Cara Sederhana Untuk Menjaga Kebersihan Rumah Selama Masa Pandemi

0
571

Dimasa pandemic seperti sekarang ini, rumah telah menjadi tempat kita semua untuk braktifitas belajar dari rumah dan juga bekerja dari rumah. Karena itu, sudah sewajarnya kita haru rajin membersihkan rumah.

Rumah yang kotor atau berantakan akan memberi dampak negatif bagi kesehatan. Jika jarang dibersihkan, rumah bisa menjadi sarang virus atau bakteri.

Membersihkan satu hingga dua sudut di rumah setiap hari dapat menghemat waktu dan mengurangi kuman serta bakteri berbahaya. Membersihkan sudut-sudut rumah setiap hari juga perlu menggunakan alat yang tepat, seperti sabun dan air, sapu, serta semprotan disinfektan.

Hal ini akan membuat beban pekerjaan rumahmu jauh lebih ringan di akhir pekan. Lalu bagian mana yang perlu mendapat perhatian lebih?

1. Bersihkkan Area Pintu Masuk

Pintu masuk rumah adalah area yang sering dilewati orang. Namun, kita tidak harus mengepel area tersebut setiap hari agar bersih. Letakkan sepatu yang kotor dan barang-barang lain di tempat khusus.

Lap permukaan atau semprotkan disinfektan di sekitar area pintu masuk rumah, seperti gagang pintu (tempat yang paling banyak disentuh saat masuk rumah). Semprotkan produk disinfektan, diamkan selama waktu yang disarankan, lalu lap hingga kering.

2. Bersihkan Meja Dapur

Guna menjaga dapur tetap bersih, lap meja dapur setiap hari. Sama seperti gagang pintu, yang perlu kita lakukan adalah membersihkan meja dengan sabun dan air.

Biarkan sampai kering, lalu semprotkan disinfektan. Atau kita bisa langsung menggunakan cairan disinfektan sesuai yang diperlukan.

3. Bersihkan Kamar Mandi

Perawatan rutin adalah cara termudah untuk mengatasi penumpukan air di kamar mandi. Sahabat JD.ID bisa menggunakan alat berbahan karet untuk membersihkan dinding ubin dan pintu kaca kamar mandi.

Alat berbahan karet bisa membantu mengeringkan dinding dalam waktu singkat, mencegah noda jamur dan mempersingkat waktu pembersihan.

4. Cuci Secara Teratur Handuk dan Lap

Jangan lupa memasukkan handuk piring dan handuk kecil di kamar mandi ke dalam tumpukan pakaian kotor yang perlu dicuci. Menurut studi dari USDA, handuk piring adalah tempat paling terkontaminasi di dapur, dan handuk kecil di kamar mandi juga kotor karena dipakai banyak orang lebih dari sekali setiap harinya.

5. Bersihkan Lantai

Sebelum mengakhiri aktivitas bersihkan rumah, sapu lantai, pel lantai atau gunakan penyedot debu. Tidak perlu menyapu seluruh rumah, cukup sapu ruangan yang sering dilalui orang, seperti dapur. Tujuannya untuk mencegah kehadiran bakteri dan virus.

Sahabat JD.ID, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap selalu menjaga kebersihan selama beraktifitas dari rumah saja. Segala aktifitas yang kita lakukan selama di rumah mengharuskan untuk kebersihan rumah juga tetap dijaga. Belanja kebutuhan rumah dan perlengkapan kebersihan rumah hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here