Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Dirumah, Mudah dan Praktis!

0
270
cara membuat lilin aroma terapi
Source: Pixabay

Cara membuat lilin aroma terapi ternyata tidak sulit dan bisa kamu buat dirumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Wangi dan aroma yang dihasilkan oleh aroma terapi ini bisa memberikan efek relaksasi ketika menghirup aroma tersebut.

Selain bisa digunakan untuk keperluan dirumah, biasanya lilin aroma terapi juga bisa dijadikan sebagai hadiah bagi teman atau kerabat yang sedang ulang tahun, atau sebagai hadiah hari raya.

Sekarang ini lilin aroma terapi sangat mudah didapatkan dan dibeli, tetapi terkadang harga yang ditawarkan cukup menguras kantong. Tetapi jika kamu bisa membuat lilin aroma terapi, pengeluaran yang akan dikeluarkan akan jadi lebih sedikit meskipun membutuhkan usaha lebih. Kira-kira alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Lebih Awet Digunakan

Cara Membuat Lilin Aroma Terapi serta Alat dan Bahan yang Dibutuhkan.

tahapan dan cara membuat lilin aroma terapi
Source: Herworld

Pembuatan lilin aroma terapi ini tidak sulit dan juga barang yang digunakan juga sangat mudah ditemukan dan tidak mahal untuk didapatkan. Berikut bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat sebuah lilin aroma terapi.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Source: Harpers

Untuk membuat lilin aroma terapi kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk memudahkan kamu selama proses pembuatan.

  • Lilin Biasa
  • Minyak Aromaterapi
  • Wadah (Untuk Lilin Aroma Terapi)
  • Sumbu
  • Panci atau Mangkok (Tahan Panas)
  • Pewarna Makanan (Opsional)
  • Tusuk Gigi atau Tusuk Sate (untuk Penyangga Sumbu)

Baca Juga: 3 Cara Mudah Membuat Slime di Rumah

Tahapan dan Cara Membuat Lilin Aroma Terapi

Source: Mybigproperty

Jika semua alat dan bahan sudah disiapkan, maka kamu bisa mengikuti tahapan dibawah ini untuk membaut lilin aroma terapi.

  • Tahapan pertama, siapkan wadah untuk lilin lalu siapkan sumbu dan sesuaikan ukurannya dengan wadah yang digunakan, lalu tempatkan sumbu tersebut di bagian tengah wadah dan disanggah menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate.
  • Beralih ke pembuatan lilin, ambil empat hingga lima batang lilin berwarna putih, setelah itu potong lilin menjadi potongan kecil dan sekaligus pisahkan sumbu lilin tersebut.
  • Masukkan potongan lilin ke dalam mangkok, lalu kamu siapkan panci dan di isi dengan air hingga memenuhi setengah bagian dari panci tersebut. lalu panaskan air tersebut
  • Setelah air mendidih cara membuat lilin aroma terapi selanjutnya adalah dengan meletakkan mangkok yang berisi lilin ke dalam air mendidih tersebut (pastikan api dalam keadaan kecil)
  • Rebus lilin hingga mencair dan sambil terus diaduk, untuk mempercantik tampilan lilin, kamu bisa tambahkan pewarna makanan sesuai yang kamu inginkan. Lalu aduk hingga merata
  • Setelah itu, matikan api sambil terus mengaduk lilin
  • Sambil mengaduk, teteskan aroma terapi sesuai dengan aroma yang kamu inginkan, biasanya untuk 500gr lilin 10 hingga 15 tetes aroma terapi sudah sangat cukup.
  • Setelah semua tercampur rata, tuangkan lilin kedalam wadah yang sudah sebelumnya yang sudah dipasangkan sumbu.
  • Setelah itu diamkan lilin hingga mengeras, dan lepaskan sumbu dari tusuk gigi atau tusuk sate dan lilin sudah siap untuk digunakan.

Itu dia cara membuat lilin aroma terapi yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Bagi kamu yang belum memiliki alat dan bahan untuk membuat aroma terapi kamu bisa menemukannya di JD.ID.

Selain alat dan bahan untuk membuat lilin aroma terapi, bagi kamu yang gak mau ribet kamu juga bisa langsung membeli lilin aroma terapi yang sudah jadi.

Dengan berbelanja di sini kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan menggunakan promo seperti kupon voucher, potongan harga, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Untuk menikmati semua promo menarik tersebut kamu bisa mengunjungi website atau aplikasi JD.ID. jangan sampai kelewatan dan belanja di JD.ID Sekarang!