Cara Merawat Kucing Kitten yang Baik dan Benar untuk Pemula

0
5487
cara merawat kucing
Source: Pixabay

Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara anak kucing, ataupun memiliki kucing kecil tanpa indukan ada baiknya kamu mengetahui cara merawat kucing yang tepat.

Anak kucing memang terlihat lucu dan menggemaskan, namun untuk merawatnya kamu membutuhkan usaha dan ketelitian yang cukup besar.

Berbicara soal memelihara hewan, tentunya ada beberapa perlengkapan yang kamu butuhkan untuk memudahkan kamu dalam merawat kucing peliharaan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Memelihara Hewan

Agar lebih mudah untuk dipahami, berikut ini adalah beberapa cara dan juga perlengkapan yang kamu butuhkan untuk merawat seekor anak kucing.

Perlengkapan dan Cara Merawat Kucing Kitten

Banyak hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin merawat anak kucing, mulai dari kandang, makanan, grooming, hingga susu. Jika semua perlengkapan sudah terpenuhi, berikut cara untuk merawat kucing kitten yang perlu diketahui oleh pemula.

1. Rutin Berikan Susu dan Vitamin

Dot / Botol susu kucing/anjing 100 ml biru 1Botol Susu Kucing 100ml BiruBeli

Cara merawat kucing kitten yang tidak memiliki induk sedikit lebih rumit, kamu harus rutin untuk memberikan susu serta vitamin. Untuk membantu kamu dalam memberikan susu, kamu bisa menggunakan botol susu kucing 100ml ini agar lebih mudah ketika memberikan susu.

2. Cara Merawat Kucing dengan Menyediakan Litter Box untuk Buang Kotoran

PetshopMurah - Pasir Gumpal Wangi Kucing 1kg Gumpal Cat Litter Sand Wangi 1 kg 1
Pasir Gumpal Wangi 1kg
Beli

Ketika kucing membuang kotoran, tentunya aromanya akan menggangu kamu ketika beraktivitas di dalam rumah karena ada bau yang kurang sedap. Untuk itu kamu bisa menggunakan pasir gumpal wangi, sehingga ketika kucing membuang kotoran tidak akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

3. Rutin Membersihkan Kandang dan Litter Box

Serokan Pasir Kucing 1Serokan Pasir Kucing Light GreenBeli

Merawat seekor anak kucing akan sangat rentan untuk terkena penyakit atau kuman jika kebersihan kandang tidak diperhatikan. Kamu harus rutin membersihkan kebersihan kandang mulai dari mengganti air minum hingga kotoran yang ada di litter box.

Jika kamu merasa membersihkan pasir kucing kurang higenis, kamu bisa menggunakan serokan pasir kucing agar lebih mudah. Dengan serokan ini kamu bisa langsung memisahkan antara pasir yang sudah menggumpal dengan pasir yang masih kering.

4. Cara Merawat Kucing dengan Dimandikan Secara Rutin

YAOU shampo pencegah kutu anjing kucing dan kelinci wangi - 100ml 3Matching Shapes FruitBeli

Selain kebersihan kandang, kebersihan kucing juga harus diperhatikan karena kucing rentan sekali terkena jamur dan juga kutu. Untuk memproteksi kucing agar tidak terkena kutu kamu bisa memandikan kucingmu dengan yaou shampoo pencegah kutu.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur dan Sehat

5. Berikan Makanan yang Bernutrisi

WHISKAS® Makanan Kucing Basah Pouch 80gr - Isi 6 2Matching Shapes FruitBeli

Dari semua kegiatan yang sudah kamu lakukan cara merawat kucing yang tidak boleh kamu lupakan adalah dengan memberikan makanan yang bernutrisi. Soal makanan kucing tentunya whiskas menjadi pilihan yang tepat untuk kucing kitten yang kamu pelihara.

6. Memberikan Cemilan yang Sehat

Snack Cemilan Kucing Meo Me-O Creamy Treats 15gr All Varian Isi 4 1Matching Shapes FruitBeli

Selain makanan yang sehat, memberikan cemilan yang bernutrisi juga sangat diperlukan untuk tumbuh kembang kucing. Untuk mendapatkan cemilan kucing yang mudah dicerna dan bernutrisi meo me-o bisa menjadi pilihan yang tepat, dengan tekstur yang lembut maka kitten bisa lebih mudah dalam mencerna makanan tersebut.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kitten yang kamu pelihara tetap terjaga tumbuh kembangnya. Tentunya jika kamu mencari kebutuhan perawatan hewan lainnya, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di JD.ID

Selain lengkap semua barang yang dijual disini #DijaminORI dan pastinya berkualitas, kamu juga bisa belanja lebih hemat dengan menggunakan promo voucher diskon, potongan harga hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan sampai kelewatan keseruannya dengan berbelanja di JD.ID Sekarang!