Desain Dapur Sederhana untuk Keluarga Kecil Cantik dan Elegan

0
714
Desain Dapur Sederhana Untuk Keluarga Kecil
Source: Ruang Arsitek

Desain dapur sederhana yang minimalis menjadi salah satu impian bagi keluarga kecil. Mengingat banyak family memiliki luas hunian terbatas, tapi di sisi lain menginginkan dapur yang serbaguna bisa digunakan untuk memasak sampai makan bersama bila memungkinkan. 

Adapun luas dapur minimalis biasanya berkisar antara ukuran 2 x 2 meter sampai 3 x 3 meter. Meski terbilang kecil, tapi dengan desain dan penataan yang tepat ini dapat berpengaruh pada kenyamanan saat memasak serta keindahan hunian. 

Tak hanya itu, jika memungkinkan bagian di rumah ini juga dapat menjadi tempat berkumpul yang hangat bersama keluarga sambil makan bersama. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan desain dapur agar terlihat cantik dan rapi. 

Baca Juga: 5 Peralatan Dapur Elektronik yang Wajib Ada di Rumah!

Ide Desain Dapur Sederhana untuk Keluarga Kecil

Ide Desain Dapur Sederhana Untuk Keluarga Kecil
Source: Pixabay

Konsep dapur sederhana hingga minimalis saat ini banyak dipilih oleh pasangan muda untuk rumah mungil. Untuk menciptakan dapur yang sesuai dengan keinginan, berikut ini terdapat beberapa inspirasi yang bisa kamu ikuti. 

1. Menggunakan Kitchen Set

Siapa bilang dapur dengan ruangan terbatas tidak bisa menggunakan kitchen set? Dengan penataan dapur yang sesuai, kamu juga bisa membuat kitchen set minimalis yang rapi. 

Ada beberapa model kitchen set yang bisa dipilih untuk dapur kesayangan. Salah satunya desain yang dapat dipilih dengan menggunakan interior serba putih. Mengingat warna ini bisa memberikan kesan lebih luas. Untuk membuatnya dapat berbentuk L dominan berwarna putih serta top table yang terbuat dari kayu.

Model kitchen set lainnya yang bisa dipilih untuk area terbatas yaitu membuat kabinet yang punya banyak rak. Dengan begitu, kamu mampu memaksimalkan semua fungsi rak pada kitchen set, sehingga perabotan di dapur jadi lebih rapi, tertutup, serta terhindar dari debu. 

2. Desain Dapur Sederhana dengan Konsep Bar

Saat ini mini bar menjadi salah satu desain favorit yang banyak diaplikasikan pada bagian dapur. Namun perlu juga memperhatikan konsep yang tepat supaya tidak jadi terlihat sempit ataupun berantakan. 

Salah satu desain dapur dengan mini bar yang bisa dipilih yaitu menerapkan konsep kitchen set letter U. Pada sisi pertama dapat dimanfaatkan sebagai tempat cuci piring, sisi kedua untuk kompor dan sisi lainnya sebagai mini bar

Gunakanlah warna-warna bold seperti merah tua, coklat tua atau hitam untuk memberikan kesan elegan. Di sisi lain gunakan juga top table dari kayu untuk memberi kesan hangat. Dengan begitu, dapur yang kecil akan terlihat lebih mewah.  

Untuk dapur yang sempit, memanfaatkanlah meja mini bar yang dilengkapi banyak rak untuk meletakkan peralatan makan atau solusi praktisnya bisa juga dengan meja yang dapat dilipat. Sehingga ketika tidak digunakan ini dapat menambah space kosong supaya tidak terasa sesak. 

Baca Juga: Begini Cara Mudah Membersihkan Lantai Dapur

3. Mengunakan Perabotan dengan Warna Senada

Ruangan dapur yang sempit dan terbatas, dapat ditangani dengan penataan serta pemilihan warna yang tepat. Ini berlaku tidak hanya pada cat dinding saja ya, tapi juga kitchen set serta perabotan dapur yang digunakan. Dengan begitu, dapur akan terlihat lebih harmonis. 

Beberapa inspirasi warna yang bisa dipilih contohnya putih. Warna ini mampu membuat dapur terlihat lebih luas dan terang. 

Tidak hanya itu, cocok juga digabungkan dengan berbagai warna lainnya, misalnya saja kabinet dapur serba putih, dipadukan dengan meja dapur berwarna cokelat, atau dapat juga memilih warna abu-abu yang mampu memberikan kesan hangat dan lebih netral pada ruangan. 

4. Membuat Ruangan Dapur dengan Meja Makan

Ingin membuat ruangan dapur dan meja makan jadi satu, kenapa tidak? Hal ini bisa diaplikasikan bagi hunian yang mungil. Dengan ruangan terbatas, kamu dapat membuat satu ruangan memiliki beberapa fungsi.

Asalkan mampu menata serta memilih perabotan yang tepat. Salah satu konsep yang bisa dicoba untuk menyiasati ini yaitu dengan memiliki desain dapur dan meja makan terbuka di mana ini ada dalam satu wilayah tanpa penyekat. 

Dengan konsep seperti ini, maka sirkulasi udara di rumah menjadi lebih lancar. Kamu pun bisa menambahkan dekorasi cantik untuk menghias ruangan, berupa lampu gantung guna menyempurnakan dapur.  

Demikian beberapa inspirasi desain dapur sederhana yang bisa kamu pilih. Yang tak kalah penting lainnya, pilihlah perabotan dapur dengan warna senada agar tercipta ruangan yang nyaman dipandang. 

Bila kamu bermaksud untuk mencari berbagai produk untuk melengkapi dapur kesayanganmu, bisa menemukan dengan mudah berbagai pernak perniknya di JD.ID. Beragam pilihan alat-alat memasak tersedia di sini mulai dari panci, wajah, sutil, pressure cooker, dan sebagainya.

Lewat berbelanja di JD.ID dapatkan harga yang terbaik dan produk berkualitas. Tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang di sini!