Jangan Keliru, Ini Cara Pasang Gorden Berdasarkan Jenisnya

0
263
cara pasang gorden
Source: Unsplash

Memasang gorden memang terlihat simple dan mudah untuk dilakukan, tetapi sebenarnya cara pasang gorden harus disesuaikan dengan jenis gorden itu sendiri.

Tirai atau gorden merupakan potongan kain yang dibentuk sedemikian rupa yang biasanya digunakan untuk menutup jendela. Fungsi lain dari gorden salah satunya untuk memperindah tampilan ruangan agar lebih nyaman dan juga enak dilihat.

Tirai atau gorden juga memiliki beberapa jenis desain dan bentuk yang berbeda ada gorden biasa, gorden berponi, dan ada juga gorden kupu-kupu. Setiap jenis gorden tersebut memiliki tampilan yang berbeda serta cara pasang yang berbeda juga.

Tahapan dan Cara Pasang Gorden

Source: Kompas

Bagi kamu yang sering mengganti gorden sendiri, ada baiknya kamu mengetahui cara memasang gorden yang sesuai dengan jenis-jenis gorden yang ada sebagai berikut:

1. Cara Memasang Gorden Biasa

Source: Pixabay

Jenis gorden biasa ini merupakan jenis yang paling umum ditemukan dipasaran dan juga sering digunakan untuk menutup jendela ataupun ruangan yang ada di rumah. Tekstur kain tirai jenis ini lebih tebal dan juga kokoh ketika digantungkan.

Cara pasang gorden tipe ini bisa kamu lakukan sendiri dengan tahapan sebagai berikut:

  • Pertama, paskan bagian ujug gorden dengan penyangga rel
  • Selanjutnya, pasangkan cicin atau pengait ke gorden
  • Setelah terpasang semua, kamu bisa mengkaitkan cicin atau pengait tersebut ke rel yang sudah terpasang
  • Pastikan pengait atau cincin yang ada digorden terpasang dengan sempurna agar tampilan gorden bisa simetris dan bisa terpasang dengan baik.

2. Cara Pasang Gorden Kupu-Kupu

cara-pasang-gorden-kupu-kupu
Source: Nirwana

Gorden kupu-kupu merupakan salah satu gorden yang cocok untuk digunakan pada jendela yang memiliki ukuran yang kecil. Cara memasang gorden tipe ini juga tidak jauh berbeda dengan tipe gorden lainnya.

  • Pertama pasang penyangga rel di bagian atas dan bawah jendela dan sesuaikan dengan panjang tirai yang kamu miliki
  • Lalu masukkan rel bagian atas gorden lalu pasang penyangga bagian atas jendela
  • Cara pasang gorden selanjutnya masukkan rel kedua di bagian bawah gorden lalu pasang penyangga pada bagian bawah jendela.
  • Setelah itu kaitkan ujung gorden ke ujung rel agar tidak bergeser-geser, kemudian atur agar lipatan gorden menyebar rata.
  • Terakhir kamu bisa mengikat bagian tengah gorden dengan pita atau hiasan gorden untuk menyempurnakan tampilan gorden

3. Cara Memasang Gorden Berponi

Source: Artikelrumah

Memasang gorden dengan tipe yang berponi sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenis gorden yang sudah disebutkan diatas. Perbedaannya hanya ada dua tahapan jika kamu ingin memasang gorden tipe ini, berikut caranya:

  • Pertama kamu harus memasang penyangga rel khusus yang bisa menopang dua buah rel gorden sekaligus
  • Kedua pasang gorden sesuai dengan cara pasang gorden biasa
  • Selanjutnya gantung rel penyangga yang bersinggungan dengan jendela
  • Setelah gorden utama terpasang, siapkan rel kedua untuk memasang poni gorden, lalu masukkan rel ke lubang dan gantung poni gorden di penyangga paling depan.
  • Setelah terpasang, rapikan gorden dan pastikan lipatannya tersebar merata.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang gorden dirumah, bagi kamu yang mencari gorden dengan kualitas yang bagus dan terpercaya, kamu bisa menemukannya di JD.ID

Selain banyak pilihan produk dan #DijaminORI, kamu juga bisa berbelanja hemat dengan menggunakan promo menarik setiap harinya. Kamu bisa menikmati promo seperti potongan harga, voucher discount, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia, jangan sampai kelewatan promo menariknya dan belanja di JD.ID sekarang!