Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Selama Bulan Puasa

0
1099
rak penyimpanan kulkas

Sayur mayur memang cepat sekali layu dan tak segar. Dengan mengonsumsi sayur yang tak segar, vitamin dan mineral yang dikandungnya pun berkurang. Oleh sebab itu kamu harus ketahui cara menyimpan sayur di kulkas yang benar agar tidak cepat busuk selama bulan puasa ini.

Di bulan Ramadhan, alangkah baiknya berbuka dan sahur dengan makanan yang bernutrisi. Jika kamu sangat menyukai gorengan atau makanan yang berminyak, alangkah baiknya kamu dampingi pula dengan sayur-sayuran.

Tujuannya tak lebih dari untuk menjaga sistem pencernaan kamu serta memberikan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kamu selama bulan puasa ini. Namun ingat pastikan kamu mengonsumsi sayur-sayuran yang segar ya!

Ini Dia Cara Menyimpan Sayur di Kulkas yang Benar Selama Bulan Puasa

Untuk menyimpan sayuran rupanya cukup sulit. Dengan menaruh di suhu ruang pastinya tidak akan bertahan lama, namun temperatur yang rendah serta kelembapan udara yang tinggi di dalam kulkas pun bisa membuat sayuran jadi cepat layu. Maka dari itu, yuk simak cara yang tepat untuk menyimpan sayur mayur di kulkas.

1. Cuci Bersih Sayur

cuci bersih sayur

Tahap pertama kamu dapat mencuci bersih sayur. Disarankan untuk cuci per helai, pastikan bahwa tak ada ulat ataupun telur ulat pada sayur. Jangan lupa sambil mencuci, sortir pula sayuran. Buang atau potong daun yang sudah layu.

2. Rendam Sayur

cara menyimpan sayur di kulkas dengan alat pembersih sayur atau ultrasonic food cleaner

Jangan lupa ambil baskom dan rendam sayur dengan air garam atau menggunakan alat pencuci buah dan sayur ultrasonic. Fungsi dari ultrasonic food cleaner ini yakni untuk membersihkan peptisida, zat kimia, kuman, serta bakteri yang tak kasat mata.

Apabila kamu memiliki budget lebih alat ini sangat direkomendasikan karena jauh lebih ampuh menghilangkan segala jenis bakteri dan zat kimia.

3. Tiriskan dan Tunggu Hingga Kering

tiriskan sayur

Tahap ini kamu bisa langsung tiriskan sayur dan segera langsung memasaknya. Namun apabila sayur tidak ingin dimasak terlebih dahulu, kamu bisa tunggu hingga kering atau sedikit air saja.

4. Bungkus dengan Kertas atau Plastik

kertas pembungkus buah dan sayuran
Source: Sharp Indonesia

Jika kiranya sayur sudah sering, kamu bisa bungkus dengan kertas atau plastik yang berlubang. Ingat jangan ikat rapat-rapat plastik. Hal tersebut membuat plastik menjadi lembab dan mengembun. Hal inilah yang membuat sayur cepat busuk dan layu.

5. Masukan Sayur ke Dalam Kulkas

kulkas dengan teknologi interver

Setelah sayur sudah terbungkus dengan baik, kamu bisa masukan sayuran ke kulkas. Ingat satu jenis sayuran satu bungkus, jangan campur dengan buah atau sayuran lainnya. Usahakan pula kamu menyimpan dalam keadaan utuh ya, bukan dalam bentuk potongan kecil.

6. Simpan Dalam Rak Kulkas

rak kulkas

Agar kulkas terkesan lebih rapih kamu dapat menyimpannya dalam rak-rak kecil di dalam kulkas. Hal ini juga mencegah sayur terkontaminasi dengan makanan lainnya. Misalnya tertumpah kuah makanan dan hal serupa lainnya.

7. Atur Temperatur Suhu dalam Kulkas

suhu kulkas
Source: Dekoruma

Pastikah bahwa kamu telah mengatur suhu yang tepat untuk kulkas. Suhu yang baik untuk sayuran yakni 1 – 4 derajat celcius.

Sebenarnya selain dari 7 cara menyimpan sayur di kulkas diatas, kamu juga harus memperhatikan kulkas yang kamu gunakan. Apakah kulkas yang kamu gunakan memiliki teknologi inverter, ion plasmacluster, dan berbagai macam teknologi lainnya.

promo big sale JD.ID home living

Dengan segala teknologi yang ada pastinya sayur yang di simpan dalam kulkas pun menjadi tetap segar untuk menu berbuka maupun sahur. Bagi kamu yang ingin memiliki berbagai macam kulkas dengan teknologi terkini bisa segera kunjungi JD.ID.

Selain memberikan jaminan 100% produk original, kamu juga bisa nikmati promo diskon menarik untuk pembelian segala jenis barang elektronik loh! Tak hanya itu kamu juga akan mendapatkan layanan pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ke seluruh Indonesia.