Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, Cepat dan Mudah

0
222
Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, Cepat dan Mudah
Ilustrasi: Freepik

Baju putih memang cantik untuk dikenakan karena warnanya yang netral dan masuk dalam segala jenis outfit. Sayangnya warna putih sangat rentan terhadap kotoran dan debu hingga menimbulkan noda. Jika sudah terkena noda pastinya akan sangat mengganggu penampilan bukan? Lalu bagaimana cara menghilangkan noda di baju putih? 

Memang benar perawatan untuk baju putih dapat dikatakan tak semudah baju yang bewarna gelap. Apalagi jika bahannya sangat lembut seperti kain satin atau kain sutera. Pastinya kamu harus hati-hati dalam membersihkannya agar baju tidak rusak.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda di baju putih, namun sebelum mengetahui tips and trick tersebut, yuk ketahui dahulu apa saja sih penyebab munculnya noda pada baju putih.

Penyebab Munculnya Noda Pada Baju Putih

Noda Baju
Ilustrasi: IStockphoto

Sebelum kamu mempelajari tips and trick untuk menghilangkan noda pada baju putih, kenali dahulu penyebab munculnya noda tersebut. Ada beberapa penyebab yang dapat memunculkan noda, diantaranya:

1. Noda Kerah dan Ketiak di Baju Putih

Noda kuning ini sering muncul pada bagian ketiak dan juga kerah. Noda tersebut disebabkan oleh biang keringat. Penggunaan deodoran yang mengandung antiperspiran rupanya mampu meninggalkan jejak kuning saat tercampur oleh keringat.

2. Noda Akibat Pemutih

Tahukah kamu bahwa penggunaan cairan pemutih terlalu banyak justru akan membuat noda kuning pada baju putih? Oleh karena itu kamu tetap baca ketentuan cara penggunaan pada cairan pemutih ya!

3. Noda Akibat Penyimpanan

Apabila kamu sering menyimpan pakaian dalam kardus atau lemari kayu. Siap-siap saja baju putih kamu akan mendapati noda. Hal ini dikarenakan kayu akan meberikan reaksi asam yang lebih cepat dan mampu menimbulkan noda pada pakaian.

4. Noda Tinta di Baju Putih

Bagi para Moms yang sudah memiliki buah hati, seragam sekolah bewarna putih bersih tentunya sudah menjadi pakaian yang wajib digunakan untuk sehari-hari bukan? Nah, seringkali si kecil menaruh bolpoin, pensil, dan alat tulis lainnya pada saku mereka. Ini dia yang menjadi noda biru membandel.

5. Noda Pada Baju Putih karena Makanan

Coklat, saos, kecap, minyak, dan makanan serta minuman lainnya merupakan noda yang sering sekali menempel saat sedang makan. Jika tidak hati-hati tentu saja tanpa ragu-ragu noda tersebut bisa mengenai baju putih kamu.

6. Noda Debu dan Kotoran yang Menempel di Baju Putih

Nah noda kali ini biasanya sangat sering dilakukan oleh si kecil pula. Karena keasikan bermain segala macam jenis kotoran dan debu menempel dengat lekatnya pada pakaian. Mulai dari tanah hingga lumpur. Jadi bagaimana cara atasi noda tersebut?

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Cara Hilangkan Noda di Baju Putih
Ilustrasi: Freepik

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai noda di baju putih. Beberapa cara ini juga sangatlah mudah dan bahannya pun sangat mudah didapatkan lho! Apa saja itu?

1. Campuran Baking Soda dan Air

Pertama-tama campurkan 4sdm baking soda dengan 1/4 cangkir air hingga mengental atau membentuk pasta. Oleskan pada noda, setelah itu gunakan sikat yang halus seperti sikat gigi untuk menggosoknya secara perlahan. Diamkan selama tiga puluh menit hingga satu jam, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi jika noda masih ada.

2. Cuka Putih untuk Noda Kuning Membandel di Baju Putih

Noda kuning masih sulit dihilangkan? Tenang kali ini bisa gunakan cuka putih. Campurkan dua sendok makan cuka putih dengan satu cangkir air dingin. Lalu rendam noda tersebut pada air cuka yang dibuat tadi kurang lebih selama tiga puluh menit lamanya. Setelah itu bilas, dan cuci baju seperti biasa.

3. Gunakan Cairan Pemutih Pakaian

Dalam penggunaan cairan pemutih haruslah hati-hati. Terlalu banyak menggunakannya justru akan menimbulkan noda. Oleh sebab itu ikuti aturan yang ada pada kemasan. Cara yang paling sering digunakan yakni, oleskan sedikit cairan pemutih pada noda, kemudian gosok sedikit agar cairan pemutih mersap dengan baik.

Selanjutnya tuang 30 ml cairan pemutih pada 2 liter air. Rendam baju tersebut selama lima hingga lima belas menit lamanya. Kemudian bilas dengan air dingin kemudian cuci seperti biasa. Penggunaan cairan pemutih ini sangat cocok untukl noda bekas tinta atau lumpur.

4. Gunakan Pasta Gigi dan Lemon

Pasta gigi yang digunakan kali ini pastikan yang bewarna putih juga, biasanya lebih ampuh. Kamu bisa oleskan setengah ibu jari pasta gigi pada setiap noda. Gunakan sikat gigi halus untuk menggosoknya. Diamkan selama satu jam. Untuk hasil yang maksimal kamu juga bisa gunakan perasan lemon setelahnya. Gosok kembali dan noda pun akan hilang.

5. Gunakan Deterjen 

Kamu juga bisa gunakan deterjen biasa untuk menghilangkan berbagai noda. Karena deterjen sekarang sudah berinovasi terhadap berbagai macam noda yang membandel, jadi kamu tak perlu khawatir lagi untuk mengenakan baju putih. Noda makanan, minuman, dan lumpur sekalipun akan hilang dalam sekali cuci.

Sedikit tambahan tips pula, apabila baju putih kamu terkena noda segera bilas dengan air, atau semprotkan handsanitizer lalu gosok dengan tissue basah. Ini bisa menjadi salah satu tindakan utama untuk menyamarkan noda.

Promo JD ID Pemutih dan pemberih baju

Untuk mendapati semua bahan diatas, kamu tak perlu pusing dn repot-repot pergi ke supermarket lho! Cukup dengan aplikasi JD.ID kamu bisa membeli segala kebutuhan rumah tangga dengan lengkap dan harga yang terjangkau.

Selain ada banyak promo diskon menarik, JD.ID juga memberikan layanan pengiriman yang cepat, aman, dan gratis ke seluruh Indonesia. Dapatkan pula keuntungan lainnya seperti JD Point, voucher cashback, serta pembayaran yang mudah dan jaminan produk original. Tunggu apalagi yuk cek promonya sekarang juga!