga sering dijadikan sebagai pelapis dari lantai untuk pengganti ubin atau keramik. Selain harganya yang murah vinyl juga memiliki bahan yang tahan terhadap air, anti rayap, mudah diaplikasikan, dan juga memiliki banyak motif menarik seperti aslinya.

Berbagai Motif yang Paling Digemari Masyarakat untuk Macam Jenis Ruangan

Motif dari vinyl tentunya sangat beragam, tak heran banyak masyarakat yang meliriknya. Ingin tahu apa saja motif yang sedang hype dan digemari oleh masyarakat? Yuk simak!

1. Motif Kayu 

motif kayu

Motif kayu ini sangat estetik dan banyak digemari oleh masyarakat kekinian. Pada umumnya lantai vinyl motif kayu digemari oleh para remaja atau pasangan muda.

2. Moroccan Style

apa itu vinyl Moroccan

Moroccan style ini juga tak kalah hits dengan lantai vinyl motif kayu. Meskipun pada umumnya penggemar style ini yakni oleh mereka yang sudah memiliki umur atau mereka yang pecinta seni / art.

3. Motif Marmer

motif marmer marble

Tipe lantai vinyl yang satu ini pastinya sudah tidak diragukan lagi peminatnya, baik orang tua ataupun anak muda semuanya sangat menyukainya. Hal ini dikarenakan motifnya yang menyerupai marmer asli dan terkesan sangat mewah.

Cara Memasang Lantai Vinyl yang Benar

Jika sudah membasah apa itu vinyl dan berbagai motif yang dimilikinya, sekarang saatnya membahas bagaimana cara memasang vinyl. Sebenarnya lantai vinyl sendiri memiliki 4 jenis tipe diantaranya yakni lantai vinyl plank, vinyl tile, vinyl roll, dan vinyl click. Ini dia tahap memasang vinyl yang benar:

  1. Ukur terlebih dahulu ruangan yang ingin kamu renov.
  2. Kosongkan ruangan dan keluarkan segala jenis furniture yang ada.
  3. Bersihkan lantai terlebih dahulu. Tujuannya agar ketika vinyl di tempel permukaan dapat rapih dan mulus.
  4. Lepaskan pintu. Hal ini penting karena dengan melepas pintu proses pemasangan agar lebih efisien dan mudah, tanpa ada yang menghalangi.
  5. Apabila lantai saat ini berupa keramik, kamu bisa melapisi compound terlebih dahulu. Tujuannya agar permukaan dapat rata dan tak ada gelombang.
  6. Jika lantai sudah kerinig dan bersih, kamu bisa memasangkan vinyl secara terbalik terlebih dahulu untuk memastikan ukuran yang tepat.
  7. Lem permukaan lantai dan mulailah proses penempelan vinyl. Dalam hal ini, pastikan kamu menempel dengan hati-hati ya. Jangan sampai ada gelombang atau kemiringan.
  8. Potong vinyl dengan cutter sesuai ukuran yang dibutuhkan.
  9. Finishing, kamu dapat mengeceknya kembali dan memukulnya dengan palu khusus untuk merekatkan lebih kuat antara lantai dan vinyl.

Untuk vinyl roll memiliki bentuk seperti karpet sehingga kamu harus memotong vinyl sesuai dengan ukuran ruangan secara tepat. Dan barulah kamu dapat memberikan lem pada lantai dan memasangnya dengan hati-hati.

Sedangkan untuk lantai vinyl click pastinya tidak membutuhkan lem dan merupakan jenis vinyl yang paling mudah dipasang karena ia memiliki desain dengan pengunci khusus. Pastinya dengan teknik ini jauh lebih rapih dan sempurna.

promo diskon big sale JD.ID 6 th anniversary

Bagi kamu yang ingin mencoba merenovasi berbagai ruangan di rumah kamu, kamu bisa memulainya dengan mengubah lantai menjadi lebih estetik kekinian dengan lantai vinyl. Untuk membeli 4 jenis lantai vinyl tersebut, kamu bisa kunjugi JD.ID ya.

Selain ada promo diskon yang menanti, barang yang kamu dapatkan pun dijamin 100% original dengan kualitas unggulan. Metode pembayarannya pun mudah dan banyak pilihan. Gak cuma itu saja, kamu juga mendapatkan layanan pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ke seluruh Indonesia loh! Tunggu apalagi yuk ubah ruangan kamu jadi kenian meski budget pas-pasan!